8 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam dengan Bahan-bahan Alami, Mata Panda Hilang Dalam Sekejap!

RUJUKANNEWS.com – Mata panda seringkali membuat kita terlihat lebih tua, lelah, dan kehabisan tenaga. Jika kamu mengalaminya, ada cara menghilangkan kantung mata hitam yang bisa

Syadir

cara menghilangkan kantung mata hitam
8 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam dengan Bahan-bahan Alami, Mata Panda Hilang Dalam Sekejap! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Mata panda seringkali membuat kita terlihat lebih tua, lelah, dan kehabisan tenaga. Jika kamu mengalaminya, ada cara menghilangkan kantung mata hitam yang bisa kamu coba di rumah, mulai dari menggunakan kompres hingga bahan alami.

Mata panda adalah istilah untuk menunjukkan munculnya lingkaran hitam pada kulit di sekitar mata. Kondisi ini seringkali muncul disertai mata sembab atau sembab. mata panda umumnya tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

Bagaimana dengan Bahan-bahan Alami?

cara menghilangkan kantung mata hitam
8 Menghilangkan Kantung Mata Hitam dengan Bahan-bahan Alami, Mata Panda Hilang Dalam Sekejap! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Ada beberapa cara menghilangkan kantung mata hitam yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah, yuk simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Mata Panda Hilang, Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Mata panda bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Sebearnya cara menghilangkan kantung mata hitam riasan atau concealer sering digunakan untuk menutupi mata panda, namun tidak untuk menghilangkan keluhan tersebut.

Tak hanya itu, mata panda juga bisa disebabkan oleh proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penipisan kulit dan pengurangan adiposa dan kolagen.

Ini akan membuat pembuluh darah di bawah mata menonjol, membuat kulit tampak lebih gelap.

1. Gunakan kompres dingin

Mata panda terbentuk karena pembuluh darah di bawah kulit di sekitar mata melebar. Untuk menghilangkan mata panda, kamu bisa melakukan kompres dingin di bawah mata untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar.

kamu cukup membungkus es batu dengan kain bersih atau merendam kain tersebut dalam air dingin lalu menempelkannya pada kulit gelap di sekitar mata kamu selama 15 hingga 20 menit.

2. Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh

Salah satu penyebab munculnya mata panda adalah kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

Oleh karena itu, cara menghilangkan kantung mata hitam kamu harus minum air putih minimal 8 gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu.

Kekurangan cairan tubuh bisa membuat kamu lesu dan mata panda semakin terlihat jelas.

3. Gunakan bahan alami

Untuk meredam warna gelap pada mata panda, kamu bisa mengoleskan bahan alami, seperti minyak almond atau gel lidah buaya.

Menurut penelitian, bahan-bahan tersebut mengandung antioksidan dan antiperadangan yang dapat mengurangi warna gelap dan bengkak pada mata.

Bahan-bahan alami tersebut juga dapat menghidrasi kulit di sekitar mata sehingga membuat mata tampak lebih cerah.

4. Kompres dengan kantong teh

Adapun cara menghilangkan kantung mata hitam menggunakan teh, baik itu teh hitam maupun teh hijau, mengandung kafein dan antioksidan yang dapat memperlancar peredaran darah dan mencerahkan kulit.

Untuk mengobati mata panda, kamu bisa mengompres mata kamu selama 15 sampai 20 menit dengan teh basah yang telah didinginkan di lemari es.

5. Tinggikan posisi kepala saat tidur

Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda sekaligus mengurangi bengkak di bawah mata akibat penumpukan cairan.

Kamu dapat meninggikan kepala saat tidur dengan menumpuk dua bantal atau lebih.

6. Hindari konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi ringan yang membuat mata panda menjadi lebih jelas.

Selain itu, konsumsi kopi berlebihan juga menyebabkan kamu terjaga lebih lama sehingga mata panda semakin sulit hilang.

7. Gunakan krim mata

Beberapa krim mata, misalnya yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K atau ekstrak daun teh, diketahui dapat mengurangi kerutan kulit dan menyamarkan mata panda.

Namun, hasilnya tidak instan. kamu mungkin perlu cara menghilangkan kantung mata hitam menggunakan krim mata selama beberapa minggu sebelum mata panda menjadi lebih buram.

8. Waktu tidur yang cukup

Kelelahan dan kurang tidur adalah salah satu penyebab mata panda yang paling umum.

Maka dari itu, untuk menghilangkan mata panda, kamu perlu tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam setiap malam. Hindari kebiasaan tidur terlalu malam atau begadang.

Akhir Kata

Selain itu, cara menghilangkan kantung mata hitam disarankan juga untuk membatasi waktu menatap perangkat, menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 saat keluar rumah.

Serta berhenti merokok dan konsumsi alkohol berlebihan untuk menghilangkan mata panda. Meskipun bukan kondisi medis yang serius, kamu harus berhati-hati jika mata panda kamu tidak hilang setelah beberapa hari atau minggu.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post