cara menghilangkan ketombe
11 Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rotok, Buat Rambut Jadi Lebih Sehat! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

11 Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rotok, Buat Rambut Jadi Lebih Sehat!

RUJUKANNEWS.com – Ketombe memang bukan suatu kondisi yang serius, namun dapat menurunkan estetika penampilan seseorang. Adapun cara menghilangkan ketombe, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa, soda kue, atau cuka sari apel pada kulit kepala.

Bagaimana Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rotok?

cara menghilangkan ketombe
11 dan Rambut Rotok, Buat Rambut Jadi Lebih Sehat! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Cara menghilangkan ketombe yang efektif adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. kamu bisa mengoleskan minyak kelapa, minyak pohon teh, soda kue, dan cuka sari apel sebagai masker kulit kepala.

Buat Rambut Jadi Lebih Sehat, Cara Menghilangkan Ketombe

Ketombe merupakan kotoran pada permukaan kulit kepala. Teksturnya seperti serpihan berwarna putih atau kuning. Meski tidak menular, masalah ini bisa menurunkan rasa percaya diri penderitanya.

Sehingga cara menghilangkan ketombe berikut ini bisa kamu terapkan agar rambut jadi lebih sehat.

Ketombe merupakan kelainan yang biasanya terjadi pada masa pubertas dan mencapai puncaknya pada usia 20 tahun. Risikonya juga dialami oleh orang yang berusia di atas 50 tahun.

Cara alami menghilangkan ketombe membandel secara efektif

Ketombe tak hanya menurunkan rasa percaya diri. Masalah ini juga menimbulkan rasa gatal yang berlebihan sehingga membuat kamu ingin terus-terusan menggaruk. Berikut beberapa trik dan cara menghilangkan ketombe:

1. Cuci rambut kamu dengan sampo anti ketombe

Jika kamu memiliki rambut yang mudah berminyak, sebaiknya kamu mencuci rambut secara rutin untuk mengatasi masalah ketombe. Dengan cara menghilangkan ketombe ini, sel kulit mati dan kotoran di kulit kepala bisa terangkat.

Baca Juga -   7 Cara Menghapus Halaman Kosong di Word Dengan Cepat dan Rapi, Bisa Menggunakan Backspace!

Namun, bukan berarti kamu harus keramas setiap hari, bukan? Terlalu sering mencuci rambut akan menghilangkan minyak alami dari rambut dan kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala menjadi semakin kering dan masalah ketombe pun semakin parah.

2. Gunakan minyak kelapa

Cara menghilangkan ketombe, oleskan minyak kelapa secara merata pada kulit kepala, diamkan beberapa menit, lalu cuci dan bilas hingga bersih. Tak hanya menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga mampu menjaga kelembapan dan kulit kepala.

3. Oleskan minyak pohon teh

Minyak pohon teh efektif membantu mengatasi ketombe yang membandel. Bahan alami ini bekerja dengan cara menghilangkan ketombe dengan mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan menghilangkan rasa gatal.

Untuk menggunakannya, campurkan beberapa tetes minyak pohon teh murni dengan sampo biasa. Lalu cuci seperti biasa. Namun pastikan kamu tidak alergi terhadap minyak ini, ya.

4. Soda kue

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda.

Sering digunakan sebagai bahan pembersih alami, baking soda juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi ketombe yang membandel.

Baca Juga -   Cara Menghitung IPK Terbaru 2023 yang Wajib Diketahui Oleh Mahasiswa!

Ia bekerja dengan cara mengeksfoliasi dan mengangkat sel kulit mati, serta mengurangi minyak berlebih di kulit kepala.

5. Cuka sari apel

Manfaat cuka sari apel dalam pengobatan ketombe tercatat dalam penelitian bertajuk Inhibition of growth of a fitopatogenik jamur, spesies Colletotrichum oleh asam asetat, yang diterbitkan dalam Microbiology Research.

Majalah tersebut mengklaim bahwa sifat antijamur pada cuka sari apel dapat mencegah beberapa pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Selain itu, mengandung asam yang dapat membantu mengembalikan pH kulit kepala.

6. Gunakan masker pisang

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya adalah dengan menggunakan buah pisang. Pisang memberikan efek melembapkan dan efektif mencegah kulit kepala kering penyebab ketombe.

Caranya, tumbuk sebuah buah pisang lalu aplikasikan sebagai masker rambut dan kulit kepala.

7. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antijamur yang efektif menghilangkan ketombe. Caranya, tumbuk 1 hingga 2 siung bawang putih lalu campurkan dengan air.

Tambahkan sedikit madu untuk menghilangkan bau bawang yang menyengat. Oleskan ke seluruh kulit kepala lalu bilas.

8. Konsumsi probiotik

Probiotik tidak hanya mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Nutrisi yang dikandungnya juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk melawan infeksi jamur penyebab ketombe.

Baca Juga -   Cara Instal Ulang Windows 7 untuk Pemula, Tanpa Harus Kehilangan Data!

Cara menghilangkan ketombe, kamu bisa mengonsumsi , , kimchi, dan kombucha untuk mengurangi parahnya ketombe. Meski cukup efektif, masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai cara menghilangkan ketombe menggunakan probiotik.

9. sehat, bergizi dan seimbang

Makanan yang dapat mengurangi keparahan ketombe adalah zinc dan vitamin B. Selain itu, asupan omega-3 juga diperlukan untuk meningkatkan nutrisi dan mengurangi peradangan kulit kepala pada penderita ketombe.

10. Masker air lemon

Lemon mengandung semua nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesehatan rambut. Diantaranya vitamin C, asam sitrat, flavonoid dan zat besi. Kandungannya dapat memerangi ketombe dengan menyeimbangkan pH kulit kepala.

11. jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C, B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium dan magnesium. Nutrisi tersebut berperan dalam menghilangkan ketombe dan mendorong pertumbuhan akar rambut.

Caranya: campurkan air jeruk nipis dan air. Gunakan larutan tersebut sebagai masker dan oleskan ke seluruh kulit kepala kamu.

Akhir Kata

Bagaimana, tertarik mencoba cara menghilangkan ketombe di atas?

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…