10 Cara Mengukur Cincin untuk Pernikahan Supaya Pas di Jari Kelingking!

RUJUKANNEWS.com – Kamu ingin cincin custom tapi tidak tahu cara mengukur cincin jari kamu. Apakah hal-hal ini terjadi pada kamu juga? Sering terjadi saat kamu

Umam

cara mengukur cincin
10 Cara Mengukur Cincin untuk Pernikahan Supaya Pas di Jari Kelingking! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Kamu ingin cincin custom tapi tidak tahu cara mengukur cincin jari kamu. Apakah hal-hal ini terjadi pada kamu juga?

Sering terjadi saat kamu berbelanja cincin sangat sulit menemukan ukuran yang pas. Kalaupun ada yang cocok, eh, modelnya tidak cocok.

Bagaimana untuk Pernikahan Supaya Pas di Jari Kelingking?

cara mengukur cincin
10 Mengukur Cincin untuk Pernikahan Supaya Pas di Jari Kelingking! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Bagaimana kalau membeli cincin secara ? Bahkan lebih sulit untuk menemukan cara mengukur cincin yang tepat karena kamu tidak dapat mencobanya.

Cara Mengukur Cincin untuk Pernikahan

Untuk itulah berikut ini adalah panduan cara mengukur cincin jari untuk cincin sebelum kamu membelinya agar cincin yang kamu beli pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Ayo, simak sampai akhir ya.

1. Siapkan jari-jari kamu

Langkah pertama dalam cara mengukur cincin jari kamu untuk sebuah cincin adalah mempersiapkan jari kamu. Pilih di jari mana kamu ingin memakai cincin, karena setiap jari memiliki diameter yang berbeda.

Dan pastikan juga jari berada di tangan kanan atau tangan kiri, karena meskipun sama-sama jari manis, diameter masing-masing tangan bisa saja berbeda.

Secara umum, jari-jari tangan dominan (kanan jika normal dan kiri jika kidal) akan lebih besar dari jari-jari tangan non-dominan.

2. Gunakan selotip

Cara mudah untuk mengukur jari manis pertama kamu adalah dengan menggunakan selotip. Siapkan selotip dengan diameter sempit seperti contoh di atas. Bungkus pita di sekitar jari yang ingin kamu pakai cincinnya.

Setelah itu, berikan titik acuan (garis) pada dua pita yang bertemu (lihat Langkah 2). Jadikan titik acuan tersebut sebagai acuan ukuran diameter jari kamu. Lepaskan selotip dan gunakan penggaris untuk mengukurnya.

3. Gunakan kertas

Kertas adalah cara mengukur cincin termudah untuk mengukur jari kamu untuk cincin berikutnya. Sama seperti cara menggunakan selotip di atas, siapkan selembar kertas yang agak panjang namun tidak perlu terlalu lebar.

Bungkus kertas di sekitar jari yang ingin kamu ukur. Jangan membungkusnya terlalu kencang atau terlalu longgar, tapi usahakan cari ukuran yang pas dan nyaman.

4. Kertas untuk mengukur cincin

Kalau sudah niat dan punya waktu sedikit lagi, coba buat penggaris dari kertas, yuk. Fungsinya untuk mengukur diameter jari secara langsung dan lebih presisi.

Di atas adalah contoh penggaris kertas. kamu bisa mencari Kertas Ring Sizer di kolom pencarian jika kamu terlalu malas melakukannya sendiri, hehe!

5. Tali

Coba cara mengukur cincin jari kamu untuk dering kelima, yuk. Apakah kamu memiliki tali yang sangat tipis? Manfaatkan kesempatan ini untuk mengukur diameter jari kamu.

Caranya sama seperti di atas, namun kali ini kamu perlu memotong talinya. Setelah dipotong, sejajarkan tali dengan tabel ukuran cincin, lalu lihat ukurannya berapa.

6. Alat Ukuran Jari

Mirip dengan cara nomor 4, ukur jari untuk cincin kali ini menggunakan alat yang juga bisa kamu download templatenya dari .

Cari Finger Sizing Tool di kolom pencarian Google. Nanti akan ada garis dan akan ada peran yang lebih besar. Nanti, jangan lupa buat lubang di kertas yang lebih besar untuk masuk ke tabel ukuran.

7. Bagan Ukuran Cincin

Jika toko yang kamu kunjungi memiliki bagan ukuran cincin, gunakan cincin kamu sebelumnya dengan ukuran yang benar sebagai titik referensi. Tempatkan dan paskan cincin kamu di atas meja, lalu lihat berapa diameter jari kamu.

8. Pengukur jari

Tidak semua toko perhiasan memiliki alat ukur diameter jari seperti ini. Namun, jika kamu memilikinya, kamu dapat menggunakan alat ini untuk pengukuran diameter cincin yang lebih akurat.

9. Langsung ukur cincinnya

Letakkan penggaris di area datar. Pegang cincin kamu pada penggaris dan lihat berapa milimeter diameter cincin kamu. Cara mengukur cincin ini juga cukup akurat untuk dilakukan jika tidak ingin repot.

10. Gunakan meteran kain

Cara terakhir mengukur jari untuk cincin terakhir adalah dengan menggunakan alat pengukur ukuran kain.

Jika ada seseorang di rumah kamu yang tahu cara menjahit, kamu harus memiliki benda ini. Alat ini juga dapat digunakan untuk membantu kamu mengetahui diameter jari kamu sebelum membeli cincin.

Akhir Kata

Ya, itulah 10 cara mengukur cincin jari untuk cincin Kamini. Semoga informasi ini dapat membantu kamu mendapatkan ukuran cincin yang tepat.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post