5 Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Update Terbaru 2023, Sekarang Bisa Menggunakan Aplikasi!

RUJUKANNEWS.com – Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan bisa melalui aplikasi JMO, melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan, melalui SMS, hingga langsung menghubungi kantor BPJS Ketenagakerjaan. Bagaimana Cara

Umam

cara klaim BPJS Ketenagakerjaan
5 Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Update Terbaru 2023, Sekarang Bisa Menggunakan Aplikasi! | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.comCara klaim BPJS Ketenagakerjaan bisa melalui JMO, melalui resmi BPJS Ketenagakerjaan, melalui SMS, hingga langsung menghubungi kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Bagaimana Klaim BPJS Ketenagakerjaan Update Terbaru 2023?

cara klaim BPJS Ketenagakerjaan
5 Update Terbaru 2023, Sekarang Bisa Menggunakan Aplikasi! | Ilustrasi

BPJS Ketenagakerjaan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada peserta, salah satunya dengan memberikan layanan cek saldo JHT secara melalui website hingga aplikasi. Berikut beberapa cara klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Sekarang Bisa Menggunakan Aplikasi, Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Manfaat dari cara klaim BPJS Ketenagakerjaan adalah peserta dapat mengetahui jumlah saldo JHT yang dapat diambil saat resign dari perusahaan, pensiun atau saat di PHK.

Dengan mengetahui saldo JHT BPJS, peserta juga dapat merencanakan pensiun yang sesuai dengan saldo JHT saat ini.

1. Melalui website BPJS Ketenagakerjaan

Cara cek saldo JKK dan JKM BPJS ketenagakerjaan, termasuk JHT ini tergolong paling mudah karena kamu bisa mengakses website resmi BPJS ketenagakerjaan menggunakan , , atau ponsel.

Langkah-langkah cara klaim BPJS Ketenagakerjaan kamu secara online di website adalah sebagai berikut:

– Buka website BPJS Ketenagakerjaan di halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

– Masuk dengan memasukkan dan kata sandi kamu

– Setelah berhasil login, pilih menu Lihat Saldo JHT

– Saldo JHT kamu akan ditampilkan secara penuh

2. Melalui Aplikasi BPJSTKU (JMO)

Fungsi aplikasi ini cukup lengkap, termasuk tampilan saldo BPJS ketenagakerjaan. Berikut cara cek saldo JHT kamu dengan aplikasi JMO:

– Buka aplikasi JMO di ponsel kamu

– Masuk dengan email dan kata sandi

– Pilih menu Jaminan Hari Tua

– Kemudian klik “Cek Saldo”

– Pilih Nomor Kartu Peserta (KPJ) jika kamu memiliki lebih dari satu

– Saldo akan muncul bersama dengan data peserta

Jika kamu belum memiliki akun di aplikasi JMO, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Data yang dibutuhkan untuk membuat akun adalah NIK, nomor kartu peserta (KPJ) dan data pribadi lainnya.

3. Melalui SMS

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan ini juga bermanfaat bagi peserta yang berada di daerah yang belum tersentuh infrastruktur . Langkah-langkah pengecekan melalui SMS adalah sebagai berikut.

Daftar dengan format: PENDAFTARANSALDO#Nomor KTP#Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY)#Nomor Peserta#Email (opsional) lalu kirim ke nomor 2725

Setelah registrasi, selanjutnya cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan format SMS sebagai berikut: SALDO lalu kirim ke nomor 2725

4. Bagaimana memverifikasi keamanan pensiun melalui ATM

Peserta BPJSTK juga dapat melakukan pengecekan saldo pensiun BPJS melalui ATM BRI. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pengecekan saldo di ATM BRI.

Pertama, peserta harus memiliki rekening BRI mobile. Kedua, nomor rekening BRI dimasukkan ke dalam data profil rekening BPJSTK yang dapat diverifikasi di aplikasi BPJSTKU. Ketiga, nomor ponsel BRI Mobile sama dengan nomor yang didaftarkan untuk rekening.

Berikut cara cek saldo Jamsostek di ATM BRI.

– Masukkan kartu ATM dan PIN.

– Pilih Transaksi lainnya.

– Pilih Lainnya.

– Pilih Informasi Saldo Ketenagakerjaan JHT BPJS.

5. Cara cek jaminan pensiun BPJS di cabang

Meski terkesan konvensional, cara pengecekan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan ini masih menjadi kamulan banyak orang. Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan ini mudah dilakukan, kamu hanya perlu mencari kantor BPJSTK terdekat dan membawa kartu peserta.

Kemudian temui petugas BPJS ketenagakerjaan dan minta dia untuk mengecek saldo atau menghitung simulasi Jaminan Pensiun dengan menunjukkan kartu BPJS. Setelah itu, petugas akan membantu kamu memverifikasi saldo rekening kamu.

Bagi kamu yang belum mengetahui lokasi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dapat mengecek halaman kontak pada website resmi BPJSTK di bpjsketenagakerjaan.

Akhir Kata

Lebih baik cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online daripada harus ke cabang BPJS Ketenagakerjaan. Tidak hanya pengecekan saldo termasuk cara klaim BPJS Ketenagakerjaan untuk JHT juga dilakukan secara online lho.

Jika kamu penasaran bagaimana cara menghitung saldo BPJS Ketenagakerjaan, kamu juga bisa mencoba simulasinya di aplikasi dan website JMO.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post