9 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Aman, Senyum Lebar Gigi Sehat!

RUJUKANNEWS.com – Karang gigi merupakan masalah yang dialami oleh setiap orang. Meski bukan masalah serius, kondisi ini perlu mendapat perhatian agar tidak berdampak pada kesehatan

Umam

cara membersihkan karang gigi
9 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Aman, Senyum Lebar Gigi Sehat! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Karang gigi merupakan masalah yang dialami oleh setiap orang. Meski bukan masalah serius, kondisi ini perlu mendapat perhatian agar tidak berdampak pada gigi kamu. Lantas bagaimanakah cara membersihkan karang gigi?

Bagaimana dengan Aman?

cara membersihkan karang gigi
9 Membersihkan Karang Gigi dengan Aman, Senyum Lebar Gigi Sehat! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Kamu dapat mengadopsi kebiasaan baik dan memanfaatkan alat yang ada di rumah kamu. Apakah kamu ingin tahu cara membersihkan karang gigi? Mari kita ketahui lebih lanjut dalam ulasan berikut ini.

Senyum Lebar Gigi Sehat, Cara Membersihkan Karang Gigi

Apa penyebab karang gigi? Karang gigi disebabkan oleh penumpukan plak yang menebal dan mengeras pada gigi.

Meski begitu, kondisi tersebut perlu mendapat perhatian khusus karena bisa menyebabkan gigi berlubang.

Namun, kamu bisa mencoba beberapa cara membersihkan karang gigi yang lebih parah yang bisa menyebabkan gigi berlubang. Inilah beberapa di antaranya.

1. Gosok gigi secara rutin

Menyikat gigi merupakan kegiatan rutin yang harus kamu lakukan minimal dua kali sehari. Dengan menyikat gigi secara rutin, kamu bisa mencegah karang gigi semakin tebal.

Waktu yang disarankan untuk menyikat gigi adalah pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Untuk kebersihan maksimal, cobalah menyikat gigi selama dua menit.

Lebih spesifiknya, gosok gigi selama 30 detik untuk setiap bagian gigi, yaitu bagian depan, dalam, samping kanan, dan samping kiri.

Sikat gigi yang digunakan harus memiliki ukuran dan bentuk yang sesuai dengan mulut sehingga dapat menjangkau seluruh area gigi.

2. Membersihkan dengan Benang Khusus

Cara membersihkan karang gigi bisa dilakukan dengan benang gigi khusus digunakan untuk menghilangkan kotoran atau plak di pinggir gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan menjaga kebersihan gigi, teknik ini dapat dilakukan pada setiap sela gigi setelah menyikat gigi.

3. Gunakan teknik yang benar saat menyikat gigi

Nah, agar kamu merasakan manfaatnya, menyikat gigi juga harus dilakukan dengan cara yang benar.

Arahkan sikat gigi 45 derajat ke arah gusi dan gerakkan ke atas dan ke bawah, maju mundur hingga menyentuh seluruh permukaan gigi. Pastikan untuk menyikat gigi dengan lembut agar tidak merusak enamel gigi.

4. Kunyah buah berserat

Mengunyah buah berserat dan cair merupakan cara membersihkan karang gigi yang terbukti efektif mengurangi kotoran pada gigi.

5. Obat kumur dengan obat kumur

Kamu bisa mencoba mencuci mulut dengan obat kumur sebagai cara menghilangkan karang gigi.

Obat kumur bisa menjadi langkah praktis untuk menghilangkan sisa kotoran dari gigi. Selain itu, rajin berkumur dengan obat kumur akan memberikan aroma segar pada napas kamu.

6. Berhenti merokok

Rokok mengandung berbagai bahan kimia yang dapat memicu masalah pada area gigi dan mulut, termasuk pembentukan karang gigi hitam.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki kebiasaan merokok dan ingin membersihkan karang gigi, maka sebaiknya hentikan atau kurangi kebiasaan tersebut.

7. Rajin Minum Air

Mengapa mengkonsumsi air putih bisa menjadi cara membersihkan karang gigi? Hal ini karena rongga mulut yang lembab dapat menjaga kebersihan gigi dari sisa-sisa .

Ingat, penumpukan plak adalah penyebab karang gigi.

8. Tingkatkan asupan vitamin C

Vitamin C memberikan banyak manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah pemeliharaan kebersihan gigi dan kesehatan gusi, ligamen, dan tulang alveolar gigi.

Oleh karena itu, cobalah untuk memperbanyak konsumsi vitamin C dari buah-buahan.

9. Scaling gigi

Cara membersihkan karang gigi yang mengeras adalah dengan prosedur. nt dari dokter gigi atau yang disebut pengelupasan gigi.

Scaling gigi dilakukan dengan alat yang disebut scalerta ultrasonik yang berfungsi untuk meledakkan karang gigi di antara gigi dan garis gusi.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara membersihkan karang gigi secara alami yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Namun, kamu harus ingat bahwa langkah terbaik membersihkan karang gigi adalah dengan prosedur pembersihan di dokter.

Selain menerapkan cara membersihkan karang gig  sebelumnya, yang tidak kalah penting adalah melakukan pemeriksaan gigi secara rutin, minimal setiap 6 bulan sekali. Dapatkan pemeriksaan gigi rutin di rumah sakit Siloam dan pelajari tentang jam dokter pilihan kamu

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post