6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami, Buat Hidupmu Jadi Lebih Segar!

RUJUKANNEWS.com – Cara menghilangkan bau mulut: Bau mulut atau halitosis seringkali disebabkan bukan hanya karena tidak menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut, namun juga

Umam

cara menghilangkan bau mulut
6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami, Buat Hidupmu Jadi Lebih Segar! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.comCara menghilangkan bau mulut: Bau mulut atau halitosis seringkali disebabkan bukan hanya karena tidak menjaga kebersihan dan gigi dan mulut, namun juga karena kondisi medis tertentu.

Bagaimana Secara Alami?

cara menghilangkan bau mulut
6 Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami, Buat Hidupmu Jadi Lebih Segar! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Artikel ini akan membahas apa saja faktor risiko bau mulut dan cara menghilangkan bau mulut efektif mengatasi masalah kesehatan ini.

Bagaimana cara mencegah bau mulut?

Kembali ke pertanyaan sebelumnya, berikut beberapa cara menghilangkan bau mulut yang bisa kamu:

1. Jaga kebersihan mulut dan gigi

Langkah pertama dan terpenting adalah menjaga kebersihan mulut dan gigi. Sikat gigi minimal dua kali sehari, bersihkan sela-sela gigi, dan berkumurlah dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

Selain itu, sebaiknya kamu juga mengganti sikat gigi setiap dua bulan sekali dan melakukan pemeriksaan gigi rutin minimal enam bulan sekali.

Jika kamu memakai gigi palsu, pastikan untuk membersihkannya secara rutin agar sisa tidak menumpuk dan menyebabkan tumbuhnya penyebab bau mulut.

2. Tingkatkan asupan serat dan air

Mengonsumsi makanan kaya serat dapat membantu menjaga metabolisme tubuh serta mencegah bau mulut dan gangguan pencernaan. Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat mencegah mulut menjadi kering yang turut memicu kondisi ini.

3. Hentikan kebiasaan tidak sehat

Cara menghilangkan bau mulut yang tidak sedap lainnya adalah dengan menghentikan kebiasaan tidak sehat. Hindari rokok, minuman beralkohol dan kafein.

Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang berbau menyengat seperti jengkol, petai, bawang merah, dan durian.

4. Cegah bau mulut dengan mengunyah permen karet

Selanjutnya, kunyah permen karet. Pilih permen karet bebas gula yang mengandung xylitol.

Kandungan tersebut efektif melawan bau mulut sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri. Kamu bisa mengunyah permen karet dengan xylitol selama lima menit setelah makan.

5. Gunakan bahan-bahan alami

Kamu juga bisa cara menghilangkan bau mulut dengan menggunakan bahan alami seperti daun sirih. Jika mengunyah terasa tidak nyaman, kamu bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih.

Selain daun sirih, kamu juga bisa menggunakan cengkeh, kayu manis, dan daun mint dengan cara yang sama untuk menghilangkan aroma tak sedap di mulut.

6. Konsumsi

Mengonsumsi 85 gram yogurt tanpa pemanis dua kali sehari selama enam minggu juga dapat membantu mengatasi bau mulut. Hal ini dikarenakan yogurt mampu menurunkan kadar senyawa sulfur penyebab bau mulut yang tidak sedap.

Apa penyebab bau mulut?

Sebelum mengetahui cara menghilangkan bau mulut, penting untuk mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Ada beberapa faktor penyebab bau mulut, yang paling utama adalah masalah pada gigi dan mulut seperti gigi berlubang dan masalah gusi. Selain itu, halitosis juga bisa terjadi akibat kondisi kesehatan tertentu, seperti:

– Diabetes.

– Gangguan hati.

– Infeksi saluran pernapasan seperti bronkitis kronis.

– Mulut kering atau xerostomia, terjadi akibat terganggunya produksi air liur akibat penumpukan bakteri di dalam mulut.

– Gangguan saluran pencernaan.

– Sinusitis menyebabkan postnasal drop, yaitu keluarnya lendir kental dari sinus ke tenggorokan.

Selain faktor-faktor tersebut, menjaga kebersihan mulut juga penting untuk menghindari terjadinya halitosis.

Menghindari makanan yang berbau menyengat, berhenti merokok dan alkohol, serta menjaga asupan karbohidrat seimbang juga dapat membantu mengurangi masalah ini.

Akhir Kata

Jika berbagai cara menghilangkan bau mulut di atas sudah kamu coba namun masih belum kunjung membaik, kamu bisa bertanya kepada dokter gigi mengenai cara lain yang lebih efektif atau memerlukan penanganan medis.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari baju, barang elektronik, dan yang lainnya, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Shopee).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post