10 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Baik di HP Android dan iPhone!

RUJUKANNEWS.com – Terkadang cara mengecilkan ukuran foto untuk keperluan tertentu, kamu membutuhkan ukuran foto yang tidak terlalu besar agar mudah diunggah dan tidak memakan banyak

Umam

cara mengecilkan ukuran foto
10 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Baik di HP Android dan iPhone! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Terkadang cara mengecilkan ukuran foto untuk keperluan tertentu, kamu membutuhkan ukuran foto yang tidak terlalu besar agar mudah diunggah dan tidak memakan banyak kuota saat membukanya di Internet.

Jadi kamu perlu mengubah ukuran untuk memperkecil ukuran foto.

Bagaimana Mengecilkan Ukuran Foto Secara ?

cara mengecilkan ukuran foto
10 Secara Online Baik di dan ! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Jangan khawatir, ada beberapa cara mengecilkan ukuran foto baik iPhone maupun Android yang bisa kamu ikuti di bawah ini.

1. Cara mengecilkan ukuran foto iPhone melali fitur resize

Pada bagian Mail untuk iOS dilengkapi dengan fitur mengubah ukuran foto. Di sini kamu dapat memilih berbagai ukuran seperti ukuran kecil, sedang, besar, dan aktual.

Sangat mudah untuk menggunakan fitur pengubahan ukuran yang tersedia di Mail untuk iOS. Yang harus kamu lakukan adalah memilih foto yang ingin kamu perkecil ukurannya lalu pilih ukuran resize sesuai dengan kebutuhan kamu.

2. image size

Cara mengecilkan ukuran foto di iPhone bisa menggunakan aplikasi Image Size.

Namun, ukuran standar juga tersedia, seperti legal, letter, dan ukuran kertas lainnya.

– Di App Store, unduh aplikasi Ukuran Gambar

– Saat diinstal, buka aplikasi Ukuran Gambar

– Untuk memilih foto yang ingin diubah ukurannya, sentuh bagian kiri atas aplikasi. Jika muncul permintaan konfirmasi untuk menyetujui akses privasi ke foto, pilih Saya Setuju

– Atur ukuran foto yang diinginkan

– Setelah selesai, ketuk ikon unduh atau unduh

– Untuk melihat hasilnya buka galeri iPhone

3. Cara mengecilkan ukuran foto hp android photo compress

Cara mengecilkan ukuran foto dengan hp android bisa menggunakan Photo Compress & Resize. Aplikasi ini mampu mengubah ukuran foto hingga 200KB atau bahkan kurang.

Untuk memperkecil ukuran foto dengan aplikasi gratis ini, caranya cukup :

– Kemudian instal dan buka aplikasinya

– kamu akan menerima notifikasi yang meminta aplikasi untuk mengakses media dan file

– Cukup klik Izinkan

– Lanjutkan dengan memilih foto yang ingin diubah ukurannya dan tentukan kualitas foto tersebut

– Kemudian klik Start Compression dan tunggu hingga proses selesai.

– Jika kamu memilikinya, kamu dapat mengunduhnya

4. Unduh aplikasi QReduce Lite

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk cara mengecilkan ukuran foto dengan mudah dan mendukung berbagai format foto PNG, JPG, atau JPEG. Ini adalah bagaimana kamu dapat melakukannya:

– Unduh aplikasi QReduce melalui Play Store

– Kemudian instal dan buka aplikasinya

– Kemudian klik “Pilih Foto”

– Setelah kamu menentukan ukurannya, pilih menu “Start”.

– Tunggu hingga proses selesai dan untuk melihat hasil fotonya anda bisa membuka folder QReduce Lite di galeri Android

5. Gunakan pengubah ukuran foto dan gambar

Kamu dapat menggunakan aplikasi Photo & Picture Resizer. Kamu dapat cara mengecilkan ukuran foto dengan memilih empat ukuran foto utama, yaitu 480×320, 640×480, 800×600, dan 1024×768.

Ketika kamu telah mengecilkan atau memampatkan foto, kamu dapat dengan mudah membagikannya di media sosial.

6. Cara mengecilkan ukuran foto di browser HP IMGonline

IMGonline adalah sebuah website yang dapat digunakan untuk mengolah foto dan gambar dalam format JPEG secara online.

Di situs web ini, kamu dapat, tanpa mengompresi ulang gambar, mengedit data EXIF, IPTC, XMP, melihat detail EXIF, atau menghapus EXIF dan data informasi lainnya yang dilampirkan ke foto JPEG.

Selain itu, kamu dapat memutar gambar atau foto pada berbagai sudut 90 derajat dan membuat file JPEG Progresif tanpa kehilangan kualitas.

Tidak hanya itu, IMGonline juga dapat membantu meningkatkan kualitas foto melalui level otomatis, fitur pengayaan otomatis, dan penyesuaian level dan kontras cahaya, saturasi, dan nada warna secara manual.

Selain itu, ada juga efek lain yang bisa digunakan untuk mengubah foto.

7. Kompres JPEG

Compress JPEG adalah situs yang memungkinkan kamu untuk cara mengecilkan ukuran foto memilih hingga 20 foto atau gambar dalam format JPG atau JPEG untuk dikompres ke ukuran yang lebih kecil tanpa kehilangan kualitas.

Harus kamu lakukan adalah memasukkan file yang ingin kamu unggah. Setelah konversi, kamu dapat mengunduh hasilnya satu per satu atau mengarsipkannya dalam file ZIP.

Jika kamu mengklik tab Split JPEG (PNG atau ) di atas kotak unggah file, kamu akan dibawa ke situs web compressPNG.com dan ShrinkPDF.com untuk menyesuaikan ukuran setiap file hingga mencapai ukuran yang kamu inginkan.

8. JPGTiny

TinyJPG adalah salah satu situs paling praktis dan efektif untuk mengecilkan foto.

Untuk menghindari penurunan kualitas, sistem TinyJPG melakukan strategi paling optimal dalam memperkecil ukuran file foto.

Untuk cara mengecilkan ukuran foto dan gambar, kamu juga dapat menggunakan TinyJPG. Selain itu, sistem TinyJPG kini lebih pintar dan dapat secara otomatis menghapus bagian buruk foto dalam proses pemotongan.

Fungsi-fungsi tersebut menjadi sangat penting dan mudah digunakan sesuai kebutuhan.

9. Toolur

Toolur juga memiliki fitur untuk mengganti format gambar dari PNG ke JPG untuk membuat gambar bergerak dalam format dari kumpulan file yang kamu unggah.

10. Ubah UkuranGambar.net

Selain mengecilkan foto, situs ini juga dapat melakukan crop, rotate, membuat background transparan atau warna lain, mengubah format file gambar untuk mengoptimalkan kualitas file gambar.

Akhir Kata

Inilah cara mengecilkan ukuran foto dengan iPhone atau HP Android yang bisa kamu coba.

Jika kamu ingin berkreasi dan menambah kemampuan mengedit foto, kamu bisa mengikuti kursus online Editing Gambar atau Foto dengan Adobe Photoshop dan Merancang Poster Media Sosial dengan Adobe Illustrator di aplikasi.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post