9 Cara Cek PIP Lewat HP 2023 Online yang Mudah dan Simple, Cuma Login Saja!

RUJUKANNEWS.com -Kini kamu dapat melakukan pengecekan PIP melalui ponsel secara online. Pada artikel kali ini akan membahas tentang cara cek PIP lewat HP 2023 online.

Umam

cara cek PIP lewat HP 2023 online
9 Cara Cek PIP Lewat HP 2023 Online yang Mudah dan Simple, Cuma Login Saja! | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com -Kini kamu dapat melakukan pengecekan PIP melalui ponsel secara . Pada artikel kali ini akan membahas tentang cara cek PIP lewat HP 2023 online.

Bagaimana yang Mudah dan Simple?

cara cek PIP lewat HP 2023 online
9 Cek PIP Lewat 2023 Online yang Mudah dan Simple, Cuma Login Saja! | Ilustrasi

kini banyak masyarakat yang melakukan pembayaran melalui sistem pembayaran seperti PIP (Program Indonesia Pintar). Untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan layanan PIP, maka wajib tahu cara cek PIP lewat HP 2023 online.

Mengetahui apa itu PIP

Sebelum membahas cara cek PIP lewat HP, mari kita kenali dulu apa itu PIP. PIP merupakan program bantuan sosial yang diberikan kepada SD, SMP, SMA, SMK, dan berpenghasilan rendah.

Program ini bertujuan untuk membantu membiayai agar anak-anak kurang mampu dapat melanjutkan pendidikannya.

PIP diluncurkan pada tahun 2016 dan telah membantu banyak keluarga di Indonesia. PIP diberikan setiap tahun kepada penerima untuk menutupi biaya pendidikan mereka. Seiring dengan kemajuan , kini cara cek PIP lewat HP 2023 online.

Cara verifikasi PIP melalui HP

Untuk memverifikasi PIP melalui ponsel, ada beberapa langkah yang perlu diikuti. Berikut ini cara cek PIP lewat HP 2023 online:

1. Pastikan kamu memiliki koneksi yang stabil di ponsel kamu.

2. Ponsel terhubung ke internet.

3. Buka browser di ponsel kamu, lalu ketik alamat situs resmi PIP (https://pip.kemdikbud.go.id/) di kolom pencarian.

4. Menu layanan PIP.

5. Verifikasi.

6. Selanjutnya isi formulir yang muncul dengan informasi yang diminta, seperti Nomor Pokok Siswa (NISN), nama lengkap, tanggal lahir, dan jenis kelamin.

7. Setelah semua informasi diisi, klik tombol “Cari” untuk memeriksa apakah kamu terdaftar sebagai penerima PIP atau tidak.

8. Jika kamu terdaftar sebagai penerima PIP, informasi jumlah dana yang diterima akan muncul di layar ponsel kamu.

9. Jika kamu belum terdaftar sebagai penerima PIP, maka informasi yang ditampilkan di layar ponsel kamu adalah “Maaf, kamu tidak terdaftar sebagai penerima PIP”.

Akhir Kata

Inilah cara cek PIP lewat HP 2023 online. Sangat mudah bukan?

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post