6 Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Terbaru 2023, Ternyata Mudah Banget!

RUJUKANNEWS.com – Kamu dapat melakukan cara daftar BPJS kesehatan mandiri melalui aplikasi Mobile JKN atau Call Center BPJS Kesehatan di 1500400, Mobile Customer Service dan

Umam

cara daftar BPJS kesehatan mandiri
6 Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Terbaru 2023, Ternyata Mudah Banget! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Kamu dapat melakukan cara daftar BPJS kesehatan mandiri melalui Mobile JKN atau Call Center BPJS di 1500400, Mobile Customer Service dan Kantor BPJS Kesehatan.

Beberapa orang yang bukan karyawan perusahaan tidak otomatis terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Untuk itu, kamu perlu mendaftar ke BPJS Kesehatan secara mandiri, melalui jalur Pekerja Tidak Dibayar (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP).

Bagaimana Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Terbaru 2023?

cara daftar BPJS kesehatan mandiri
6 Terbaru 2023, Ternyata Mudah Banget! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Bagaimana cara daftar BPJS kesehatan mandiri? Inilah persyaratan biaya yang harus dibayar.

Cara mendaftar BPJS Kesehatan secara mandiri

Saat ini BPJS Kesehatan telah meluncurkan aplikasi Mobile JKN yang dapat memudahkan kamu mengakses layanan BPJS Kesehatan secara mandiri. Untuk cara daftar BPJS kesehatan mandiri, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Persyaratan untuk mendirikan BPJS Mandiri

Pertama, kamu harus memenuhi beberapa syarat untuk menjadikan BPJS standalone dengan menyiapkan berkas-berkas berikut ini.

– Kartu Keluarga (KK)

– Email aktif

– Nomor ponsel aktif

– Sampul tabungan aktif (untuk pendebetan iuran otomatis)

– Pilihan Instansi Kesehatan Tingkat Pertama (Faskes).

– Bagi orang asing harap menyiapkan paspor, kartu izin tinggal tetap/sementara, nomor visa tinggal terbatas, dan izin kerja.

Langkah-langkah mendaftar BPJS Kesehatan mandiri

Setelah melengkapi persyaratan pembuatan BPJS Mandiri, berikut langkahdan  cara daftar BPJS kesehatan mandiri melalui aplikasi Mobile JKN.

1. Download dulu mobile aplikasinya

2. Pilih menu pendaftaran peserta baru

3. Mengisi formulir pendaftaran BPJS Mandiri

4. Daftar debit otomatis sesuai pilihan yang tersedia

5. Masukkan nomor atau rekening yang ingin kamu gunakan untuk membayar biaya

6. Pilih terima untuk mematuhi ketentuan yang berlaku.

Pendebitan otomatis akan dilakukan paling lambat 14 hari setelah registrasi berhasil dan kamu juga akan menerima nomor Virtual Account (VA). Identitas peserta mandiri BPJS Kesehatan dapat dilihat pada aplikasi Mobile JKN berupa KIS .

Selain melalui Mobile JKN, kamu juga dapat mendaftar BPJS Mandiri melalui Pusat Pelayanan BPJS Kesehatan di 1500400, Customer Service Keliling, Mall Pelayanan Publik, dan Kantor Kesehatan BPJS terdekat.

Akhir Kata

Apapun cara daftar BPJS kesehatan mandiri yang kamu pilih, pastikan kamu sudah mempersiapkan segala persyaratannya terlebih dahulu untuk menjadikan BPJS mandiri.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

 

Related Post