7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Agar Tidak Susah Tidur!

RUJUKANNEWS.com – Cara mengatasi hidung tersumbat: Hidung tersumbat sering kali terjadi dan tentunya sangat mengganggu aktivitas hingga membuat pernapasan menjadi sulit. Tak heran jika banyak

Umam

cara mengatasi hidung tersumbat
7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Agar Tidak Susah Tidur! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.comCara mengatasi hidung tersumbat: Hidung tersumbat sering kali terjadi dan tentunya sangat mengganggu hingga membuat pernapasan menjadi sulit.

Tak heran jika banyak orang yang ingin mengetahui agar tidak direpotkan dengan kondisi tersebut.

Bagaimana Mengatasi Hidung Tersumbat?

cara mengatasi hidung tersumbat
7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Agar Tidak Susah Tidur! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Lalu bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat? Temukan jawabannya di bawah ini.

Cara mengatasi hidung tersumbat

Tidak selalu flu, penyebab hidung tersumbat bisa bermacam-macam kondisi, seperti alergi debu, asap atau tidak tahan dingin.

1. Jaga suhu tetap hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat yang pertama bisa dilakukan dengan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Cobalah untuk duduk di luar rumah antara jam 7 dan 9 pagi.

Selain mengatasi hidung tersumbat, berjemur ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat. Karena? Pasalnya, cairan tubuh perlu dijaga agar tubuh tetap dalam kondisi baik.

Kekurangan cairan tubuh akan memperburuk kondisi kesehatan.

Minum air putih dalam jumlah yang cukup juga akan membantu mengencerkan lendir di hidung sehingga dapat meredakan hidung tersumbat.

3. Hirup uap hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan menghirup nafas hangat. Upaya ini juga membantu meringankan pernapasan.

Caranya cukup , kamu hanya perlu menyiapkan satu wadah berisi air hangat, lalu mendekatkan wajah kamu ke wadah tersebut dan cobalah menghirup uap hangatnya.

kamu juga bisa melakukannya dengan cara lain, seperti mandi air hangat atau mencuci muka dengan waslap yang dibasahi air panas.

4. Gunakan pelembab ruangan

Memasang humidifier merupakan salah satu cara efektif mengatasi hidung tersumbat, apalagi jika kamu berada di ruangan yang menggunakan AC.

Penggunaan humidifier akan menjaga kelembapan udara dalam ruangan, selain mengurangi penyebaran debu sehingga saluran pernafasan lebih terbuka.

5. Gunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih merupakan salah satu cara meredakan hidung tersumbat secara alami, cepat dan efektif.

Oleskan minyak kayu putih pada bagian tubuh antara lain dada, leher, dan hidung.

Aroma yang keluar dari minyaknya akan membantu menghangatkan hidung sehingga saluran pernafasan menjadi lebih lembut.

6. Minum minuman panas

Kamu juga bisa mengatasi cara mengatasi hidung tersumbat dengan mengonsumsi minuman hangat, seperti teh jahe hangat.

Cara ini diyakini cukup efektif meredakan hidung tersumbat. Selain itu, mengonsumsi minuman panas akan membantu melegakan tenggorokan kamu.

7. Minum obat

Jika cara mengatasi hidung tersumbat alami tidak bisa mengatasi hidung tersumbat, maka kamu bisa mengonsumsi obat.

Obat yang biasa digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dekongestan dalam bentuk obat semprot hidung atau pil.

Namun, sebelum mengonsumsi obat, usahakan berkonsultasi dengan dokter atau ahli medis terlebih dahulu.

Akhir Kata

Nah, seringkah kamu mengalami kondisi hidung tiba-tiba tersumbat, saat cuaca dingin atau di tempat berdebu? Maka kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi hidung tersumbat di atas sebagai alternatif.

Namun bila gejala tersebut tidak kunjung membaik meski telah mendapat pengobatan mandiri, segeralah pergi ke dokter untuk menjalani pemeriksaan.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari baju, barang elektronik, dan yang lainnya, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Shopee).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post