3 Cara Membuat Surat Izin Sekolah, Mulai dari Bagian Pembuka Hingga Salam Penutup!

RUJUKANNEWS.com – Kalau belum tahu cara membuat surat izin sekolah maka wajib simak artikel ini. Surat izin tidak masuk sekolah adalah surat keterangan tertulis ketika

Umam

cara membuat surat izin sekolah
3 Cara Membuat Surat Izin Sekolah, Mulai dari Bagian Pembuka Hingga Salam Penutup! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Kalau belum tahu cara membuat surat izin sekolah maka wajib simak artikel ini. Surat izin tidak masuk adalah surat keterangan tertulis ketika seorang tidak dapat mengikuti Kegiatan Mengajar (KBM) karena berbagai sebab.

Misalnya sakit, ada keperluan mendadak, urusan keluarga, atau urusan lainnya. Dengan kondisi tersebut, biasanya siswa diharuskan membuat surat yang kemudian akan dikirimkan ke pihak sekolah.

Bagaimana Membuat Surat Izin Sekolah?

cara membuat surat izin sekolah
3 , Mulai dari Bagian Pembuka Hingga Salam Penutup! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Meskipun perkembangan komunikasi sudah maju, penggunaan izin cuti sekolah masih sering digunakan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan cara membuat surat izin sekolah.

Bagian Pembuka Hingga Salam Penutup, Berikut Ini Cara Membuat Surat Izin Sekolah

Cara membuat surat izin sekolah. Surat izin tidak bersekolah terdiri dari pembukaan, isi dan penutup.

1. Bagian pembuka

Biasanya, bagian awal isi surat mencantumkan tanggal, hari, dan tahun surat itu ditulis, kemudian diikuti dengan uraian tujuan surat dan salam pembuka dengan kalimat-kalimat yang santun.

Misalnya : Yth… (menyebutkan orang tua yang berprofesi sebagai di sekolah) Assalamualaikum… atau bisa juga Dear… (menyebutkan orang tua yang berprofesi sebagai guru di sekolah) Dengan hormat,…

2. Lengkapi suratnya

Setelah menulis bagian awal surat, dilanjutkan dengan membuat isi surat. Isi surat harus menjelaskan alasan siswa tersebut tidak bersekolah. Dalam menyusun surat ini, pastikan menggunakan gaya bahasa yang santun, baku, singkat, padat, jelas, dan lugas.

3. Kata penutup

Langkah selanjutnya setelah menulis pembukaan dan sisi surat, adalah menulis salam penutup surat.

Misalnya: Begini cara membuat surat cuti sakit ini…lalu tutup dengan ucapan terima kasih dan keterangan nama penulis surat. Biasanya nama penulis surat bisa wali atau wakil siswa.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Dapat Digunakan Siswa

Kalau tadi sudah membahas mengenai cara membuat surat izin sekolah, maka contoh cara pembuatannya sebagai berikut.

– Karena sakit

Brebes, 25 Januari 2023

Bapak/Ibu yang terhormat wali kelas

Kelas 1E SMAN 1 Brebes

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya informasikan bahwa hari ini adik saya yang bernama Erik Firmansyah Kelas 1E tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik karena sakit. Demikian pemberitahuan ini saya sampaikan kepada kamu, semoga kamu dapat memahaminya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Bertanda tangan,

Juliyanti

– Surat izin hilang karena ada acara keluarga

Pandeglang, 10 Januari 2023

Guru terhormat

SMP Negeri 2 Pandeglang

Assalamualaikum wr. wb.

Dengan hormat, melalui surat ini kami sampaikan bahwa para mahasiswa :

Nama: Mohammad Rivaldo

Kelas : IPS XI B

Alamat: Jalan Pahlawan No. 01, Pandeglang

Tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah hari ini karena harus menghadiri acara keluarga yang tidak bisa di tinggalkan. Oleh karena itu kami mohon agar Bapak/Ibu memberikan kelonggaran atas surat ini.

Bertanda tangan,

Ahmad Dwiantoro

– Izin tidak masuk untuk kepentingan umum

Jakarta, 1 Februari 2023

Hal : Permohonan Izin Mengikuti Pertandingan Tenis a.n. Mario Martinez

Bapak/Ibu yang terhormat Guru SMAN Bina Bangsa

di Jakarta

Dengan segala hormat, dengan ini saya, Marlo Martinez, orang tua/wali Mario Martinez, memohon agar putra saya dapat mengikuti turnamen tenis lapangan yang akan diadakan di Lapangan Tenis Indoor Gelora Bung Karno dari tanggal 2 sampai dengan tanggal 6 Februari 2023, sehingga mereka tidak dapat mengikuti kegiatan belajar di sekolah seperti biasanya.

Oleh karena itu, saya sampaikan surat permohonan izin ini. Terima kasih.

Bertanda tangan,

Uki Kimlo

Akhir Kata

Itulah beberapa contoh dan cara membuat surat izin sekolah. Semoga bisa membantu dan menjadi referensi saat membuat perijinan.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari parfume dan baju lebaran, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Tokopedia).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post