blogger g8852586b8 1280

Istilah-Istilah Dalam Dunia Blogging Yang Harus Diketahui

Kali ini saya akan menuliskan mengenai istilah didalam dunia , khususnya yang ada hubungannya dengan kemajuan blog. Mengenal istilah di dunia blogging memang harus kita coba, karena ini demi kemajuan kita juga sebagai seorang .

Beberapa Istilah di dalam dunia Blogging.

1. .

Istilah yang pertama adalah backlink, dimana backlink merupakan sebuah link dari suatu halaman blog yang menuju ke halaman blog lainnya. Tujuan dari backlink adalah untuk meningkatkan nilai SERP (Search Engine Result Page) dari suatu blog.

Jadi kalau ingin blog kita masuk , salah satu yang dapat kita lakukan adalah mencari Backlink yang bekualitas.

2. Blogwalking.

Blogwalking merupakan istilah yang diberikan untuk kegiatan saling mengunjungi blog sesama blogger. Artinya jika anda punya teman blogger, anda berkunjung ke blognya mereka lalu meninggalkan komentar.

Teman blogger anda tersebut tau bahwa anda yang berkomentar diblognya, lalu dia berkunjung balik ke blog anda. Maka hal yang demikian inilah dinamakan dengan blogwalking.

3. Tehnik .

SEO merupakan sebuah tehnik dimana agar sebuah halaman blog khususnya artikel dapat berada dihalaman pertama search engine. Misalnya agar artikel ini “Beberapa Istilah didalam Dunia Blogger” dapat nongol di halaman pertama Google, maka diperlukanlah tehnik SEO.

Baca Juga -   Enak dan Gurih! 5 Cara Membuat Resep Bakso Aci yang Cocok Untuk Camilan Buka Puasa!

Dan pembahasan mengenai SEO ini sangat luas, namun untuk pembagian dari SEO itu ada 2 jenis, yaitu SEO onpage dengan SEO offpage Dimana kedua tehnik seo tersebu saling berkaitan.

4. Rewritte.

Rewrite merupakan istilah yang digunakan kepada seorang blogger yang menulis artikel dengan mencari sumber referensi di blog orang lain. Hal ini biasanya terjadi karena pemilik blog kehabisan ide untuk menulis artikel, namun tuntutan untuk update artikel itu ada.

Jadinya agar blog tetap terupdate artikelnya, walaupun tidak ada ide menulis, maka Tehnik Rewrite inilah digunakan.

Apa Rewrite boleh?

Tentu saja boleh, asal bukan COPAS.

5. Broken Link.

Broken link atau link rusak merupakan sebuah link/tautan yang terpasang di dalam artikel namun tidak dapat di akses oleh pengunjung. Sehingga terjadi error 404, jika di biarkan hal ini akan berpengaruh buruk terhadap blog kita.

6. SEO Friendly.

Jika diatas dikatakan tehnik seo, ada juga kaitannya dengan seo friendly, dimana artinya adalah ramah dengan SEO. Biasanya pembahasan SEO friendly itu lebih dominan mengarah ke Pemilihan Template blog.

Agar blog disukai oleh Search Engine maka pemilihan template blog itu harus sesuai dan baik.

Baca Juga -   Red Magic 7S Pro Bumblebee Edition, HP Super Keren dari Red Magic

7. Favicon.

Favicon merupakan gambar, icon, logo dari sebuah halaman blog yang muncul di addres bar browser. Favicon ini sangat berguna untuk memberikan nilai tarik yang bagik.

8. Permalink

Permalink merupakan link permanen dari sebuah artikel, misalnya https://www.rujukannews.com/judul-artikel/.

9. Redirect

Redirect adalah upaya pengalihan halaman tujuan, biasanya karena blog sedang perbaikan, atau mengganti baru.

10. RSS

Really Simple Syndication merupakan alat untuk pengunjung blog dapat berlangganan dengan blog yang kita miliki.

11. Visitor.

Visitor adalah orang yang berkunjung ke blog kita, misalnya nih anda sedang memabaca artikel ini, anda bisa disebut sebagai visitor blog ini.

12. Page view

Page view adalah jumlah halaman yang dibuka/ dikunjungi oleh visitor blog kita. Misalnya anda sedang buka halaman ini, terus anda buka lagi artikel lainnya. Itulah yang disebut dengan page view.

13.  Footer

Footer adalah bagian bawah (kaki) dari halaman blog. Biasanya footer ini digunakan untuk menaruh teks dan link copyright tersebut.

14. Control Management System

CMS adalah sebuah software untuk mengelola sebuah halaman website atau blog, misalnya blogspot, wordpress, jomla, dan banyak lagi.

15. Niche

Niche adalah topik pembahasan utama dari sebuah blog. Misalnya anda punya blog yang isi artikelnya membahas tentang Komputer saja, bisa dibilang Niche blog anda adalah Komputer.

Baca Juga -   Kode Redeem FF 2022, Klaim Skin Keren dan Hadiah Menarik Lainnya Sekarang Juga!

16. SERP

SERP adalah Search Engine Result Page, atau bisa dikatakan hasil halaman di search engine. Misalnya anda lagi nyari pengertian apa gitu di Google, dan muncul web orang lain. Nah hasilnya itulah yang dikatakan dengan SERP.

17. Sandbox

Google sandbox adalah peraturan yang dibuat oleh Google, dimana blog yang terkena Google sandbox tidak akan muncul di hasil pencarian.

18. Keyword Stuffing

Keywords Stuffing merupakan pengulangan kata kunci didalam artikel secara berlebihan, misalnya kata kunci saya Istilah didalam dunia blogging. Saya ulangi itu terus-menerus didalam artikel.

19. Traffic

Traffic merupakan istilah yang diberikan untuk lalu lintas yang terjadi di dalam sebuah blog, misalnya jumlah pengunjung (visitor), dan komentar. seperti itulah yang bisa kita sebut dengan Traffic. Semakin banyak traffic blog, maka semakin bagus blog tersebut, bahkan saat traffic blog tinggi, blog akan lebih mudah untuk mendulang pundi-pundi rupiah dari iklan.

Penutup

 

Nah demikianlah beberapa istilah dalam dunia blogging yang dapat saya bagikan, sekiranya anda ada pertanyaan seputar blogging, bisa banget tanya di blog ini.