5 Tips Aman dari Pencopetan saat Bepergian

pencopet
Foto: Freepik/user18526052

Berlibur ke berbagai daerah terkadang tak selamanya memberikan pengalaman yang menyenangkan. Ada pula hal-hal yang tidak mengenakkan seperti aksi pencopetan yang bisa menimpa siapa saja saat bepergian.

Umumnya pelaku copet ini mengincar pengunjung atau wisatawan yang lengah dan terkesan membawa barang berharga yang mencolok sehingga mengundang aksi pelaku pencopetan.

Maraknya Pelaku Pencopetan

Tak hanya itu saja, para pelaku pencopetan ini bahkan mampu memilih korban yang bisa dijadikan mangsanya bukan hanya sekedar menunggu lengah tapi juga melihat wisatawan yang lelah dan terlihat kebingungan.

Tips Aman dari Pencopetan

Nah, untuk menghindari aksi dari para pelaku kriminal yang bisa merugikan dan membuat susah siapapun ada baiknya menyimak sejumlah tips berikut ini agar aman dari aksi pencopet saat bepergian maupun berwisata ke obyek wisata yang populer yang umumnya banyak dikunjungi wisatawan.

  1. Jangan Lengah

Umumnya wisatawan ketika berkunjung ke suatu obyek wisata merasa terpukau dengan keindahan obyek wisata tersebut sehingga ingin mengeksplor keindahannya, sehingga membuat membuat mereka lengah terhadap barang bawaan dan kemungkinan adanya pelaku copet di sekitar obyek wisata itu.

Baca Juga -   3 Aplikasi Download Video Tiktok Tanpa Watermark

Bersikap biasa dengan tidak terlalu menampakkan kesan terpukau ketika mengunjungi obyek wisata bisa jadi cara ampuh untuk mengantisipasi kemungkinan pelaku kejahatan melancarkan aksinya. Selain itu, mengindari spot-spot keramaian atau bahkan berdesak-desakan juga tak kalah pentingnya karena umumnya pelaku copet mengincar tempat-tempat seperti ini. Tetap pula perhatikan barang bawaan saat bepergian.

  1. Jaga Kondisi Tubuh

Tubuh yang lelah setelah bepergian dalam jarak yang jauh juga berpotensi menjadi incaran aksi kejahatan termasuk copet. Karena, wisatawan yang dalam kondisi lelah akan sangat terlihat jelas oleh para pelaku kejahatan seperti mengantuk dan terlihat kurang bersemangat akan menjadi mangsa empuk kawanan pencopet.

Terlebih, aksi kejahatan juga tak hanya sekedar copet tapi juga jambret dan hipnotis yang mengincar pengunjung yang lelah dan tidak fokus ketika bepergian.

Upayakan untuk selalu menjaga kondisi tubuh dengan memperbanyak istirahat saat berada di penginapan dan banyak minum air putih, bila perlu konsumsi juga suplemen sebelum berwisata agar tubuh tetap fit selama bepergian atau mengunjungi obyek wisata.

  1. Simpan Barang Berharga
Baca Juga -   9 Menu Buka Puasa Rumahan yang Selalu Bikin Kangen Kampung Halaman! Apa Saja itu?

Membawa banyak barang berharga saat bepergian jelas sangat berbahaya dan tidak efisien. Barang-barang seperti perhiasan, laptop hingga perlengkapan lain yang tidak terkait langsung dengan perjalanan wisata sebaiknya disimpan di hotel atau dititipkan kepada resepsionis hotel.

Karena wisatawan yang terlihat mencolok jelas akan menjadi sasaran paling empuk bagi kawanan pencopet, terlebih ketika menonjolkan berbagai macam perhiasan yang melekat di tubuh seperti gelang atau kalung yang bakal menjadikan kamu sebagai target utama para pelaku kejahatan.

Toh tak ada gunanya pula memakai perhiasan yang mencolok apalagi saat berwisata, selain tidak bermanfaat, barang-barang perhiasan yang digunakan amat berpotensi hilang seperti jatuh atau jadi sasaran para pelaku copet.

  1. Tidak Menyimpan Dompet, HP Dalam Tas

Tas ransel memang paling simpel untuk menyimpan berbagai barang saat traveling, tapi tas juga menjadi incaran utama para pelaku copet. Umumnya para kawanan pencopet ini akan menggunakan silet untuk merusak bagian bawah tas.

Biasanya para pencopet ini akan bekerja secara berkelompok, ada yang bertugas mengalihkan perhatian korbannya dan ada yang melancarkan aksi menyilet tas wisatawan.

Baca Juga -   Terkesan Modis tapi Sopan! Ini Dia 4 Model Fashion Untuk Wanita Gemuk Berjilbab yang Kekinian Banget

Karenanya akan sangat riskan menyimpan barang berharga seperti dompet, kartu identitas, dan ponsel di dalam tas. Ada baiknya menyimpan dompet di saku celanan bagian depan termasuk ponsel agar mudah dijangkau dan tidak mudah dicopet.

  1. Bawa Tas Ransel di Depan

Jika memang terpaksa membawa tas ransel untuk menyimpan barang berharga maka selalu kenakan tas ransel itu di depan atau di bagian dada agar mudah diawasi selain itu lebih mudah dijangkau khususnya ketika sewaktu-waktu membutuhkan barang yang disimpan di dalam tas.

Dengan mengenakan tas ransel di bagian depan tubuh maka akan meminimalisir aksi kawanan pencopet yang kesulitan mengalihkan perhatian korbannya.