Calibre, Layaknya Memiliki Asisten Perpustakaan Digital Super Canggih

calibre
Foto: Freepik/ikaika

Memiliki perpustakaan sendiri yang rapih dan tertata apik, dan sedap dipandang mata tentu jadi dambaan semua orang. Demikian halnya dengan koleksi buku digital (ebook) juga membutuhkan penataan hingga pengelompokkan ebook berbasis ukuran, hingga pengarang untuk memudahkan kita ketika mengakses koleksi ebook.

Konsep perpustakaan digital itulah yang hendak ditawarkan Calibre. Software super canggih ini layaknya admin perpustakaan yang mampu memberikan beragam kemudahan.

Layaknya penjaga perpustakaan super canggih, Calibre memiliki kemampuan untuk mengelompokkan serta menganalisa berbagai jenis ebook dalam rak yang sesuai dengan kategorinya.

Bahkan, software ini dibuat untuk membagi secara lebih detail tak hanya dari sisi ukuran, tanggal tapi juga judul dan pengarang ebook bisa diurut secara sistematis sehingga memudahkan siapapun penggunanya.

Fitur Perpustakaan Digital Super Canggih di Calibre

Hebatnya lagi, ketika Calibre disambungkan melalui koneksi internet, proses pencarian ebook berbasis International Standar Book Number (ISBN) pun bisa dilakukan.

Baca Juga -   Infinix Note 13 Pro Akan Segera Rilis, HP yang Bisa Bikin Brand Lain Tak Berdaya

Tak hanya itu saja, layaknya asisten virtual Calibre akan mengumpulkan berbagai berita dari situs-situs berita terkenal melalui RSS feed yang dialih rupa menjadi ebook.

Cukup dengan memilih kategori berita yang ingin dibaca atau memilih berdasarkan isu tiap negara, maka Calibre akan langsung melakukan filterisasi otomatis untuk disajikan kepada pemiliknya.

Tak hanya itu saja, Calibre bahkan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan jenis format ebook agar bisa dengan cepat dibuka ketika diakses melalui piranti apapun.

Format-format umum ketika mengakses ebook, seperti; CBZ, CBR, TXT hingga PDF atau melalui output; LRF, PDB, TXT dan PDF bisa dengan mudah dibuka di Calibre sehingga tak perlu repot mencari software tambahan hanya untuk membuka satu ebook dengan ektensi yang berbeda.

Pernah juga ketika kita hanya ingat salah satu penggalan kata dalam sebuah ebook, sedangkan judul maupun nama pengarangnya tak diingat sama sekali.

Kendala seperti itu, bukan masalah yang berarti dengan Calibre, melalui mesin pencarian khusus, cukup ketik kalimat atau kata yang ada dalam ebook maka mesin akan langsung melakukan pencarian berdasarkan kata tersebut.

Baca Juga -   2 Cara Top Up Gopay di Alfamart, Praktis tak Perlu Antri

User Interface Calibre

Calibre memiliki tampilan muka yang cukup ramah yang memudahkan siapapun penggunanya bisa dengan cepat beradaptasi dengan asisten virtual ini.

Berikut beberapa fitur yang ada di tampilan awal Calibre;

  1. Add Book yang berfungsi untuk mengisi koleksi ebook
  2. Edit Metadata yang digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah ebook berdasarkan kategori khusus seperti penerbit, judul maupun pengarang.
  3. Convert Books dipakai untuk melakukan konversi ebook berdasarkan format yang sesuai ketika hendak dibaca
  4. Get Books fitur download ebook yang berbasis pada situs yang sudah dipilih sebelumnya
  5. Fetch News fitur download berita yang dipilih melalui kategori negara atau jenis beritanya
  6. Remove Book digunakan untuk menghapus buku
  7. Create Library fitur yang paling banyak digunakan untuk membuat perpustakaan virtual

Selain itu, terdapat pula fitur-fitur lain yang juga tak kalah penting, mulai dari Search Engine, Virtual Library, Book Search Manager.

Termasuk fitur pencarian berdasarkan jenis ebook (Text box), penerbit (Authors), bahasa (language), format ebook (Format) hingga mencari ebook berdasarkan kategori berita (news).

Baca Juga -   Vivo T1 5G Harga dan Spesifikasinya, Apakah Selaku Itu?

Calibre Software Favorit

Fungsinya yang dianggap banyak memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya membuat software ini mendapat rating yang lumayan tinggi dengan angka pengguna yang mencapai hingga 1 juta user sejak pertama kali diluncurkan.

Beberapa perpustakaan besar yang mengkonversi koleksi bukunya ke dalam bentuk digital bahkan banyak mengandalkan software ini dalam penataan ebook yang daya tampung koleksinya hampir tak terbatas dengan ruang penyimpanan yang amat kecil untuk sebuah penyimpanan digital.