5 Cara Menurunkan Darah Tinggi dalam 5 Menit untuk Penderita Penyakit Tersebut!

RUJUKANNEWS.com – Tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi penderitanya bahkan bisa menyebabkan kematian. Latihan otot pernafasan merupakan salah satu cara menurunkan darah tinggi dalam 5

Umam

cara menurunkan darah tinggi dalam 5 menit
5 Cara Menurunkan Darah Tinggi dalam 5 Menit untuk Penderita Penyakit Tersebut! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi penderitanya bahkan bisa menyebabkan kematian. Latihan otot pernafasan merupakan salah satu cara menurunkan darah tinggi dalam 5 menit.

Bagaimana Menurunkan Darah Tinggi dalam 5 Menit?

cara menurunkan darah tinggi dalam 5 menit
5 untuk Penderita Tersebut! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Tekanan darah normalnya adalah 120/80 mmHg. Jika tekanan darah mencapai 130/80 mmHg atau lebih tinggi, kondisi ini termasuk dalam kategori tekanan darah tinggi. Berikut ini  cara menurunkan darah tinggi dalam 5 menit.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini tidak menimbulkan gejala, namun dapat meningkatkan risiko penyakit bawaan, seperti penyakit jantung, stroke, bahkan kematian.

Cara menurunkan tekanan darah dengan cepat

Tekanan darah tinggi terbentuk dari beberapa faktor. Beberapa di antaranya adalah gaya tidak sehat yang mencakup pola makan buruk dan kurang . Kondisi lain seperti diabetes dan juga menyebabkan tekanan darah tinggi.

Tidak usah berlama-lama lagi, yuk simak pembahasan lengkap mengenai  cara menurunkan darah tinggi dalam 5 menit.

1. Latihan otot pernafasan

Hal ini mungkin diremehkan. Namun faktanya  cara menurunkan darah tinggi dalam 5 menit. Metode latihan otot pernapasan ini disebut juga IMST (Inspiratory Muscle Strength Training).

Sementara itu, ini dapat dilakukan sambil bernapas seperti biasa untuk memperkuat diafragma dan otot pernapasan, serta menjaga kesehatan jantung.

2. Pengaturan pola makan

Gula dapat meningkatkan tekanan darah lebih cepat. Sedangkan pengurangan asupan karbohidrat dapat menurunkan tekanan darah diastolik sekitar 5 mmHg dan tekanan darah sistolik sebesar 3 mmHg setelah 6 bulan.

3. Rutin berolahraga

Olahraga yang dianjurkan untuk  cara menurunkan darah tinggi dalam 5 menit adalah jalan kaki, bersepeda, berenang, dan yoga. Kegiatan ini bisa dilakukan 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

Jika kamu sudah lama tidak berolahraga, cobalah melakukannya secara bertahap. Hal ini untuk menghindari cedera.

4. Menjaga berat badan ideal

Seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas dapat memberikan tekanan lebih besar pada arteri. Dampaknya akan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

5. Batasi asupan garam

Cara menurunkan darah tinggi dalam 5 menit lain yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi konsumsi garam (natrium), baik itu garam pada , snack, makanan kaleng, maupun minuman bersoda.

Jika jumlah natrium dalam tubuh berlebihan, maka tekanan darah akan meningkat. Oleh karena itu, penderita darah tinggi dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam atau mengikuti diet rendah garam.

Pada tubuh orang dewasa hanya dianjurkan mengonsumsi natrium antara 1500 hingga 2000 mg per hari.

Akhir Kata

Berikut beberapa  cara menurunkan darah tinggi dalam 5 menit. Pastikan untuk melakukan semua cara tersebut agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari hipertensi dan komplikasinya.

Ada baiknya melakukan semua hal ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post