7 Cara Mengatasi Mata Bengkak yang Paling Ampuh, Harus Mengetahui Penyebabnya Juga!

RUJUKANNEWS.com – Mata bengkak seringkali merupakan gejala infeksi mata atau konjungtivitis dan cukup mengganggu penderitanya. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengatasi mata bengkak yang

Syadir

cara mengatasi mata bengkak
7 Cara Mengatasi Mata Bengkak yang Paling Ampuh, Harus Mengetahui Penyebabnya Juga! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Mata bengkak seringkali merupakan gejala infeksi mata atau konjungtivitis dan cukup mengganggu penderitanya. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengatasi mata bengkak yang bisa dilakukan tergantung dari penyebabnya.

Misalnya, kamu bisa mengatasi mata sembab akibat alergi dengan mengompres mata menggunakan handuk yang dibasahi air hangat. Selain itu, dianjurkan juga untuk mengonsumsi obat antihistamin sesuai anjuran dokter untuk mengatasi alergi tersebut.

Bagaimana Mengatasi Mata Bengkak?

cara mengatasi mata bengkak
7 yang Paling Ampuh, Harus Mengetahui Penyebabnya Juga! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Untuk mengetahui cara mengatasi mata bengkak berdasarkan penyebab lainnya, yuk simak artikel berikut ini!

Harus Mengetahui Penyebabnya, Cara Mengatasi Mata Bengkak yang Paling Ampuh

Penjelasan lengkap tentang cara mengatasi mata bengkak adalah sebagai berikut:

1. Mata Bengkak Akibat Bintitan

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa salah satu ciri dari bintitan adalah benjolan yang membengkak di kelopak mata.

Benjolan tersebut biasanya berisi nanah dan akan terasa nyeri. Oleh karena itu, cara mengobati mata bengkak akibat bintitan yang bisa dilakukan yaitu:

– Kenakan pelindung mata, seperti kacamata, untuk mencegah kontaminasi dengan debu dan kotoran lainnya. Jaga kebersihan tangan dan mata.

2. Mata Bengkak Setelah menangis

Menangis berlebihan dapat mengiritasi pembuluh darah di mata. Ini bisa menyebabkan kelopak mata membengkak. cara mengatasi mata bengkak akibat menangis pada dasarnya cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Begitulah caranya:

– Minum air putih yang cukup untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat menangis, minimal 2 liter sehari.

3. Mata Bengkak Akibat Alergi

Penyebab mata sembab yang juga cukup umum adalah karena alergi. Selain bengkak, alergi juga bisa menyebabkan mata gatal dan berair. Untuk menghindarinya, kamu dapat melakukan hal berikut:

– Minumlah antihistamin seperti yang direkomendasikan oleh dokter kamu untuk meredakan gejala alergi.

– Gunakan obat tetes mata secukupnya.

– Hindari alergen yang memicu reaksi alergi pada tubuh.

4. Akibat Iritasi Kosmetik

Penggunaan kosmetik yang tidak tepat dapat menyebabkan iritasi mata yang ditkamui dengan pembengkakan pada kelopak mata. Jika kamu mengalami hal ini, kamu dapat melakukan hal berikut:

– Gunakan obat tetes mata secukupnya.

– Bersihkan area mata dari kosmetik lain dengan benar.

– Temui dokter jika iritasi berkembang menjadi infeksi yang lebih serius.

5. Mata Bengkak Akibat Kalazion

Kalazion atau chalazion adalah gangguan berupa pembengkakan pada kelopak mata yang disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar sebasea atau meibom. Cara mengatasi mata bengkak akibat chalazion antara lain:

– Kompres mata dengan kompres hangat, selama kurang lebih 10 menit, dan lakukan 4 sampai 5 kali sehari.

– Jika mata bengkak tidak kunjung hilang, segera temui dokter. Biasanya dokter akan menindaklanjuti dengan injeksi kortikosteroid atau operasi.

6. Akibat Kurang Tidur

Kurang tidur dalam waktu lama juga menjadi salah satu penyebab mata bengkak. Untuk mengurangi mata sembab akibat kurang tidur, kamu bisa menerapkan cara berikut ini:

– Waktu tidur yang cukup, minimal 7 hingga 8 jam sehari.

– Kompres mata dengan kompres dingin.

– Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penumpukan cairan berlebih di bawah mata yang menyebabkan mata membengkak.

7. Mata Bengkak Akibat Gigitan Serangga

Seperti halnya reaksi alergi, gigitan serangga juga memicu tubuh melepaskan histamin. Selain membuat mata bengkak, gigitan serangga ini bisa menimbulkan rasa gatal. Mengenai cara mengobati mata bengkak akibat gigitan serangga antara lain :

– Gunakan salep mata sesuai anjuran dokter jika terjadi infeksi.

– Minum antihistamin sesuai petunjuk dokter.

 Akhir Kata

Itulah beberapa cara mengatasi mata bengkak yang bisa kamu lakukan tergantung dari penyebabnya.

Selain melakukan cara di atas, kamu juga dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Mata di Rumah Sakit Siloam terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang tepat secara medis.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari parfume dan baju , cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Tokopedia).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post