5 Cara Izin Sakit ke Atasan yang Baik dan Sopan, Buat dengan Menunjukan Etika!

RUJUKANNEWS.com – Penting diketahui, cara izin sakit ke atasan melalui WA perlu dilakukan secara profesional. Apalagi jika informasi tersebut diteruskan ke atasan kamu. Baik sebagai?

Umam

cara izin sakit ke atasan
5 Cara Izin Sakit ke Atasan yang Baik dan Sopan, Buat dengan Menunjukan Etika! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Penting diketahui, cara izin sakit ke atasan melalui perlu dilakukan secara profesional. Apalagi jika informasi tersebut diteruskan ke atasan kamu. Baik sebagai? Yuk, ikuti uraian di bawah ini tentang mendapatkan izin kerja melalui WA.

Bagaimana yang Baik dan Sopan?

cara izin sakit ke atasan
5 Cara Izin Sakit ke Atasan yang Baik dan Sopan, Buat dengan Menunjukan Etika! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Sebenarnya cara izin sakit ke atasan membuatnya sangatlah gampang, kamu hanya perlu mengikuti -tips berikut ini.

Menunjukan Etika, Cara Izin Sakit ke Atasan yang Baik dan Sopan

Bekerja di sebuah perusahaan atau instansi merupakan hal yang biasa jika semua karyawan harus masuk ke kantor sesuai dengan jam kerja yang telah ditentukan.

Dengan kata lain, itu adalah salah satu tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan atau tempat kerja.

Yuk simak pembahasan lengkap mengenai cara izin sakit ke atasan berikut ini.

Mengapa kamu harus meminta cuti?

Namun, ada kalanya karyawan tidak dapat sepenuhnya mematuhi jam kerja tersebut karena kendala. Salah satu penghalang yang paling umum adalah karena .

Jika kamu menemukan diri kamu dalam kondisi ini, suka atau tidak suka, kamu harus memberi tahu kantor kamu tentang kondisi kamu untuk meminta cuti dari pekerjaan.

Sehingga tidak dianggap pekerjaan yang hilang

Kita tahu bahwa hampir setiap perusahaan atau instansi memiliki peraturan yang harus dipatuhi oleh seluruh karyawannya, termasuk yang berkaitan dengan jam kerja.

Tetap saja, wajar untuk meminta izin atasan atau HRD kamu untuk tidak masuk kerja jika kamu sakit. Memberikan pemberitahuan ini kepada atasan/HRD kamu penting agar kamu tidak dianggap absen dan gaji kamu tidak berkurang.

Menunjukkan etika sopan

Melakukan tindakan cara izin sakit ke atasan melalui WA ke perusahaan atau instansi tempat kamu bekerja bahwa kamu sakit merupakan tindakan yang terpuji. Karena hal ini secara tidak langsung menunjukkan sikap sopan anda terhadap pekerjaan anda.

Kalau kirim cuti sakit lewat , ingat tata bahasanya ya.

Patuhi aturan di tempat kerja

Alasan terakhir kamu harus mengajukan izin kerja melalui WA adalah untuk mematuhi peraturan ketenagakerjaan.

Menyerahkan izin kepada atasan atau HRD tempat kamu bekerja merupakan tindakan yang menunjukkan bahwa kamu mematuhi peraturan yang berlaku di perusahaan tersebut terkait izin kerja. Selain itu, tindakan ini akan menjaga kepercayaan atasan/HRD kamu.

Ingat, cara izin sakit ke atasan di tempat kerja kamu memiliki kelebihan. Jadi jangan diam kalau tidak bisa masuk kerja ya!

Cara mendapatkan izin kerja melalui WA

Seharusnya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mengirimkan surat cuti sakit melalui WhatsApp.

Tujuannya agar atasan atau HRD kamu tidak tersinggung ketika kamu mengirimkan cuti sakit melalui WA. Simak langkah-langkah mendapatkan izin kerja melalui WA di bawah ini!

1. Mulailah dengan salam

Kamu bisa memulai jalur izin tidak masuk kerja via WA dengan salam. Misalnya:

– Ucapkan selamat pagi atau selamat siang kepada bos kamu

– Berikan sapaan seperti, “Semoga kamu selalu dalam keadaan sehat.”

– Masukkan nama kamu dan juga jabatan kamu

Nah, dengan begini, secara tidak langsung kamu menunjukkan tingkat kesopanan terhadap atasan kamu.

2.Sampaikan izin dengan benar

Cara izin sakit ke atasan melalui WA selanjutnya adalah dengan mengomunikasikan alasan kamu tidak masuk kerja. Berikut adalah beberapa contoh waktu jauh dari pekerjaan:

– Sakit

– Memiliki keluarga

– Melahirkan

– Rapat atau pertemuan penting

– Kegiatan keagamaan

– Bencana

Alasan ini sangat penting agar perusahaan atau instansi tempat kamu bekerja memahami kondisi kamu saat ini.

3. Sebutkan waktu izin (tanggal mulai dan berakhir)

Selanjutnya, cara izin sakit ke atasan kamu melalui WA adalah dengan mencantumkan berapa lama izin kerja tersebut berlaku.

Misalnya, kamu dapat menentukan tanggal mulai izin hingga tanggal akhir. Ini harus diteruskan ke atasan atau HRD kamu untuk dicatat sehingga gaji yang kamu peroleh tidak dipotong.

4. Katakan padanya pekerjaan yang harus kamu lakukan dan solusinya

Jika kamu mengajukan izin kerja melalui WA, hal lain yang perlu dipikirkan adalah pekerjaan yang harus kamu selesaikan selama izin kerja dan metode yang akan kamu gunakan untuk menyelesaikan tugas kamu.

Nah, solusi yang paling praktis adalah dengan meminta bantuan rekan kerja di kantor atau bisa dilakukan secepatnya setelah izin kerja selesai.

5. Mengakhiri izin kerja dengan salam dan ucapan terima kasih

Dengan mengakhiri cara izin sakit ke atasan terimakasih, maka atasan atau DRH tempat kamu bekerja.

Akhir Kata

Nah, sudah paham kan, bagaimana cara izin sakit ke atasan WhatsApp beserta tipsnya? Semoga ini bisa bermanfaat untuk anda.

Meskipun banyak cara untuk mengajukan izin kerja melalui WA, namun tanggung jawab datang ke kantor setiap jam kerja harus dilakukan sebaik mungkin karena merupakan tanggung jawab seorang karyawan.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post