Mengenal Domain Gratis dan 5 Situs Penyedia Domain Gratisan

domain gratis
Foto: Freepik/stories

Domain gratis tentunya menjadi impian bagi setiap web developer karena tak perlu mengeluarkan bujet atau biaya yang besar untuk membeli sebuah domain yang diinginkan.

Terlebih, bagi pembuat website yang dari segi budgetnya memiliki keterbatasan. Sehingga domain free ini bisa dijadikan solusi untuk kebutuhan pembuat website, karena seperti diketahui domain menjadi salah satu syarat penting dalam sebuah website.

Mengenal Domain Gratis

Pada dasarnya ada banyak sekali domain yang tersebar di internet, baik yang gratis maupun yang sifatnya berbayar dengan harga yang bervariasi mulai dari domain bebas bayar hingga domain yang memiliki nilai tinggi.

Nah, opsi domain bebas bayar ini tentu menjadi pilihan utama selain domain dengan harga yang murah. Namun, harus diperhatikan juga bahwa pada dasarnya, ada beberapa kekurangan yang akan didapatkan ketika kamu memutuskan untuk menggunakan domain tanpa harus membelinya ini. Salah satu kekurangan itu adalah nama domainnya tidak terlalu populer.

Meski demikian, kamu tetap bisa menjadikan domain gratis tersebut untuk menampilkan website yang kamu buat bahkan bisa menunjukkan karakter kamu sebagai pembuat website.

Baca Juga -   Samsung Z Flip 4 5G, Era Gadget dan Inovasinya di Tahun 2022

Dan, domain gratis ini sebenarnya sangat cocok digunakan oleh pemula, sebagai proses pembelajaran bagaimana membangun sebuah website mulai dari yang sederhana sampai website yang bersifat profesional sekalipun.

Daftar Penyedia Jasa Domain Gratis

Banyak penyedia jasa layanan domain free yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat sebuah website, namun dari sekian banyak itu, hanya sedikit yang terpercaya dan dianggap sedikit memiliki keunggulan, berikut beberapa diantaranya:

Biz.nf

Biz.nf adalah salah satu fasilitator hosting dan domain website gratis yang memungkinkan kamu untuk mendaftarkan domain tak berbayar dengan ekstensi domain .co.nf.

Biz.nf sendiri telah menjalankan bisnis sejak tahun 2008. Mereka menawarkan layanan hosting yang ramah dan mudah digunakan sehingga cocok untuk digunakan pemula.

Freenom

Selain itu, ada juga Freenom untuk mendapatkan domain gratis. Lewat aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan berbagai macam ekstensi domain seperti .tk, .ml, .ga, .cf, dan .gq.

Penyedia domain ini Freenom menggunakan ektensi domain jenis .tk yang merupakan nama domain untuk pulau kecil bernama Tokelau, sebuah negara kecil dengan jumlah penduduk sekitar 1.500 jiwa.

Baca Juga -   Pengertian Intranet, Sejarah dan Manfaat Intranet

Freenom juga menjadi penyedia domain gratis terbesar di urutan kelima tingkat dunia yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat website secara gratis tanpa harus khawatir website kamu mengalami gangguan atau yang lainnya.

Dot.tk

Dot.tk adalah sebuah perusahaan yang berbasis di pulau Tokelau, sama seperti halnya Freenom, dan menyediakan domain gratis dengan ekstensi .tk.

Dot.tk sendiri telah menyediakan domain .tk gratis sejak tahun 2001 silam sampai dengan saat ini. Akan tetapi, ada kecenderungan jika domain dari dot.tk ini diketahui memiliki server yang kinerjanya cukup lambat.

TMD Hosting

TMD Hosting merupakan salah satu industri penyedia domain gratis veteran. Pembekal domain satu ini unggul dalam hal kecepatan, keandalan, dan yang keamanan.

Tak hanya menyediakan domain gratis, TMD Hosting juga menyediakan beberapa paket hosting yang bisa kamu gunakan untuk website yang kamu buat.

Biz.ly

Biz.ly menyediakan domain gratis yang sangat singkat dengan domain .biz.ly yang berarti bisnis. Biz.ly sendiri telah menyediakan layanan domain gratis sejak tahun 2002. Layanan mereka terbilang cukup sederhana, sehingga bisa digunakan bagi kamu yang masih pemula.

Baca Juga -   Update Terbaru! 7 Cara Mengubah Opsi Pengiriman Di Shopee yang Wajib Kalian Ketahui!

Ekstensi domain ini juga kerap digunakan untuk mempersingkat alamat domain, yang banyak dimanfaatkan untuk mengubah alamat domain dan biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan namun bersifat sementara.