5 Cara Mengatasi Darah Rendah yang Paling Efektif, Perhatikan Posisi Tubuh!

RUJUKANNEWS.com – Tekanan darah rendah harus ditangani dengan cara mengatasi darah rendah yang tepat agar tidak semakin parah dan menimbulkan komplikasi yang serius. Tekanan darah

Umam

cara mengatasi darah rendah
5 Cara Mengatasi Darah Rendah yang Paling Efektif, Perhatikan Posisi Tubuh! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Tekanan darah rendah harus ditangani dengan cara mengatasi darah rendah yang tepat agar tidak semakin parah dan menimbulkan komplikasi yang serius.

Tekanan darah rendah atau hipotensi dapat menyebabkan berbagai gejala, mulai dari pusing dan sakit kepala hingga pkamungan kabur dan pingsan.

Bagaimana Mengatasi Darah Rendah yang Paling Efektif?

cara mengatasi darah rendah
5 yang Paling Efektif, Perhatikan Posisi Tubuh! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Kamu bisa menerapkan beberapa cara mengatasi darah rendah berikut ini untuk mengobati tekanan darah rendah.

Perhatikan Posisi Tubuh, Cara Mengatasi Darah Rendah

Penyebab tekanan darah rendah belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor dan kondisi yang dipercaya dapat memicu terjadinya tekanan darah rendah, yaitu:

– Pendarahan berat atau kekurangan cairan (dehidrasi)

– Suhu tubuh terlalu rendah atau terlalu tinggi

– Gangguan jantung, seperti gagal jantung atau gangguan irama jantung

– Kadar gula darah rendah (hipoglikemia)

– Kadar hormon tiroid yang rendah (hipotiroidisme)

– Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti obat untuk tekanan darah tinggi

Selain gejala yang telah disebutkan di atas, tekanan darah rendah juga dapat menimbulkan tkamu-tkamu berupa body floater, lemas, bingung, sulit konsentrasi, gelisah, mual, dan muntah.

Berbagai cara mengatasi tekanan darah rendah

Memenuhi kebutuhan cairan harian merupakan salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah rendah. Jadi pastikan kamu minum air putih 8 gelas setiap hari ya.

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan beberapa cara mengatasi darah rendah sederhana berikut ini untuk mengobati tekanan darah rendah:

1. Perhatikan posisi tubuh

Meski terkesan sederhana, memperhatikan posisi tubuh bisa menjadi salah satu cara mengatasi tekanan darah rendah.

Jika kamu sering merasa pusing, lemas, atau penglihatan menjadi buram saat kamu mengubah posisi secara tiba-tiba, ubahlah posisi kamu secara perlahan di kemudian hari.

Misalnya saat bangun tidur. Sebelum bangun dan berdiri, cobalah berbaring beberapa menit terlebih dahulu, lalu duduk.

Jika kamu merasa aman dan tidak memiliki gejala apapun, kamu bisa perlahan berdiri.

Alternatifnya, kamu bisa menyilangkan paha atau perlahan mengangkat kaki untuk mendorong aliran darah dari kaki ke jantung.

Meski terlihat sepele, namun faktanya hal ini dapat membantu mengatasi cara mengatasi darah rendah yang kamu alami saat sedang berdiri atau beraktivitas.

2. Kenakan stoking kompresi

Umumnya, stoking kompresi dipakai untuk mencegah darah menggenang di pembuluh darah di kaki.

Namun, kamu juga bisa memanfaatkan stoking ini untuk mengurangi risiko keluhan tekanan darah rendah yang terjadi saat berganti posisi.

3. Konsumsi banyak gula

Seperti disebutkan di atas, salah satu kondisi yang terkait dengan terjadinya hipotensi adalah kadar gula darah yang rendah.

Nah, untuk mengurangi keluhan yang muncul akibat tekanan darah rendah, kamu bisa mengonsumsi atau minuman yang mengandung gula, terutama gula dalam bentuk olahan seperti gula jagung.

4. Minum suplemen herbal

Mengkonsumsi suplemen herbal dan tanaman herbal dipercaya bisa menjadi solusi untuk mengatasi cara mengatasi darah rendah.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen dan herbal tersebut, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya, terutama jika kamu memiliki kondisi medis tertentu.

5. Minum obat untuk menaikkan tekanan darah

Jika tidak kunjung sembuh, diskusikan kondisi kamu dengan dokter agar dapat mendapatkan penanganan yang sesuai.

Obat tekanan darah rendah mungkin diresepkan oleh dokter untuk menstabilkan tekanan darah dan meredakan rasa tidak nyaman yang muncul.

Obat ini biasanya bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah, yang meningkatkan dan cara mengatasi darah rendah.

Jika kamu rutin minum obat darah tinggi, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter secara rutin agar tekanan darah kamu dapat terkontrol dengan baik.

Akhir Kata

Saat kamu mengalami gejala tekanan darah rendah, cobalah 5 cara mengatasi darah rendah yang tercantum di atas.

Jika setelah mencoba cara-cara tersebut, gejala tekanan darah rendah yang kamu alami tidak kunjung hilang atau semakin parah, segera temui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post