Cara Instal Ulang Windows 7 untuk Pemula, Tanpa Harus Kehilangan Data!

RUJUKANNEWS.com – Seperti Windows 8, cara instal ulang Windows 7 yang mudah juga membuatnya banyak dicari oleh para pengguna komputer. Sistem operasi Windows 7 merupakan

Umam

cara instal ulang Windows 7
Cara Instal Ulang Windows 7 untuk Pemula, Tanpa Harus Kehilangan Data! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Seperti Windows 8, cara instal ulang Windows 7 yang mudah juga membuatnya banyak dicari oleh para pengguna komputer.

Sistem operasi Windows 7 merupakan sistem operasi yang banyak digunakan untuk perangkat komputasi, baik itu maupun PC.

Bagaimana untuk Pemula?

cara instal ulang Windows 7
Instal Ulang Windows 7 untuk Pemula, Tanpa Harus Kehilangan Data! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Banyak yang masih bingung mengenai cara instal ulang Windows 7 untuk pemula? Yuk simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Tanpa Harus Kehilangan Data, Cara Instal Ulang Windows 7

Cara instal ulang Windows 7 merupakan sistem operasi yang dirilis setelah Windows Vista, dan mengalami banyak gangguan. .

Tidak seperti Windows Vista, Windows 7 berfokus pada pengembangan dasar dalam penggunaan Windows kamu.

Windows 7 dirancang agar kompatibel dengan berbagai serta perangkat keras komputer sehingga pengguna sistem operasi lama, seperti Windows XP, dapat dengan mudah melakukan migrasi.

Spesifikasi Minimal Windows 7

Sebelum mulai cara instal ulang Windows 7, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu spesifikasi minimum yang harus dimiliki perangkat keras komputer kamu.

Keduanya memiliki spesifikasi minimum yang berbeda. Berikut spesifikasi minimal Windows 7 32-bit yang terdapat di situs :

– Prosesor yang digunakan minimal Pentium 4 dan memiliki kecepatan 1 GHz atau lebih tinggi.

– Kapasitas hard drive yang diperlukan untuk menginstal Windows 7 32-bit harus minimal 16 GB atau lebih.

– Minimal VGA berkapasitas 128 MB dan kompatibel dengan DirectX 9.

– Spesifikasi minimum komputer yang dapat diinstal dengan Windows 7 64-bit sedikit lebih tinggi dari 32-bit, yaitu:

– RAM membutuhkan setidaknya 2 GB.

– Kapasitas hard drive untuk Windows 64-bit harus minimal 20 GB.

– Kapasitas VGA minimal 128 MB dan kompatibel dengan DirectX 9.

Kamu cukup cara instal ulang Windows 7 di komputer dengan spesifikasi lebih rendah, tetapi risikonya tentu lebih tinggi.

Jika spesifikasi komputer lebih rendah maka mesin akan cepat panas yang akan cepat merusak hardware komputer. Juga, Windows 7 yang diinstal pada komputer dengan spesifikasi lebih rendah akan berjalan sangat lambat.

Kelebihan Windows 7

Berbagai keunggulan tersebut tentunya akan membuat kamu ingin segera beralih dari Windows Vista, XP, atau bahkan mungkin ke versi Windows 8 sebelumnya.

– Proses dan shutdown lebih cepat dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya.

– Penggunaan daya untuk CPU dan juga .

– Windows 7 sudah mendukung penggunaan layar sentuh alias layar sentuh.

– Mendukung multi-layar untuk terhubung dengan banyak layar secara bersamaan.

– Ada fitur penyimpanan perangkat yang memudahkan untuk melihat berbagai hal terkait perangkat keras.

– Memiliki sistem pencarian data yang mudah dan cepat

Backup data Windows 7

Sebelum kamu tahu cara instal ulang Windows 7, ada baiknya menginstal program untuk menyimpan data kamu, juga dikenal sebagai pencadangan data.

