4 Cara Merekam Layar Laptop Windows 11 yang Mudah dan Simple, Bisa Menggunakan Extension Saja!

RUJUKANNEWS.com – Cara merekam layar laptop Windows 11 atau screen recorder laptop bisa dilakukan dengan beberapa cara. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi atau

Umam

cara merekam layar laptop Windows 11
4 Cara Merekam Layar Laptop Windows 11 yang Mudah dan Simple, Bisa Menggunakan Extension Saja! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.comCara merekam layar laptop Windows 11 atau screen recorder bisa dilakukan dengan beberapa . Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan atau tanpa menggunakan aplikasi.

Meski berbeda secara teknis, umumnya semua cara merekam layar laptop ini bisa dilakukan dengan mudah. Dapat disesuaikan dengan laptop yang digunakan.

Bagaimana yang Mudah dan Simple?

cara merekam layar laptop Windows 11
4 Cara Merekam Layar Laptop Windows 11 yang Mudah dan Simple, Bisa Menggunakan Extension Saja! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Dengan cara merekam layar laptop Windows 11 ini kamu dapat mengambil , meninjau aplikasi atau fitur di Windows, dan bahkan melakukan siaran langsung saat kamu bermain.

Cara Merekam Layar Laptop Windows 11

Bagi yang penasaran, kami akan membahas cara merekam layar laptop Windows 11 dengan mudah, baik dengan atau tanpa aplikasi.

Cara merekam layar laptop

Berikut beberapa cara merekam layar laptop Windows 11 kamu.

1. Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi

Sebelum Windows 10, merekam layar laptop atau menggunakan screen recorder laptop cukup sulit. Dimana kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merekam yang ada di layar laptop atau PC.

Nah setelah hadirnya Windows 10, Microsoft menghadirkan fitur baru bernama Xbox Bar. Fitur ini memungkinkan kamu merekam layar laptop tanpa harus menginstal aplikasi perekam layar.

Hanya dengan beberapa klik saja, hasil rekaman layar sudah tersimpan ke laptop.

Berikut cara mengaktifkan menu Game Bar:

– Masuk ke menu ‘Pengaturan' dengan menekan menu ‘Windows' > ‘Pengaturan'

– Temukan dan pilih menu ‘Game'

– Pilih menu ‘Game Bar' lalu aktifkan (On)

– Jika Game Bar sudah aktif, sekarang saatnya merekam.

– Untuk berhenti merekam, klik tombol kotak hijau

– Selesai. Untuk melihat hasil perekaman video di layar, kamu bisa masuk ke folder Video > Captures.

2. Cara Merekam Layar Laptop dengan Ekstensi

Cara merekam layar laptop Windows 11 lain untuk merekam layar laptop adalah dengan menambahkan ekstensi. Cara ini khusus menggunakan browser Chrome.

Dari sekian banyak ekstensi perekaman layar laptop, kami merekomendasikan Awesome Screenshot & Screen Recorder. Berikut cara menambahkannya ke Chrome:

– Buka Chrome dan buka Toko Web Chrome

– Pada kolom “Search”, ketikkan “Awesome Screenshot & Screen Recorder” lalu klik

– Klik “Tambahkan ke Chrome” dan kemudian klik “Tambahkan Ekstensi.”

– Kemudian klik ‘ekstensi' di pojok kanan atas

– Cari ‘Tangkapan Layar & Perekam Layar Luar Biasa' dan aktifkan ‘Pin'

– Kemudian kamu bisa mulai merekam layar laptop.

3. OBS Studio

OBS Studio merupakan salah satu aplikasi perekam layar laptop yang banyak digunakan. Selain cara merekam layar yang sederhana, hasilnya juga bisa langsung dibagikan ke YouTube, DailyMotion, dan lain-lain.

Namun sebelum merekam, pastikan kamu sudah mendownload dan menginstal aplikasi OBS Studio di laptop kamu. Setelah terinstal, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

– Buka aplikasi OBS Studio

– Pilih tombol ‘+' di menu ‘Sumber' di bilah bawah

– Pilih ‘Screenshot' lalu ketikkan judul sesuai keinginan

– Untuk merekam layar, klik ‘Mulai Merekam'

– Untuk berhenti merekam, klik “Berhenti Merekam”.

– Hasil rekaman sudah disimpan ke laptop.

Bagi yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini mungkin akan merasa sedikit bingung karena banyak fitur yang disediakan. Namun jika kamu hanya ingin merekam layar laptop saja, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas.

Atau kamu juga dapat menjelajahi semua fitur dan menu aplikasi ini.

4. Cara Merekam Layar Laptop dengan Cam Gratis

Satu hal yang bisa kamu coba dengan cara merekam layar laptop Windows 11 adalah aplikasi Free Cam. Aplikasi ini gratis untuk diunduh dan memiliki fitur yang mudah digunakan.

– Pilih area yang ingin direkam (bisa total atau sebagian)

– Kemudian cukup klik ‘Mulai Merekam'

– Jika sudah selesai merekam, klik “Selesai”.

Akhir Kata

Ini adalah bagaimana kamu dapat merekam layar laptop atau perekam layar. Cara merekam layar laptop Windows 11 ini cukup sederhana bagi yang tidak ingin ribet. Selamat mencoba.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari baju, barang elektronik, dan yang lainnya, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Shopee).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post