9 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Wajib Kamu Tahu, Ciptakan Dulu Kamar yang Nyaman!

RUJUKANNEWS.com – Ada beberapa cara mengatasi susah tidur yang bisa kamu coba untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan nyenyak. Gelisah dan susah tidur di

Syadir

cara mengatasi susah tidur
9 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Wajib Kamu Tahu, Ciptakan Dulu Kamar yang Nyaman! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Ada beberapa cara mengatasi susah tidur yang bisa kamu coba untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan nyenyak.

Gelisah dan susah tidur di malam hari bisa menjadi kamu bahwa kamu mengalami insomnia. Oleh karena itu, produktivitas harian kamu tidak terpengaruh.

Bagaimana Mengatasi Susah Tidur yang Akut?

cara mengatasi susah tidur
9 yang Wajib Kamu Tahu, Ciptakan Dulu Kamar yang Nyaman! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Jika kamu sering mengalami insomnia, ada beberapa dan cara mengatasi susah tidur yang bisa kamu coba.

Ciptakan Kenyamanan, Cara Mengatasi Susah Tidur yang Wajib Kamu Tahu

Tentunya cara mengatasi susah tidur berikut ini sangat bersigfat objektif, jadi setiap orang memiliki caranya tersendiri.

Insomnia adalah suatu kondisi yang menyebabkan penderitanya sulit atau tidak dapat tidur sama sekali, padahal memiliki kesempatan dan waktu istirahat yang cukup.

Namun, jika sudah berlangsung lama, kondisi ini tentunya harus diperhitungkan.

Selain itu, insomnia juga bisa dipicu oleh kondisi medis tertentu seperti nyeri sendi dan efek samping obat.

1. Luangkan waktu untuk bersantai

Kamu bisa mencoba berbagai cara relaksasi sebelum tidur, misalnya melakukan yoga atau pilates. Kegiatan tersebut dapat membuat kamu tenang dan nyaman, sehingga kamu akan mudah tertidur.

Selain itu, beberapa aktivitas santai, seperti membaca , mandi air hangat, dan mendengarkan musik bertempo lambat, juga dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak.

2. Cobalah untuk tetap berpikir positif

Adapun cara mengatasi susah tidur untuk berpikir positif. Maka dari itu, usahakan untuk selalu berpikir positif agar pikiran bisa lebih tenang.

Jika merasa kesulitan, kamu dapat menemui psikolog atau psikiater untuk konseling dan psikoterapi.

3. Makan sehat

kamu harus menghindari makan makanan tinggi lemak jenuh dan karbohidrat kompleks sebelum tidur.

Pasalnya, jenis makanan tersebut dapat membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga tubuh sulit beristirahat.

Jika ingin ngemil di malam hari, pilihlah camilan sehat, seperti kerupuk atau yogurt.

4. Kurangi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein

Untuk mengatasi insomnia, perlu juga menghindari konsumsi minuman beralkohol, kopi, teh, dan soft drink yang mengandung kafein, terutama pada sore hari dan sebelum tidur.

Berbagai jenis minuman tersebut dapat menyebabkan kamu lebih sering terbangun sehingga sulit tidur di malam hari. Agar lebih sehat, kamu bisa menggantinya dengan susu atau air putih.

5. Hindari merokok sebelum tidur

Kandungan nikotin pada rokok bisa membuat kamu sulit tidur. Jadi hindari merokok sebelum tidur agar tidak begadang semalaman.

6. Perubahan jam tidur juga harus diatur

Bepergian ke tempat-tempat dengan perbedaan waktu yang signifikan atau bekerja di malam hari dapat merusak ritme sirkadian kamu.

Ritme sirkadian adalah mekanisme alami tubuh yang mengatur waktu tidur dan bangun, metabolisme, dan suhu tubuh setiap hari.

Jika ritme sirkadian kamu terganggu, kamu lebih mungkin mengalami insomnia. Oleh karena itu, jadwalkan aktivitas harian kamu dan usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya.

7. Ciptakan kamar tidur yang nyaman

Banyak orang yang sulit tidur karena bekerja, bermain, atau melakukan aktivitas lain di kamar tidurnya. Padahal, idealnya kamar tidur hanya digunakan untuk tidur.

Oleh karena itu, perlu diterapkan sleep hygiene agar lebih mudah tertidur.

Jika kamu sedang hamil atau sakit punggung, cobalah tidur miring dengan bantal di antara kedua kaki atau di bawah lutut.

8. Terapkan pola

Selain pola tidur yang baik, penting juga menerapkan sehat. Gaya hidup ini bisa dicapai dengan mengatur pola makan, mengurangi stres, dan rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari.

Beberapa pilihan yang bisa kamu coba adalah renang, yoga, dan jogging. Ini bisa menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur kamu.

9. Minum obat tidur sesuai dokter

Obat untuk mengatasi insomnia hanya boleh digunakan sesekali dan sesuai dengan resep dan anjuran dokter.

Meskipun saya tidak bisa membuat kamu tertidur, penggunaan obat tidur juga dapat membawa risiko dan efek samping, termasuk kecanduan, sulit berkonsentrasi, pusing dan sakit kepala, serta perubahan suasana hati.

Akhir Kata

Beberapa hal untuk cara mengatasi susah tidur di atas, kamu perlu melakukannya secara rutin agar dapat menikmati tidur malam yang nyenyak. Jika kamu masih sulit tidur di malam hari, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari parfume dan baju kekinian, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Tokopedia).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post