Alasan Kenapa Harus Ganti Harddisk Menjadi SSD

6 Alasan Kenapa Harus Ganti Harddisk Menjadi SSD

masih pakai Harrdisk bro?!, yah ketinggalan jaman!!!.

Et bercanda,

Walau sekarang ini jamannya bukan berarti jelek atau sudah ketinggalan jaman ya, harddisk tetap bagus kok. Tapi kalau dibandingkan dengan SSD, harus diakui kalau SSD jauh lebih baik performanya dari harddisk.

Nah di artikel ini Rujukannews.com akan memberikan beberapa alasan mengapa anda harus mengganti Harddsik atau PC dengan SSD.

Alasan Kenapa Harus Ganti HDD Menjadi SSD

1. Harddsik Kalah Start dari SSD

Jika dibandingkan performa antara harddisk dengan SSD itu jauh sangat berbeda, ketika proses booting atau menghidupkan laptop itu terlihat sangat berbeda. Laptop yang menggunakan harddisk ketika dihidupkan butuh waktu lebih  dari 10 detik untuk masuk ke windows.

Sedangkan yang menggunakan SSD kurang dari 5 detik sudah masuk windows. Ini dikarenakan tekonologi SSD sudah diatas HDD.

 2. SSD Tidak Berisik Saat Laptop

Pernah dengar suara “ssssyyyytttttttt” seperti putaran piringan saat menghidupkan laptop?, nah kalau pernah itu merupakan suara yang dihasilkan dari putaran harddisk. Beda cerita kalau laptop menggunakan SSD, itu tidak akan berisik seperti itu.

Baca Juga -   Tips Mempercepat Kinerja Laptop, Tanpa Beli Baru

Penyebabnya adalah SSD menggunakan chip memori didalamnya, sehingga saat aktif dia tidak berisik, sedangkan HDD masih menggunakan piringan, maka otomatis ketika dihidupkan itu akan berputar, dan menghasilkan suara yang lumayan berisik.

3. Ringan Karena Lebih Kecil

Ukuran SSD itu relatif lebih kecil dibandingkan dengan harddisk, ya bisa dibilang 20% lebih kecil dari harddisk, sehingga SSD tidak seberat HDD. Tentunya penggunaan SSD akan meringankan beban anda ketika membawa laptop kemana-mana.

 4. SSD Tahan Bentur

Kasus ini biasanya sering terjadi dilingkungan , biasanya itu suka lari karena cepet-cepet ingin masuk kelas. Padahal didalam tasnya ada laptop, jika masih menggunakan Harddisk itu akan rawan terbentur, dan komponennya mengalami kerusakan.

Sedangkan, kalau SSD itu jauh akan lebih aman dan awet.

5. Tidak Membuat Emosian

Pernah gak sih, pas mau buka lemotnya minta ampun?, nah mungkin itu terjadi karena masih menggunakan harddisk, sedangkan kalau anda menggunakan SSD itu tidak akan terjadi.

Ya setidaknya, akan jauh lebih cepat saat membuka aplikasi yang berat, seperti editing , photoshop, browser, maupun aplikasi berat lainnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot

6. Size Kecil Tapi Powerfull

Baca Juga -   5 Kelebihan Rog Flow X16, Laptop Gaming Asus yang Paling Tipis!

Dengan uang Rp 500.000 kita bisa mendapatkan 1 SSD dengan ukuran 124 Gb (tergantung merek), atau Harddisk dengan ukuran 500 GB sampai dengan 1 TB.

Tapi walau SSD hanya 124 GB saja, itu jauh lebih cepat dalam proses booting ketimbang Harddisk yang ukurannya hampir 1 TB. Dikarenakan tekonologi Chip yang digunakan oleh SSD ini.

Nah setidaknya itulah 6 alasan yang bisa menjadikan anda untuk segera beralih dari Harddisk menuju SSD. Ya gak harus cepat-cepat sih, sesuaikan dengan kebutuhan saja.