12 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami, Cegah Diabetes Mulai Dini!

RUJUKANNEWS.com – Ada beberapa cara menurunkan gula darah tinggi secara alami. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga secara teratur untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Bagaimana Cara

Umam

cara menurunkan gula darah tinggi secara alami
12 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami, Cegah Diabetes Mulai Dini! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Ada beberapa cara menurunkan gula darah tinggi secara alami. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga secara teratur untuk meningkatkan sensitivitas insulin.

Bagaimana ?

cara menurunkan gula darah tinggi secara alami
12 Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami, Cegah Diabetes Mulai Dini! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Mengetahui cara menurunkan gula darah tinggi secara alami itu penting, terutama bagi orang yang berisiko terkena diabetes. Tujuannya untuk mengontrol kadar glukosa darah, sehingga kamu bisa mencegah risiko diabetes sejak dini.

Cegah Diabetes, Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami

Ada sejumlah faktor yang bisa memicu tingginya kadar gula darah. Salah satunya adalah yang tidak sehat. Saat kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh sedang tinggi, kondisi ini sebaiknya tidak kamu anggap remeh.

Ada beberapa cara menurunkan gula darah tinggi secara alami dan aman, di antaranya:

1. Berolahraga secara teratur

Ini dapat membantu menurunkan kadar glukosa. Oleh karena itu, usahakan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari.

Selain itu, teratur juga dapat membantu menurunkan berat badan. Nah, menjaga berat badan ideal merupakan salah satu hal penting bagi penderita diabetes yang mengalami .

Karena berat badan ideal bisa membuat kadar gula darah lebih stabil dan mudah turun.

2. Kelola asupan karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber utama glukosa yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi rendah karbohidrat dapat membantu cara menurunkan gula darah tinggi secara alami.

Misalnya, karbohidrat bertepung seperti kentang goreng, tawar, dan kue.

3. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat

Selain itu, cara menurunkan gula darah mungkin dengan menambah asupan serat. Ada dua jenis serat, yaitu larut dan tidak larut, yang memiliki manfaat bagi penderita gula darah tinggi atau penderita diabetes.

4. Minum banyak air

Minum cukup air dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat. Maka dari itulah cara menurunkan gula darah tinggi secara alami dengan mengkonsi banyak air putih.

5. Tangani stres dengan baik

Sebab, saat seseorang mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon glukagon dan kortisol. Kedua hormon tersebut dapat meningkatkan kadar glukosa darah dalam tubuh.

6. Tidur yang cukup dan berkualitas

Selain itu, salah satu cara menurunkan gula darah tinggi secara alami adalah dengan memastikan tidur yang cukup dan berkualitas.

7. Hindari melewatkan makan

Cara alami menurunkan gula darah yang juga aman adalah dengan menghindari kebiasaan melewatkan makan. Ini karena melewatkan makan dapat menyebabkan kadar gula darah kamu melonjak pada waktu makan berikutnya.

8. Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah

Indeks glikemik (GI) merupakan indikator seberapa cepat atau lambat unsur karbohidrat dalam makanan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Jika suatu makanan memiliki indeks glikemik rendah, tidak menyebabkan kadar gula darah cepat naik.

9. Mengontrol kadar gula darah dengan baik

Cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang tak kalah penting adalah memantau kadar gula darah secara rutin.

Dengan cara ini, penyesuaian atau perawatan dapat segera dilakukan sebelum komplikasi berkembang.

10. Konsumsi makanan kaya magnesium

Nah, cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengonsumsi makanan kaya magnesium. Ini karena magnesium telah terbukti bermanfaat untuk kadar glukosa darah.

11. Menambahkan bahan makanan tertentu

Beberapa makanan yang diyakini para ahli memiliki efek antidiabetes antara lain:

cuka sari apel menurut penelitian, bahan ini dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara menunda pengosongan perut setelah makan.

12. Menjaga berat badan ideal

Obesitas dan berat badan berlebih bisa membuat gula darah sulit dikendalikan.

Selain itu, kamu juga harus menjaga berat badan ideal agar kadar gula darah lebih mudah turun dan tetap stabil pada kadar normal.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara menurunkan gula darah tinggi secara alami dengan cara sehat dan mencegah diabetes. Mulai dari berolahraga secara rutin hingga menambahkan bahan-bahan tertentu pada makanan.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post