7 Rekomendasi Jajanan Street Food Terenak sebagai Jajanan Kuliner Malam Hari

Berburu kuliner di malam hari baik bersama keluarga maupun teman memang menjadi hal yang mengasyikkan dan tentu saja mengenyangkan. Terlebih lagi, banyak jajanan street food

Syadir

jajanan street food

Berburu di malam hari baik bersama keluarga maupun teman memang menjadi hal yang mengasyikkan dan tentu saja mengenyangkan. Terlebih lagi, banyak yang bisa dijumpai di malam hari.

Terlebih lagi, banyak pedagang jajanan street food di berbagai wilayah Indonesia yang menyajikan makanan lokal maupun jenis nasional yang nikmat dengan harga yang terjangkau.

Menikmati jajanan street food atau yang lebih dikenal dengan jajanan kaki lima di malam hari menjadi pengalaman yang berkesan, karena selain bisa menikmati berbagai jenis kuliner yang enak juga bisa sambil menikmati suasana malam hari.

Jenis Jajanan Street Food

Ada banyak jenis jajanan street food yang bisa dijumpai khususnya saat malam hari, mulai dari makanan yang memiliki kategori berat hingga jenis makanan ringan yang beragam yang kesemuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu sebagai penikmatnya.

Beragam makanan seperti, pecel lele, ayam bakar, nasi uduk, , sate, , maupun jenis makanan sea food atau makanan cepat saji lainnya adalah rekomendasi jenis-jenis jajanan street food yang bisa dipilih saat berburu kuliner di malam hari. Berikut beberapa penjelasannya:

Pecel Lele

Pecel lele menjadi salah satu makanan yang populer di Indonesia, dan hampir semua daerah banyak dijumpai pedagang kaki lima yang menjual berbagai olahan penganan yang berbasis gorengan dengan mengandalkan menu utamanya yakni lele baik yang dibakar maupun digoreng. Jenis makanan ini pun relatif hanya terdiri dari nasi putih, ikan lele goreng, sambal, lalapan serta seporsi sayur asem.

Selain lele, menu ini juga lebih mengedepankan olahan sambal hasil ulekan yang nikmat. Di beberapa daerah di Indonesia, sambel pecel lele bahkan jauh lebih dikenal ketimbang menu utamanya.

Nasi Uduk

Nasi uduk terkenal karena citarasanya yang nikmat dan gurih, karena nasi yang dimasak dengan memanfaatkan santan kelapa asli yang kian menambah rasanya terasa berbeda.

Untuk melengkapi kenikmatan rasa nasi uduk itu juga dilengkapi oleh bawang goreng yang gurih, sambal goreng merah yang pedas dan lauknya yang beragam seperti ayam goreng, ati ampela maupun tahu .

Nasi Goreng

Jajanan street food yang satu ini pernah sangat populer ketika mantan Presiden AS, Barrack Obama berkunjung ke Indonesia dan menyatakan bahwa nasi goreng adalah salah satu kuliner asli Indonesia yang nikmat.

Di beberapa wilayah di Indonesia, nasi goreng bahkan menjadi pilihan utama jajanan street food yang utama. Nasi goreng dengan racikan bumbu alami yang nikmat ditambah sambal goreng serta taburan bawang goreng dan sedikit lalapan seperti timun atau daun kemangi bakal membuat siapapun ketagihan.

Sate

Sajian jajanan street food yang identik dengan masyarakat Madura ini memang jenis makanan yang hanya ada di malam hari, karena sangat tepat dinikmati untuk membantu mengusir rasa dan hawa dingin di malam hari.

Berbagai olahan bumbunya seperti bumbu kecap dan bumbu kacang terasa lezat ketika disantap bersama menu sate baik daging ayam maupun daging kambing. Ditambahkan sedikit kuah sop kambing dijamin membuat hidangan kian sempurna.

Memilih Lokasi Jajanan Street Food

Meski menawarkan banyak kenikmatan, namun hal lain yang tak kalah pentingnya dalam memilih lokasi jajanan street food juga tak kalah penting untuk memperhatikan berbagai faktor seperti pemilihan lokasi yang aman dari arus lalu lintas kendaraan serta faktor kebersihan lokasi dari jajanan street food tersebut berada.

Selalu pastikan jika lokasi jajanan street food yang dipilih selalu mengutamakan kebersihan baik dalam hal penyajian menu dan pengolahan masakannya.

 

Related Post