9 Cara Agar Tidak Ngantuk Supaya Setiap Pagi Jadi Hari yang Produktif!

Umam

cara agar tidak ngantuk
9 Cara Agar Tidak Ngantuk Supaya Setiap Pagi Jadi Hari yang Produktif! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Ngantuk di pagi hari seringkali menyebabkan seseorang kehilangan semangat sehingga mempengaruhi produktivitasnya sepanjang hari. Biasanya kopi menjadi solusi pilihan untuk cara agar tidak ngantuk di pagi hari.

Sayangnya, mengonsumsi kopi di pagi hari, terutama saat perut kosong, tidak dianjurkan bagi penderita sakit maag. Tenang saja, selain mengonsumsi kopi, masih banyak lain untuk menghilangkan rasa kantuk di pagi hari. Yuk lihat cara lengkapnya di sini.

Bagaimana Supaya Setiap Pagi Jadi Hari yang Produktif?

cara agar tidak ngantuk
9 Cara Agar Tidak Ngantuk Supaya Setiap Pagi Jadi Hari yang Produktif! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Cara agar tidak ngantuk di pagi hari bisa dimulai dari rutinitas kecil, seperti minum air putih atau mencuci muka segera setelah bangun tidur. Menerapkan kebiasaan ini akan membuat kamu bugar di pagi hari dan menjaga produktivitas kamu tetap tinggi.

Cara agar tidak ngantuk di pagi hari

Di bawah ini ada beberapa cara agar tidak ngantuk di pagi hari saat bekerja yang bisa diterapkan.

1. Minumlah air putih saat bangun tidur

Cara agar tidak ngantuk di pagi hari yang pertama adalah dengan meminum air mineral untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang berkurang saat tidur.

Kantuk di pagi hari mungkin disebabkan oleh dehidrasi. Sehingga mencukupi kebutuhan cairan tubuh akan membantu kamu merasa bugar dan siap beraktivitas.

Siapkan segelas atau botol air mineral penuh di dekat tempat tidur kamu agar mudah dijangkau saat bangun tidur. kamu juga bisa memilih air mineral dingin agar terasa lebih segar dan tidak mengantuk.

2. Segera bangun dari tempat tidur

Cara agar tidak ngantuk keesokan paginya adalah dengan segera bangun dari tempat tidur. Pasalnya, diam di tempat tidur bisa membuat kamu tertidur kembali.

Jika kamu masih mengantuk, kamu bisa mencoba berjalan keluar untuk mendapatkan sinar matahari. Sinar matahari pagi bermanfaat untuk meningkatkan serotonin sehingga membantu kamu tetap terjaga.

3. Cuci muka kamu

Setelah bangun tidur, lari ke kamar mandi dan cuci muka dengan air dingin untuk menghilangkan rasa kantuk. Mencuci muka dengan air dingin dapat menandakan adanya perubahan suhu sehingga tubuh meresponsnya dengan meningkatkan konsentrasi pikiran.

Cara menghilangkan kantuk ini juga bisa membantu menghilangkan rasa lelah pada mata sekaligus menghasilkan energi untuk beraktivitas.

4. Mandi air dingin

Mandi dengan air dingin di pagi hari memberikan beberapa manfaat, salah satunya mencegah rasa kantuk kambuh lagi. Selain itu, mandi air dingin ternyata juga bisa menurunkan risiko terkena flu.

Namun, sebaiknya jangan langsung memercikkan air dingin ke seluruh tubuh agar tubuh tidak terkena perubahan suhu yang tiba-tiba. Mulailah dengan membasahi kaki kamu terlebih dahulu lalu perlahan-lahan naik ke tubuh bagian atas.

5. Berolahraga secara teratur

Seringkali rasa kantuk di pagi hari juga bisa diatasi dengan melakukan ringan, seperti jalan kaki atau peregangan.

Pasalnya, olahraga dapat mengirimkan sinyal pada sel-sel di tubuh kamu bahwa ia membutuhkan lebih banyak energi, sehingga tubuh kamu memiliki lebih banyak energi untuk menjalani hari.

6. Makan bergizi di pagi hari

Jika kamu ingin tahu cara agar tidak ngantuk di pagi hari saat bekerja, usahakan untuk tidak melewatkan sarapan. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan rasa lebih cepat datang, akibatnya kamu akan kekurangan energi sehingga lebih mudah tertidur.

Sebelum beraktivitas, pastikan kamu sarapan dengan asupan nutrisi seimbang, seperti telur, susu, sayur mayur, daging, atau kacang-kacangan. Namun, kamu juga harus memperhatikan untuk memastikan porsinya mencukupi. Makan dalam porsi besar akan mudah membuat tubuh terasa mengantuk.

7. Konsumsi kafein dalam jumlah cukup

Bukan rahasia lagi kalau salah satu manfaat kopi adalah membantu cara agar tidak ngantuk.

Namun, belum banyak orang yang mengetahui bahwa mengonsumsi kafein terlalu banyak dapat menyebabkan kelelahan dan akhirnya mengganggu produktivitas. Itu sebabnya cukup mengonsumsi secangkir kopi untuk menghilangkan rasa kantuk di pagi hari.

8. Kelola stres

Mengelola stres dengan baik dapat membantu meningkatkan kualitas tidur malam kamu, sehingga rasa kantuk di pagi hari dapat diminimalisir.

Stres dapat memicu gangguan tidur, seperti insomnia, sehingga mempengaruhi kualitas tidur dan membuat tubuh mudah lelah dan cepat mengantuk.

9. Waktu tidur yang cukup

Salah satu cara agar tidak ngantuk di pagi hari saat bekerja adalah dengan tidur yang cukup, antara 7 hingga 9 jam setiap malamnya. Tidur yang berkualitas dapat membuat kamu lebih bugar di pagi hari sehingga siap memulai .

Akhir Kata

Demikianlah informasi cara agar tidak ngantuk di pagi hari yang mudah untuk diterapkan.

Jika kamu mengalami gangguan tidur dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera konsultasikan kondisi tersebut ke dokter.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post