cara membuat magnet listrik
(Sumber foto: Freepik) cara membuat magnet listrik yang sederhana, lengkap dengan alat dan bahan

13 Cara Membuat Magnet listrik yang Sederhana, Lengkap dengan Alat dan Bahan-bahannya!

RujukanNews.com – Alat dan cara membuat magnet listrik itu sangat mudah didapat. Magnet adalah suatu benda yang dapat menarik benda-benda lain di sekitarnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, magnet biasanya digunakan pada perangkat elektronik, seperti bel listrik, pintu lemari es, kompas, dinamo sepeda, dan lain-lain.

Bagaimana yang Sederhana?

cara membuat magnet listrik
(Sumber foto: Freepik) membuat magnet listrik yang sederhana, lengkap dengan alat dan bahan

Berikut ini adalah cara membuat magnet listrik sederhana yang mudah dan simple. Magnet buatan ini tersusun dari bahan-bahan yang bersifat feromagnetik, seperti baja, alcomax, besi, dan nikel.

Membuat Magnet dengan Cara Menggosok

Adapaun cara membuat magnet listrik yang sederhana adalah bahan feromagnetik seperti besi dan baja dapat dibuat menjadi magnet melalui cara penggosokan.

Bahan besi atau baja tersebut harus digosokan ke kutub magnet secara berulang dan searah.

Sebelum melakukan penggosokan, siapkan terlebih dahulu satu batang besi atau baja dan satu magnet tetap. Selanjutnya, ikuti langkah berikut ini.

– Pegang magnet tetap, kemudian gosokan ujung magnet tersebut ke sepanjang permukaan batang besi atau baja.

Baca Juga -   Syarat Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2023, Cukup Persiapkan Data-data Berikut Ini!

– Setiap kali selesai satu gosokan, magnet harus diangkat sedikit menjauh dari bahan besi atau baja yang akan dibuat magnet.

– Gosok besi atau baja dengan magnet secara searah dan lakukan berulang-ulang selama kurang lebih lima menit.

– Setelah itu, dekatkan besi atau baja tersebut pada jarum. Jika jarum dapat ditarik, artinya bahan tersebut telah bersifat magnetis.

Induksi Magnet

Induksi magnet adalah cara membuat magnet dengan cara mendekatkan besi atau baja non-magnet dengan besi atau baja magnetis.

Menempelkan kedua material tersebut ternyata mampu membuat bahan non-magnet menarik bahan-bahan feromagnetik di sekitarnya.

Untuk melakukan cara ini, siapkan satu magnet kuat, satu statif, satu batang besi, dan beberapa paku kecil. Selanjutnya, ikuti langkah berikut:

– Letakkan batang besi pada statif dengan posisi vertikal.

– Letakkan beberapa buah jarum di bawah batang besi tersebut.

– Ambil magnet kuat dan letakkan magnet tersebut di atas batang besi, kemudian jepit dengan statif untuk menghindari perubahan posisi.

Baca Juga -   6 Manfaat Jus Wortel dan Tomat Pada Tubuh Kita, Bisa Menjaga Kesehatan Kulit dan Jantung!

– Amati jarum yang berada di bawah besi. Jika jarum terangkat dan menempel pada batang besi, berarti besi tersebut telah memiliki sifat kemagnetan.

Menggunakan Arus Listrik

Untuk cara membuat magnet listrik selanjutnya dapat dilakukan dengan melilitkan kawat ber-email (kawat yang biasa dipakai pada lilitan trafo) pada bahan yang akan dibuat magnet.

Kedua ujung kawat tersebut kemudian dihubungkan ke sumber arus listrik. Makin besar arus listriknya, maka makin kuat pula magnet buatan yang akan terbentuk.

Untuk membuat magnet dengan arus listrik, siapkan terlebih dahulu satu paku besi, dua baterai dengan ukuran apapun, kabel kumparan atau kawat besi, beberapa jarum, dan satu gunting. Selanjutnya, ikuti langkah berikut ini.

– Lilitkan kabel kumparan atau kawat besi pada paku besi.

– Kupas ujung kabel kumparan atau kawat besi dengan gunting.

– Hubungkan kedua ujung kabel yang telah dikupas dengan kutup positif dan kutub negatif baterai.

– Setelah itu, dekatkan jarum-jarum dengan paku besi yang telah dililit.

Baca Juga -   5 Cara Membuat Kuis Online dan Jawabannya dengan Google Form

– Jika jarum-jarum kecil tersebut menempel pada paku besi, berarti paku besi telah berubah menjadi benda bersifat magnetis.

Akhir Kata

Untuk langkah dan cara membuat magnet listrik yang sederhana itu cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah di atas yang sangat simple.

Oh iya, bagi kamu yang ingin membeli kebutuhan aksesoris . Seperti halnya charger, casing , temperglass, LCD, baterai bekas, adaptor, dan lain-lain, kamu bisa membelinya di link berikut ini (toko Shopee).

Selalu ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh berita terupdate seputaran , , , dan lain-lain. Jangan lupa share juga ya artikel ini, agar ini semakin berkembang. Sampai jumpa lagi ya, bye-bye…