10 Cara Mengisi Kemerdekaan Bagi Pelajar Indonesia di Era Teknologi Seperti Sekarang Ini!

RUJUKANNEWS.com – Indonesia telah lama merdeka dari penjajahan. Lalu bagaimana cara mengisi kemerdekaan bagi pelajar ini? Selain rajin belajar, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

Umam

cara mengisi kemerdekaan bagi pelajar
10 Cara Mengisi Kemerdekaan Bagi Pelajar Indonesia di Era Teknologi Seperti Sekarang Ini! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Indonesia telah lama merdeka dari penjajahan. Lalu bagaimana cara mengisi kemerdekaan bagi pelajar ini? Selain rajin , kamu bisa mengikuti -cara berikut ini.

Bagaimana Indonesia di Era ?

cara mengisi kemerdekaan bagi pelajar
10 Cara Mengisi Kemerdekaan Bagi Indonesia di Era Teknologi Seperti Sekarang Ini! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Lantas bagaimana generasi muda saat ini mengisi kemerdekaan? Berikut cara mengisi kemerdekaan bagi pelajar yang dapat kamu lakukan untuk memenuhi kemandirian kamu.

Cara Mengisi Kemerdekaan Bagi Pelajar Indonesia

Cara mengisi kemerdekaan bagi pelajar bangsa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, tepat pada tanggal tersebut impian bangsa Indonesia terwujud.

Setelah menempuh perjalanan panjang, bangsa Indonesia mampu bersatu untuk mengusir penjajahan dari tanah airnya.

Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus masyarakat Indonesia selalu merayakannya dengan upacara pengibaran bendera merah putih dan acara-acara seru disekitarnya.

Maka perjuangan ini kini diteruskan oleh generasi muda untuk mempertahankan dan melengkapi kemerdekaan yang telah dicapai dengan susah payah melalui perjuangan para pahlawan yang mempertaruhkan jiwa dan raganya.

1. Layanan masyarakat

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada umumnya dilakukan untuk meningkatkan taraf masyarakat pedesaan. Misalnya memberikan pemeriksaan dan obat-obatan, atau mendidik anak-anak di daerah tersebut.

2. Mendukung Pengembangan Produk Nasional

Sebenarnya mendukung produk lokal juga merupakan cara mengisi kemerdekaan bagi pelajar. Banyak anak muda Indonesia yang merasa lebih bangga ketika memakai produk dari brand ternama dunia.

Secara tidak sengaja, hal ini dapat mematikan pertumbuhan brand lokal yang beberapa di antaranya juga memiliki kualitas produk yang tidak kalah dengan brand luar.

3. Terlibat dalam kemajuan bidang

Aset terbesar suatu negara bukanlah sumber daya alamnya, melainkan sumber daya manusia negara tersebut.

4. Memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia

Padahal, budaya merupakan bagian penting dan tidak bisa dipisahkan dari nama sebuah bangsa. Bahkan kebudayaan dapat dikatakan sebagai sesuatu yang dapat menjadi representasi bangsa dan negara yang bersangkutan.

5. Saling menghormati dan berbagi

Masyarakat Indonesia yang pada dasarnya terdiri dari berbagai suku, ras dan agama sangat membutuhkan rasa saling menghargai.

Jika perbedaan ini tidak diperlakukan dengan saling menghormati, kemerdekaan penuh tidak akan terjadi juga merupakan cara mengisi kemerdekaan bagi pelajar.

6. Belajar dengan giat

Dengan pendidikan mata rantai kemiskinan akan terputus dan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia juga akan berkualitas. Keluarga di Indonesia akan hidup sejahtera dan sejahtera.

7. seni dan kearifan lokal

Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk melestarikan budaya nusantara agar tidak tergerus di tengah derasnya arus .

8. Toleransi terhadap orang lain

Sebelumnya, Indonesia terpecah karena perbedaan pulau dan latar belakang. Situasi ini berlanjut hingga para pemuda bersatu melawan penjajah.

Maka para pemuda membentuk organisasi pergerakan nasional dan mengumpulkan kekuatan untuk mengusir penjajah.

9. Membaca dan melek sejarah Indonesia

Mempelajari sejarah memiliki banyak hal positif yang dapat dimanfaatkan.

10. Lakukan hal-hal positif

Lakukan hal-hal positif yang berdampak baik bagi lingkungan dan masyarakat. Justru hidup sembarangan akan membawa kesengsaraan bagi diri sendiri dan orang lain.

Akhir Kata

Bukankah cukup mudah cara mengisi kemerdekaan bagi pelajar di era sekarang ini? Ayo generasi muda, isi hari-hari kemerdekaan Indonesia ini dengan hal-hal yang positif dan percayalah dengan bebas sesuai kemampuan masing-masing!

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post