10 Cara Meredakan Sakit Gigi dari Bahan Alami!

RUJUKANNEWS.com – Kamu harus berobat ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Tetapi sebelum pergi ke dokter, kamu dapat mencoba beberapa cara meredakan sakit gigi

Umam

cara meredakan sakit gigi
10 Cara Meredakan Sakit Gigi dari Bahan Alami! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Kamu harus berobat ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Tetapi sebelum pergi ke dokter, kamu dapat mencoba beberapa cara meredakan sakit gigi untuk menghilangkan rasa sakit sebelum pergi ke dokter.

Bagaimana Meredakan Sakit Gigi?

cara meredakan sakit gigi
10 dari Bahan Alami! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Paling sering dan paling sering terjadi adalah sakit gigi akibat iritasi saraf di akar gigi. Untuk itulah ada beberapa cara meredakan sakit gigi yang terbukti ampuh.

Cara Meredakan Sakit Gigi dari Bahan Alami

Banyak obat sakit gigi alami dan cara meredakan sakit gigi bekerja untuk meredakan peradangan di mulut, membunuh berbahaya, dan bertindak sebagai agen mati rasa.

Namun perlu diperhatikan bahwa pengobatan dengan bahan yang dan alami tidak bisa diterapkan pada semua jenis sakit gigi.

Misalnya kerusakan gigi permanen harus segera ditangani oleh dokter karena dapat menjalar ke saraf yang menimbulkan kepekaan terhadap panas dan dingin. Jika dibiarkan, itu bisa berubah menjadi sakit gigi yang hebat dan berdenyut.

Paling Ampuh

Pengobatan rumahan yang sederhana dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan sebelum pergi ke dokter.

Cara ini dibuktikan oleh beberapa orang efektif untuk sakit gigi ringan yang tidak disebabkan oleh kondisi yang parah.

Apa saja bahan alami yang dapat mengobati sakit gigi dan cara meredakan sakit gigi dengan cepat dan terbukti dapat meredakan nyeri? Berikut ulasannya!

1. Es

Mengoleskan es batu pada area gigi yang sakit dapat membantu meredakan nyeri. kamu bisa menggunakan cara tersebut dengan membungkus es batu dengan handuk dan mengompres area yang sakit.

Kompres selama 15 menit setiap kali. kamu juga bisa berkumur dengan air es selama beberapa detik. Harus diperhatikan jangan sampai menghancurkan es batu karena dapat merusak gigi.

2. Air asin

Cara meredakan sakit gigi menggunakan air garam mengandung disinfektan alami sehingga dapat mengobati infeksi dan mengurangi peradangan.

Untuk melakukan ini, campurkan air hangat dengan satu sendok teh garam lalu gunakan sebagai obat kumur.

Selain zat yang terkandung dalam garam yang dapat menyembuhkan, berkumur dengan air garam juga dapat menghilangkan sisa yang menempel di gigi.

3. Hidrogen peroksida

Kamu bisa menggunakan larutan 2:1 dari campuran air dan hidrogen peroksida untuk mengobati sakit gigi.

Tapi jangan ditelan, gunakan saja untuk berkumur.

4. Kantong teh

Meski dimanfaatkan, ternyata teh celup bisa dimanfaatkan sebagai obat. kamu bisa meletakkan kantong teh bekas pada bagian gigi yang sakit.

Akan lebih bagus jika kantong teh mint karena memiliki zat yang dapat melawan bakteri. Hanya karena teh dapat menodai gigi kamu, jangan terlalu sering menggunakannya.

5. Anti septik

Cengkih mengandung zat yang dapat meredakan sakit gigi. Cengkeh bersifat antiseptik, yang membantu mengurangi peradangan.

Sebagai obat, kamu bisa menggunakan minyak cengkeh. Ini dilakukan dengan mengoleskannya pada gigi yang sakit atau dengan menjatuhkannya ke kapas lalu menekannya ke gigi yang sakit.

6. Ekstrak vanila

Vanila memiliki sifat antiinflamasi alami yang dapat meredakan nyeri. Kamu bisa menggunakan vanilla langsung atau menggunakan kapas untuk mengoleskannya pada area gigi yang sakit.

7. Minyak timi

Minyak thyme dapat digunakan sebagai obat kumur atau dioleskan pada gigi yang sakit. Caranya adalah dengan memasukkan minyak thyme ke dalam segelas air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

Sementara itu, kamu bisa mengoleskannya langsung pada gigi dengan mengencerkan minyak thyme dengan air, gunakan kapas untuk mengoleskannya pada gigi.

8. Daun jambu biji

Daun biji bambu juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi karena memiliki sifat antiradang dan antimikroba yang dapat menenangkan dan cara meredakan sakit gigi.

Daun biji jambu biji dapat dimanfaatkan dengan cara dibuat teh sebagai obat kumur. Atau bisa juga dikunyah langsung.

9. Rumput gandum

Wheatgrass sangat baik untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Gunakan seperti jus rumput gandum sebagai obat kumur setiap hari.

10. Bawang putih

Bumbu dapur yang mudah ditemukan dan aman ini dapat melawan bakteri dan merupakan pereda nyeri yang baik.

Kamu bisa mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan ke gigi yang sakit atau bahkan mengunyahnya langsung.

Cara lain, kamu juga bisa menggunakan minyak bawang putih yang diteteskan pada kapas lalu dioleskan pada gigi yang sakit.

Akhir Kata

Meski cara meredakan sakit gigi di atas dapat meredakan sakit gigi dengan cepat, namun sebaiknya tidak dianggap sebagai pengganti pengobatan medis.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post