cara menulis daftar pustaka dari website
5 Cara Menulis Daftar Pustaka dari Website, Makalah, Hingga Video Youtube Terbaru 2023! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

5 Cara Menulis Daftar Pustaka dari Website, Makalah, Hingga Video Youtube Terbaru 2023!

RUJUKANNEWS.com adalah susunan sumber yang digunakan untuk menulis artikel ilmiah, seperti atau jurnal penelitian. Cara menulis daftar pustaka dari website memuat judul dan keterangan terbitan yang disusun berdasarkan abjad.

Dalam penulisan ilmiah, kamu harus mencantumkan referensi yang kamu gunakan, baik itu berasal dari buku, majalah, artikel atau sumber lainnya.

Bagaimana ?

cara menulis daftar pustaka dari website
5 Menulis Daftar Pustaka dari , Makalah, Hingga Youtube Terbaru 2023! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Kumpulan referensi atau sering disebut daftar pustaka merupakan bagian penting dalam sebuah karya ilmiah. Sehingga cara menulis daftar pustaka dari website sangat penting untuk diketahui.

Hal ini dikarenakan daftar pustaka memberikan informasi secara rinci kepada pembaca tentang sumber referensi sehingga pembaca dapat lebih memahami sumber tersebut.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Website Terbaru 2023

Melalui daftar pustaka, pembaca juga dapat memastikan apakah kutipan dan data yang digunakan dalam penelitian dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau tidak.

Penyusunan daftar pustaka atau cara menulis daftar pustaka dari website seringkali membingungkan para penulis, terutama mereka yang masih baru dalam dunia penulisan ilmiah.

Baca Juga -   10 Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word Update Terbaru 2023!

Banyak juga yang menganggap daftar pustaka sama dengan catatan kaki, padahal keduanya merupakan hal yang berbeda.

Pengertian Daftar pustaka

Merujuk pada KBBI, yang dimaksud dengan daftar pustaka adalah daftar yang memuat judul buku, nama pengarang, penerbit, dan lain-lain, yang diletakkan di akhir suatu karangan atau buku dan disusun berdasarkan abjad.

Daftar Pustaka kadang juga disebut dengan referensi, referensi, link atau sumber bibliografi.

Sumber referensi yang tercantum dalam daftar pustaka harus koheren dan relevan dengan karya ilmiah.

Daftar pustaka merupakan salah satu komponen karya ilmiah karena menjadi bukti kredibilitas suatu artikel.

Fungsi Daftar pustaka

Sebelum membahasa cara menulis daftar pustaka dari website, di bawah ini beberapa fungsi penulisan daftar pustaka dalam suatu karya ilmiah:

– Memperkuat argumentasi dalam karya ilmiah.

– Hindari tuduhan plagiarisme.

– Menghargai penulis yang karyanya dijadikan acuan dalam menulis artikel ilmiah.

– Memudahkan peninjauan sumber referensi apabila ingin melakukan koreksi terhadap isi tulisan.

– Membantu pembaca lebih memahami sumber kutipan yang tercantum dalam karya ilmiah.

Baca Juga -   5 Cara Membuat Tahu Gejrot yang Enak dan Tetap Krispi, Ternyata Mudah Sekali lho!

Cara menulis daftar pustaka

Secara umum, cara menulis daftar pustaka dari website urutan sebagai berikut:

1. Nama penulis

Nama penulis muncul pertama kali. Ejaannya diawali dengan nama belakang/belakang, diikuti koma (,). Setelah itu mencantumkan nama tengah penulis (jika ada) dan nama belakang.

2. Tahun terbit

Setelah nama penulis, selanjutnya dicantumkan tahun penerbitan artikel.

Tahun penerbitan buku dapat dilihat pada setelah sampul. Sedangkan tahun terbitnya artikel dan artikel majalah biasanya muncul pada header paling atas.

3. Judul buku atau artikel yang dirujuk

Elemen selanjutnya adalah judul artikel. Tuliskan judul lengkap sesuai dengan yang tertera pada sumbernya, baik berupa buku, artikel majalah, artikel, atau sumber lainnya.

4. Nama penerbit

Setelah mencantumkan judul artikel, cara menulis daftar pustaka dari website sertakan juga pihak yang menerbitkan artikel tersebut.

Nama penerbit buku biasanya ditulis pada sampul depan, sampul belakang, atau pada halaman yang sama dengan tahun terbitnya.

Apabila sumber yang digunakan adalah artikel majalah, tuliskan nama majalah yang menerbitkan artikel tersebut.

Baca Juga -   11 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Agar Tidak Menghitam!

5. Tempat penerbitan/publikasi informasi

Bagian terakhir dari penulisan daftar pustaka adalah informasi publikasi. Informasi ini dapat mencakup tempat penerbitan atau informasi lainnya.

Informasi berupa tempat penerbitan biasanya digunakan untuk sumber berupa buku. Informasinya dapat dilihat pada halaman yang sama pada tahun penerbitan buku tersebut.

Sedangkan informasi publikasi artikel jurnal atau artikel pada umumnya terdiri dari jumlah dan volume artikel terkait, yang informasinya dapat dilihat pada header.

Akhir Kata

Beginilah cara menulis daftar pustaka dari website, buku, artikel majalah, dan artikel.

Untuk aturan penulisan kutipan yang lebih detail, kamu dapat mengunduh panduan penulisan kutipan berdasarkan jenis yang kamu inginkan.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…