9 Cara Menghilangkan Mata Panda yang Paling Efektif Agar Tampak Lebih Menawan dan Segar!

RUJUKANNEWS.com – Mata panda merupakan kelainan yang menyebabkan area bawah mata tampak hitam. Cara menghilangkan mata panda ini bisa diatasi dengan kompres dingin, banyak minum

Umam

cara menghilangkan mata panda
9 Cara Menghilangkan Mata Panda yang Paling Efektif Agar Tampak Lebih Menawan dan Segar! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Mata panda merupakan kelainan yang menyebabkan area bawah mata tampak hitam. Cara menghilangkan mata panda ini bisa diatasi dengan kompres dingin, banyak minum air putih, dan krim mata.

Bagaimana Menghilangkan Mata Panda yang Paling Efektif?

cara menghilangkan mata panda
9 yang Paling Efektif Agar Tampak Lebih Menawan dan Segar! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Tidak perlu menggunakan produk yang mahal atau riasan yang tebal, karena kamu bisa mencoba produk perawatan kulit berikut ini sebagai cara menghilangkan mata panda.

Cara Menghilangkan Mata Panda yang Paling Efektif Agar Tampak Lebih Segar

Cara menghilangkan mata panda ini tidak bisa menghilangkan kegelapan di area bawah mata secara permanen.

Langkah terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menghindari penyebabnya. Misalnya saja banyak istirahat dan pertahankan asupan air putih untuk mencegah dehidrasi.

Mata panda seringkali membuat tampilan wajah menjadi kurang segar dan terlihat lebih tua. Risiko terjadinya kelainan ini lebih mungkin terjadi pada orang dengan kelainan hiperpigmentasi periorbital dan pemilik kulit gelap.

Bagi sebagian orang, memakai riasan tebal merupakan cara praktis dan cepat menghilangkan mata panda.

Ketika kebutuhan tidur tidak tercukupi, pembuluh darah di area bawah mata menjadi melebar. Hal ini menyebabkan peningkatan aliran darah.

Ini karena kulit di bawah mata lebih tipis dibandingkan area lainnya. Selain itu, warna gelap yang muncul terjadi akibat peningkatan volume darah di bawah mata.

1. Kompres dingin

Cara menghilangkan mata panda pertama adalah dengan kompres dingin. Caranya adalah dengan membungkus es batu tersebut dengan waslap atau kain bersih dan menempelkannya pada mata kamu.

Sensasi dingin es batu akan membantu meredakan panas dan kelelahan mata. kamu bisa melakukan perawatan ini selama 20 menit setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Memenuhi kebutuhan tidur

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebutkan bahwa kurang tidur dapat memperparah lingkaran hitam.

Tak hanya itu, kebiasaan ini juga membuat kulit tampak pucat sehingga lingkaran hitam di bawah mata semakin terlihat. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan tidur minimal 7 hingga 8 jam setiap harinya.

3. Tinggikan kepala kamu saat kamu tidur

Posisi kepala sejajar dengan tubuh menyebabkan cairan menumpuk di bawah mata. Akibatnya, area tersebut menjadi semakin meradang.

Cara menghilangkan mata panda adalah dengan menambahkan beberapa bantal agar posisi kepala lebih tinggi dari badan agar tidak terjadi pembengkakan.

4. Kompres dengan kantong teh

Cara menghilangkan mata panda selanjutnya adalah dengan kompres teh celup. Pasalnya, teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit.

emudian dinginkan di lemari es selama 15 hingga 20 menit. Tempatkan kantong teh pada mata selama 10 hingga 20 menit.

5. Hindari konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol meningkatkan risiko dehidrasi, yang membuat lingkaran hitam di bawah mata semakin terlihat.

Selain alkohol, perlu juga membatasi asupan kafein baik pada maupun minuman sebelum tidur. Tak heran, kafein bisa membuat kamu tetap terjaga dan sulit tidur di malam hari.

6. Minum banyak air

Cara menghilangkan mata panda yang paling mudah adalah dengan mencukupi asupan cairan dalam tubuh. Asupan ini mungkin berbeda pada setiap orang, namun setidaknya tidak kurang dari 2 liter per hari.

Selain mengurangi mata panda, memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga efektif menunjang kulit, termasuk menjaga elastisitas dan kelembapannya.

Sedangkan bagi tubuh, asupan cairan tidak hanya mencegah dehidrasi, tapi juga membantu pencernaan dan mencegah sembelit.

7. Air mawar

Air mawar tidak hanya wangi tetapi juga menenangkan dan meremajakan kulit. Untuk membantu cara menghilangkan mata panda, bahan alami ini berfungsi sebagai toner kulit.

Menggunakan air mawar sebagai cara menghilangkan mata panda tidaklah sulit. Cukup rendam kapas dalam air mawar, lalu kompres pada area bawah mata selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Untuk hasil maksimal, gunakan cara ini 2 kali sehari. Selain membantu mengecilkan mata panda, pelajari manfaat air mawar untuk wajah lainnya dengan mengklik artikel 10 Manfaat air mawar untuk wajah.

8. Tomat

Tomat kaya akan likopen, zat yang dapat mendukung kesehatan jantung, mata, dan kulit. Senyawa tersebut tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan dan kehalusan kulit, tetapi juga menjadi salah satu cara menghilangkan mata panda secara alami.

Caranya, campurkan tomat dan jus lemon dengan proporsi yang sama. Lalu aplikasikan pada area bawah mata dengan kapas.

9. Gunakan krim mata

Cara menghilangkan mata panda yang terakhir adalah dengan menggunakan krim mata. Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung vitamin K, E, C atau lebih.

Ekstrak daun teh. Bahan-bahan tersebut dapat membantu mengurangi munculnya kerutan pada kulit dan menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata.

Meski begitu, hasilnya tentu tidak bisa langsung terlihat. Biasanya efeknya hanya terlihat setelah menggunakan produk selama beberapa minggu.

Kamu dapat membaca lebih lanjut mengenai krim mata untuk mata panda di artikel Seberapa efektif penggunaan krim mata mengatasi mata panda?

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan mata panda agar wajahmu terlihat lebih fresh. Bila tidak berhasil, kamu dan keluarga dapat memeriksakan diri ke dokter kulit.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post