Bagaimana Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram? Umat Muslim Wajib Tahu!

Rujukan News

bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram




RUJUKANNEWS.com – Warganet banyak yang bertanya tentang bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram?

Karena memang pada dasarnya umat muslim harus memilah dan minuman apa saja yang masuk kedalam tubuh.

Bagaimana Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram? Simak Penjelasannya

bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram
? Umat Muslis Wajib Tahu! (Sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Lantas bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram? Tidak usah berlama-lama lagi, yuk simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Bagaimana Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram?

Jika ditanya mengenai pertanyaan bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram tersebut, jawabannya sangat simple yaitu dengan mengetahui apa saja yang diharamkan bagi umat muslim.

1. Memahami Apa Saja yang Diharamkan

Dalam surat Al-Maidah ayat 3, Allah telah melarang makanan seperti bangkai, darah, daging babi, sampai daging yang disembelih bukan atas nama Allah.

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيْرِ وَمَآ اُهِلَّ لِغَيْرِ اللّٰهِ بِهٖ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوْذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيْحَةُ وَمَآ اَكَلَ السَّبُعُ اِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْۗ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَاَنْ تَسْتَقْسِمُوْا بِالْاَزْلَامِۗ ذٰلِكُمْ فِسْقٌۗ اَلْيَوْمَ يَىِٕسَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ دِيْنِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِۗ اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ فَمَنِ اضْطُرَّ فِيْ مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّاِثْمٍۙ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ٣

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging hewan) yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang (sempat) kamu sembelih …. (Al-Maidah: 3)

2. Tanyakan Bahan yang DIgunakan

Jika kita sudah mengetahui apa saja yang dilarang, kita bisa langsung bertanya kepada pedagang tentang bahan yang digunakan. Kita juga bisa melihat proses memasak saat membeli makanan dari pedagang kaki lima.

Jangan ragu untuk bertanya tentang bahan yang digunakan. Vendor yang menjual makanan halal tentu tidak keberatan menjelaskan bumbu apa yang mereka gunakan.

Hal ini akan menambah keyakinan kita bahwa makanan yang dikonsumsi adalah halal.

3. Beli Makanan dan Minuman Bersertifikat Halal

Jika kita ingin tenang saat memakan sesuatu, belilah yang sudah memiliki sertifikat halal. Biasanya sertifikasi halal akan kita temukan di restoran-restoran favorit kita.

Selain itu, kita juga bisa menemukannya di paket makanan ringan untuk seluruh keluarga.

Nah, sudah banyak tempat makan yang bisa membuktikan bahwa masakan yang mereka jual halal. Pengujiannya adalah dengan sertifikasi halal.

4. Hindari Mengunjungi Tempat-tempat yang Banyak Menjual Makanan dan Minuman yang Dilarang

Biasanya, ini terjadi di luar negeri. Kita akan kesulitan mencari tempat makan yang menjual makanan halal.

Namun, bukan berarti kita harus pergi ke tempat yang terkenal menjual makanan haram, misalnya.

Kita bisa mencari di atau bertanya kepada penduduk setempat tentang tempat yang menjual makanan yang sudah pasti Halal. Jangan sengaja datang ke tempat makan yang jelas-jelas banyak menjual makanan yang diharamkan bagi umat .

5. Masak Sendiri Makanan dan Minuman untuk Dimakan

Mengenai bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram? maka alangkah baiknya untuk memasak masakan sendiri di rumah.

Untuk lebih memastikan kehalalan makanan yang kita makan, kita bisa mencoba memasaknya sendiri. Hidangan yang dibuat dengan tangan mereka sendiri pasti akan terlihat jelas.

Kami menyadari termasuk bahan apapun. Sehingga dipastikan makanan yang dimakan halal.

6. Jangan Terlalu Sering Melihat Makanan dan Minuman Haram

Tanpa disadari, kita pun sering melihat kandungan makanan haram seperti ASMR babi guling, alkohol dalam , hingga menyaksikan kelezatan makanan yang dibuat dengan bahan-bahan yang haram untuk dimakan umat Islam.

Kita dapat menyadari dalam hati kita bahwa makanan yang kita lihat tidak untuk dimakan. Namun, jika kita terlalu sering melihatnya akan menggoda kita dan menimbulkan rasa penasaran.

Nah untuk menghindari itu, kurangilah menonton seperti itu. Di sini, kami tidak ingin membenci atau tidak menyukai mereka yang menjadikan makan babi sebagai kesenangan Namun, lebih untuk menghindari godaan hal-hal seperti itu.

7. Pastikan yang Didapat Halal

Terakhir, ini tidak kalah pentingnya. Saat kita berusaha menghindari makanan yang tidak bersih, yang kita hindari bukan hanya bahan makanannya.

Namun perlu diingat bahwa bantuan yang kita beli untuk makanan jadi atau bahan masakan harus didapatkan secara halal. Jadi carilah rezeki yang halal.

Jangan takut bahwa kamu tidak akan mendapatkan mata pencaharian. Allah telah mengatur mata pencaharian kita sehingga Dia tidak mengizinkan kelaparan.

Akhir Kata

Penjelasan mengenai bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram diatas mudah-mudahan bisa menjadi refrensi untuk kamu yang belum mengetahuinya?

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari parfume dan yang lainnya, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Tokopedia).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Baca Juga