7 Fitur LMS serta Kelebihan dan Kekurangan Learning Management System

Learning Management System atau LMS secara umum adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran. Sistem LMS ini bisa membantu

Syadir

lms
Foto: Freepik/wayhomestudio

atau LMS secara umum adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.

Sistem LMS ini bisa membantu para pengajar untuk merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan pembelajaran, mengelola perkuliahan mahasiswa, mengelola nilai, merekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi dan melakukan kuis.

Manfaat LMS

Umumnya LMS ini bisa berbasis aplikasi dan platform web, sehingga memudahkan para pendidik dalam merencanakan proses . Program ini memudahkan untuk mengakses atau mater perkuliahan dari mana saja dan kapan saja.

Kelebihan LMS

Learning Management System mimiliki banyak manfaat atau kelebihan dalam proses pemebelajaran jarak jauh, berikut 10 manfaat atau kelebihannya:

  1. Waktu pembelajaran jadi lebih efisien karena pembelajaran online dapat diakses dimana saja dan kapan saja.
  2. Biaya untuk menggunakannya lebih murah dibandingkan proses pembelajaran tatap muka.
  3. Memudahkan aktifitas kuliah seperti quiz, tugas, upload materi, atau membangun diskusi interaktif.
  4. Menjadi alternatif pembelajaran online.
  5. Mempermudah tenaga pendidik untuk mengumpulkan dan menganalisis data hasil pembelajaran siswa dengan waktu yang lebih singkat.
  6. Mempermudah tenaga pendidik untuk mencari dan mengatur materi pembelajaran untuk siswa
  7. Metode pembelajarannya menggunakan beberapa teknologi informasi berupa gambar, suara, animasi, , dan teks membuat materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan tidak membosankan.
  8. Mendorong siswa untuk melakukan pembelajaran mandiri.
  9. Konten pembelajaran untuk siswa dapat terdokumentasi dengan baik.
  10. Memudahkan interaksi antara tenaga pendidik dan siswa dengan adanya fitur obrolan dan grup diskusi.

Kekurangan LMS

Dibalik keunggulan yang ada pada LMS, terdapat pula kekurangannya, seperti berikut ini:

  1. Dibutuhkan koneksi yang stabil dan bagus untuk mengaksesnya. Jika tidak, proses pembelajaran melalui LMS pun akan terhambat.
  2. Kurang bisa menerapkan interaksi secara real-time antara tenaga pendidik dan siswa.
  3. Membutuhkan perangkat penunjang, seperti komputer, laptop, dan smartphone untuk bisa menggunakannya.

 

Fitur yang Ada di LMS

Dalam platform atau aplikasi ini terdapat sejumlah fitur unggulan, yakni:

Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan

Menyajikan antarmuka (interface) yang menarik bagi aplikasi sangat penting agar mudah diakses, dan mudah dipahami oleh para penggunanya. Penggunanya,  tidak akan merasa kebingungan saat menggunakannya. Bagi penyedia LMS, fitur antarmuka yang menarik juga dapat menambah estetika laman web LMS sehingga bisa menarik banyak calon pengguna baru.

Pendaftaran Bisa dengan Online

Aplikasi ini menggunakan pendafataran online, atau bisa dihubungkan dengan sistem informasi . Melalui fitur ini siswa dapat mendaftarkan dirinya secara online melalui laman aplikasi dan dapat melihat materi yang sudah dipersiapkan.

Kelas Daring (online)

Fungsi LMS untuk membantu pembelajaran daring, untuk itu aplikasi ini tentu memiliki fitur kelas daring. Apa yang dimaksud dengan kelas online, adalah kelas yang menyajikan proses belajar-mengajar tanpa mengharuskan kontak fisik.

Kelas online ini juga dapat menyajikan beragam materi pembelajaran , berupa video atau animasi pembelajaran, rekaman suara tenaga pendidik mengenai materi pembelajaran, dan dokumen materi pembelajaran (artikel atau buku elektronik) untuk dipelajari secara mandiri oleh siswa.

Fitur Forum Diskusi dan Kelas

Aplikasi ini juga menyediakan forum diskusi sehingga dapat mengubungkan antara siswa dan guru untuk berdiskusi membahas materi atau berbagi informasi, data, acara, survey, media menjadi lebih mudah.

Fitur Video Conference

Fitur video conference untuk melakukan pembelajaran tatap muka secara virtual, bisa dikatakan untuk pembelajar sinkronus. Dan Fitur Video conference bisa langsung digunakan untuk penyampaian materi secara langsung, dan berinteraksi antara siswa dan guru.

Kuis dan Ujian Online

LMS yang bagus juga menyediakan fitur kuis dan ujian online agar para guru dapat melakukan evaluasi belajar untuk siswanya. fitur ini harus mendukung kebutuhan guru dalam membuat soal hingga melakukan pendistribusian soal ujian kepada para siswa.

Laporan

Yang terakhir, LMS sudah selayaknya menyediakan fitur laporan yang dapat memudahkan dalam melacak perkembangan siswanya. Fitur ini berguna juga untuk mengecek absensi siswa, intensitas para siswa mengakses materi pembelajaran, monitoring pengerjaan tugas siswa, dan melakukan rekap jawaban kuis dan ujian.

Related Post