7 Istilah dalam Trading Emas, Wajib Tahu!

Mencoba trading dengan instrumen emas memang bisa menjadi salah satu inovasi untuk generasi muda saat ini. Sayangnya, masih banyak calon trader yang sama tidak tahu

Rianda

istilah dalam trading emas

Mencoba dengan instrumen memang bisa menjadi salah satu inovasi untuk generasi muda saat ini. Sayangnya, masih banyak calon trader yang sama tidak tahu mengenai apa saja istilah dalam .

Mengenali apa saja istilah yang ada dalam trading emas bisa menjadi sebuah pengantar yang tepat. Sebelum mencoba langsung interaksi dalam trading emas tersebut, simak beberapa istilah yang penting di sini:

1.  COMEX

Pertama, ada sebuah , yang disebut COMEX. Istilah ini berkaitan dengan bursa perdagangan yang biasanya berbasis di luar negeri, tepatnya New York dan disebut juga dengan NYMEX.

Istilah COMEX ini biasanya nanti menjual banyak komoditas yang menarik mulai perak sampai komoditas tembaga. Selain itu, istilahnya berkaitan erat dengan LME sebuah bursa perdagangan yang basisnya ada di kota London, Inggris.

2.  GRADE

Kemudian ada istilah yang kedua, yang dikenal dengan nama GRADE. Istilah ini memang bisa diartikan secara , sebagai kata “peringkat”. Peringkat yang dimaksudkan ini berkaitan dengan tingkat kualitas dari barang atau komoditas.

Kualitas dari komoditas yang ada tersebut biasanya akan dicek dalam jangka waktu yang memang lama. Bentuk komoditas yang dimaksudkan pun bisa bervariasi, mulai dari perak hingga emas sesuai dengan transaksi masing-masing.

3. KARAT

Tak kalah penting dari emas yang lainnya, istilah karat juga perlu diperhatikan. Istilah karat ini bisa diartikan sebagai sebuah satuan yang biasanya dipakai untuk menghitung kemurnian dari komoditas emas.

Biasanya ada nilai tertinggi dari karat, yang berhenti di angka 24. Nantinya angka tersebut berarti bahwa emas tersebut memiliki kemurnian yang mutlak alias tidak ada campuran. Selain angka 24, ada juga emas dengan karat 22 dan 18.

4.  Troy Ounce

Selanjutnya, ada sebuah istilah lainnya, yang dikenal dengan Troy Ounce. Biasanya istilah ini berkaitan dengan pasar emas yang diadakan secara dengan saturan berat yang sama.

Biasanya satu troy ounce sendiri dianggap setara dengan angka 31,1 gram sesuai dengan transaksi yang dilakukan. Komoditas yang digunakan di sini pun tak terbatas pada emas namun juga logam mulia yang lainnya.

5. Bullion

Ada sebuah istilah dalam trading emas yang lainnya, yaitu Bullion. Istilah ini biasanya digunakan oleh para trader untuk menyebut emas dengan kadar kemurnian yang hampir sempurna atau sekitar 99 persen.

Untuk bentuknya sendiri, bullion sendiri lebih seperti emas batangan atau mungkin bentuk lainnya, misalnya koin. Bentuk yang relatif pun bisa membuat bullion menjadi cadangan dari emas yang tepat saat ada transaksi.

6. Standard Ounce

Mirip dengan istilah Troy Ounce, istilah Standard Ounce jangan dilewatkan. Istilah yang keenam ini biasanya digunakan untuk mengukur massa yang dimiliki oleh sebuah benda, termasuk juga dengan logam mulia.

Dikenal juga dengan nama Ons, satuan ini biasanya digunakan bersamaan dengan Troy Ounce yang dijelaskan sebelumnya. Hanya saja, biasanya untuk Standard Ounce, ukurannya jauh lebih kecil, sebatas dengan 28,35 gram saja.

7. Dinar dan Dirham

Jangan sampai terlewatkan pula, ada istilah penting lainnya dalam trading emas, yaitu Dinar dan Dirham. Biasanya dua istilah ini ada untuk menjadi perwakilan dari mata uang Romawi dan Persia di masa lampau.

Misalnya saja, untuk dinar, akan diartikan sebagai uang emas dengan berat sekitar 4,58 gram. Sementara itu, beda halnya dengan Dirham, yang mewakili sebuah perak murni, dengan berat yang mencapai 2975 gram.

Itulah beberapa contoh dari istilah dalam trading emas yang penting dan tentu saja wajib untuk diketahui. Mulai dari yang berkaitan dengan satuan dari emas hingga pada mata uang emas yang disediakan.

Related Post