Islam  

Artinya Marhaban ya Ramadhan Itu Apa? Dan 5 Kata-Kata Mutiara Tentang Ramadhan!

artinya marhaban ya ramadhan
artinya marhaban ya ramadhan

Sebagai umat muslim tentunya sangat menunggu bulan dimana bulan tersebut penuh dengan keberkahan.

Apalagi kalau bukan bulan Ramadhan, kata-kata yang sering kita dengar saat memasuki bulan tersebut adalah marhaban ya Ramadhan.

Lantas apa sih artinya marhaban ya Ramadhan itu? Serta apakah ada makna tersirat dari kata-kata tersebut? Jika penasaran? Yuk simak ulasannya pada artikel berikut ini

Apa Artinya Marhaban ya Ramadhan Itu?

artinya marhaban ya ramadhan

Sosial media semakin merajalela, sebaiknya kita sebagai orang yang berakal menggunakan kecanggihan teknologi tersebut dengan penuh kesadaran.

Maksudnya yaitu, tidak menggunakan sosial media untuk ujaran kebencian ataupun mengabarkan berita-berita palsu.

Apalagi umat muslim saat ini sedang menjalani ibadah puasa Ramadhan, tentunya hal-hal negatif juga semakin dihindari bukan.

Kenapa kita sebagai manusia berakal tidak menggunakan sosial media untuk memberikan ucapa kepada mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Pastinya hal tersebut semakin berguna, dan menambah semangat bagi orang-orang yang berpuasa bukan.

Baca Juga -   Doa Buka Puasa Ramadhan Beserta Artinya, Jadikan Bulan yang Suci Ini Penuh Keberkahan!

Saat bulan suci Ramadhan tiba, banyak yang bertanya juga, sebenarnya apasih artinya marhaban ya Ramadhan?

Kalau kembali ke topik artinya marhaban ya Ramadhan maka kita harus tahu betul menurut KBBI dan juga istilahnya. Tidak perlu berlama-lama lagi, mari kita tutas dan bahas sampai habis ya.

Penjelasan Lengkap Terkait Artinya Marhaban ya Ramadhan?

Banyak yang bertanya, apa artinya marhaban ya Ramadhan itu? Diketahui, secara istilah bahwa arti dari kata-kata tersebut adalah selamat datang bulan Ramadhan.

Sementara itu, dalam KBBI kata marhaban itu merujuk untuk kata seruan ataupun menyambut dan menghormati kedatangan tamu terhormat atau bisa diartikan dengan selamat datang.

Dengan begitu, arti dari kata marhaban ya Ramadhan secara umum dan luas adalah selamat datang bulan Ramadhan, kami menyambutmu dengan penuh lapang dada dan kegembiraan.

Artinya Marhaban ya Ramadhan dan Ramadhan Kareem

Kalau tadi sudah membaha sedikit mengenai artinya marhaban ya Ramadhan, alangkah baiknya kita membahas juga tentang Ramadhan Kareem

Ucapan Ramadhan Kareem memiliki arti yang cukup luas, bahkan seolah-olah ucapan tersebut memiliki arti yang sangat dalam dari hati nurani.

Kata-kata ucapan Ramadhan Kareem itu bisa diartikan sebagai seseorang penyampai pesan kepada orang terkasih.

Baca Juga -   4 Rekomendasi Fashion Wanita Gemuk Berhijab

Orang terkasih itu bisa keluarga, teman, atapun bahkan kerabat dekat. Kata-kata tersebut memiliki makna yang dalam yaitu selamat menjalani Ramadhan dengan murah hati.

Maksdnya yaitu selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan ini dengan hati yang murah dan ikhlas.

Agar pahala yang diterima semakin dilipat gandakan oleh Allah SWT tuhan yang maha penyayang lagi maha pemurah.

Kata-Kata Mutiara Tentang Ramadhan

Setelah membahas apa artinya marhaban ya Ramadhan? Maka kita masuk dengan kata-kata mutiara tentang bulan suci Ramadhan.

1. “Puasa adalah periasai yang akan melindungimu dari panasnya api neraka dan mencegahmu dari segala dosa-dosa.”

2. “Ramadhan adalah bulan yang awalanya rahmat, tengahnya adalah ampunan, dan ujungny adalah kebebasan dari api neraka.”

3. “Kata Umar Sulaiman – Terkadang kamu tidak akan pernah menyadari betapa istimewanya sesuatu sampai kamu kehilangan. Itulah yang saya rasakan tetang Ramadhan di setiap tahunnya.”

4. “Dari Ibnu Hibban dan Al-Tabarani – Jjika seorang muslim keluar dari Ramadhan tanpa mendapatkan ampunan serta kebaikan, dia benar-benar seorang muslim yang sangat merugi.”

5. “Ibnu al-Qayyim berkata bulan Ramadhan lebih utama dari pada bulan-bulan lainnya, dan bahkan sepuluh malam terkahir lebih utama dari pada malam-malam lainnya.”

Baca Juga -   4 Tips Memaknai Kelahiran Rasulullah Bagi Generasi Muda

Akhir Kata dan Penutup!

Nah, itulah penjelasan lengkap terkait apa artinya marhaban ya Ramadhan? Serta beberapa kata-kata mutiara tentnag Ramadhan.

Akan ada bulan dimana, siang diisi kebaikan, dan malamnya kita belajar suci Al-Qur’an. Ramadhan akan selalu jadi penerang dari hati yang mulai remang.

Jika ada kesalahan ataupun typo dalam tulisan, mohon maaf yang sebesar-besarnya ya. Karena manusia tidak ada yang sempurna dan tempatnya salah.

Dengan begitu sebuah kesalahan akan menjadi pembelajaran supaya lebih baik kedepannya.

Artikel ini bisa kalian share kepada teman, sahabat, gebetan, pacar, ataupun bahkan mantan pacar, supaya penulis lebih giat lagi untuk mengupdate artikel yang menarik lainnya.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa ikuti terus informasi-informasi menarik lainnya dari Rujukan News ya. Bye-Bye…