Cara ini sangat berguna bagi kamu yang ingin install ulang windows 7, mengingat install ulang windows 7 biasanya tidak ada pilihan untuk menyimpan data ke hardisk yang akan di install.

Karena sangat penting sebelum menginstal ulang, kami sarankan untuk mem-backup data kamu terlebih dahulu. Contoh program yang memudahkan backup data adalah EaseUS Todo Backup.

EaseUS Todo Backup adalah untuk menyimpan data agar kamu memiliki data cadangan selain di PC atau laptop.

Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan, bahkan bagi kamu yang baru mengenalnya. Apalagi aplikasi atau program ini memiliki fitur backup data yang bisa diatur secara otomatis sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Langkah-langkah Cara menginstal ulang Windows 7

Windows 7 memiliki 6 versi yang berbeda yaitu Professional, Ultimate, Home Premium, Enterprise, Home Basic dan Starter. Semua versi tersebut dapat diinstal dengan cara instal ulang Windows 7 yang sama. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan file instalasi

Hal pertama yang harus dilakukan tentunya menyiapkan file setup Windows 7. Kamu dapat membelinya di DVD, atau kamu dapat mengunduh file setup secara dan memasukkannya ke flash drive melalui USB. Setelah itu, masukkan DVD drive.

2. Mulai ulang

Setelah memasukkan DVD, restart komputer kamu. Jika kamu telah mengonfigurasi komputer untuk melakukan booting dari drive CD/DVD.

Layar akan muncul meminta kamu untuk “tekan tombol apa saja untuk boot dari CD atau DVD…”, tekan tombol apa saja pada keyboard untuk melanjutkan. Setelah itu, komputer akan mengisi daya untuk beberapa saat.

3. Atur bahasa, waktu, nilai tukar, dan keyboard

Setelah unggahan selesai, sebuah jendela akan muncul untuk mengatur bahasa, waktu, dan metode input keyboard. Pilih bahasa yang ingin kamu gunakan dan atur juga waktu dan nilai tukar untuk Indonesia.

4. Mulai penginstalan

Cara instal ulang Windows 7 yaitu klik tombol ‘Instal Sekarang' hingga muncul istilah lisensi. Centang bagian “accept the license” dan kemudian klik “Next” untuk melanjutkan proses instalasi Windows 7.

5. Pilih partisi hard drive

Langkah selanjutnya adalah memilih partisi tempat file sistem Windows 7 akan ditempatkan ed. Jika partisi tersebut belum ada, kamu dapat membuat partisi baru dengan mengklik tombol “Drive Baru” di sisi kanan jendela.

6. Tetapkan nama komputer

Setelah proses instalasi selesai, secara otomatis komputer akan reboot beberapa kali. Setelah reboot, jendela pengaturan akan muncul untuk menyesuaikan pengaturan di komputer.

Isikan username komputer kemudian klik ‘Next'. Setelah itu akan muncul jendela untuk password, isi sesuai dengan keinginan kamu.

7. Masukkan kunci produk

Langkah selanjutnya adalah memasukkan serial number atau product key. kamu dapat memasukkan nomor seri yang terdapat pada drive CD/DVD Windows 7 jika kamu membeli yang asli.

Jika kamu mengunduh langsung dari Microsoft, nomor seri akan dikirimkan melalui email kepada kamu.

8. Selesai

Setelah menyelesaikan semua langkah tersebut, secara otomatis komputer akan menampilkan layar desktop stkamur dan kamu dapat mulai menggunakan sistem operasi Windows 7 ini.

Kamu juga bisa langsung menginstall berbagai aplikasi yang diperlukan.

Akhir Kata

Bagaimana mudah bukan cara instal ulang Windows 7? Windows 7 yang merupakan generasi penerus dari Windows Vista banyak digunakan di berbagai komputer di dunia baik untuk keperluan pribadi maupun .

Langkah-langkah di atas juga dapat diterapkan untuk menginstal ulang. Semoga beruntung.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post