5 Cara Menyembuhkan Sariawan yang Aman dari Bahan Alami!

RUJUKANNEWS.com – Ada banyak cara menyembuhkan sariawan di lidah yang bisa dilakukan di rumah. Perawatannya juga bisa menggunakan bahan alami atau obat-obatan yang dibeli di

Umam

cara menyembuhkan sariawan
5 Cara Menyembuhkan Sariawan yang Aman dari Bahan Alami! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Ada banyak cara menyembuhkan sariawan di lidah yang bisa dilakukan di rumah. Perawatannya juga bisa menggunakan bahan alami atau obat-obatan yang dibeli di apotek.

Sariawan di lidah bisa menyerang siapa saja dengan gejala yang sangat tidak nyaman. Pasalnya, kelainan ini menimbulkan rasa sakit sehingga membuat kamu sulit berbicara dan makan.

Bagaimana yang Aman dari Bahan Alami?

cara menyembuhkan sariawan
5 Menyembuhkan Sariawan yang Aman dari Bahan Alami! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Kamu bisa menggunakan beberapa metode alternatif untuk mengobati sariawan. Langkah-langkah ini juga dapat mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat sariawan. Berikut cara menyembuhkan sariawan di lidah yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Berkumurlah dengan air garam

Garam mempunyai khasiat untuk meredakan sariawan.

Aduk air garam hingga larut. Lalu, berkumurlah dengan air garam hingga seluruh rongga mulut lembab.

Setelah itu, buang air tersebut dari mulut kamu. Ada baiknya untuk tidak makan atau minum untuk sementara waktu agar air garam bereaksi dengan luka.

2. Kompres es batu

Jika rasa sakitnya cukup mengganggu, cara menyembuhkan sariawan cobalah mengompres bagian sariawan dengan es batu. Diamkan beberapa saat hingga nyeri mereda.

Jika tidak mempunyai es batu, kamu bisa menggantinya dengan berkumur menggunakan air dingin. Cara ini juga cukup efektif dalam meredakan nyeri akibat sariawan.

3. Minum banyak air

Air mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Selain membantu proses pencernaan, minum air putih juga dapat mencegah mulut kering dan cara menyembuhkan sariawan.

Usahakan memilih air mineral alkaline dengan kadar pH normal. Air ini mampu menetralkan kondisi asam tubuh akibat konsumsi asam dan pedas.

4. Kompres dengan teh celup

Dipercaya bahwa ada cara menyembuhkan sariawan unik untuk mengobati sariawan: dengan menggunakan teh celup. Daun teh dipercaya mampu melawan peradangan dan menetralkan asam di mulut.

Kamu hanya perlu memasukkan kantong teh ke dalam tempat minum dan membiarkannya selama beberapa menit. Ulangi langkah yang sama setiap hari hingga sariawan hilang.

5. Berkumurlah dengan obat kumur

Sebenarnya obat kumur digunakan untuk menjaga nafas tetap harum. Selain itu, beberapa produk obat kumur mengandung hidrogen peroksida yang dapat mempercepat penyembuhan sariawan. kamu hanya perlu berkumur setelah menyikat gigi.

Akhir Kata

Karena cara menyembuhkan sariawan sangat mudah, maka coba paraktekkan sendiri ya. Namun, ada kalanya sariawan cukup mengganggu hingga membuat kamu sulit berbicara, makan, atau minum.

Jika memang demikian, cobalah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Begitu pula jika sariawan di lidah disertai dengan pendarahan.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post