Kelezatan Nasi Goreng Hongkong dengan Citarasa Aromatik Nomor 1

Awalnya nasi goreng menjadi kuliner asli masyarakat Tionghoa sejak dulu hingga akhirnya dikenal dengan varian lain yakni nasi goreng Hongkong. Ide membuat nasi goreng ini

Syadir

kelezatan nasi goreng hongkong
Foto: Freepik/Jcomp

Awalnya menjadi asli masyarakat Tionghoa sejak dulu hingga akhirnya dikenal dengan varian lain yakni . Ide membuat nasi goreng ini tercipta karena karakter masyarakat Tionghoa yang cenderung tidak menyukai masakan atau hidangan dingin.

Hal ini juga berlaku untuk nasi yang sudah terlanjur dingin, masyarakat Tionghoa kemudian memodifikasinya menjadi nasi goreng hingga terkenal seperti saat ini. Nasi goreng Hongkong juga dikenal oleh masyarakat Tionghoa dengan sebutan nasi goreng Yang Chow.

Nasi goreng Hongkong dikenal karena cita rasanya yang khas dan lezat, sebagaimana sajian kuliner masyarakat Tionghoa yang kaya akan rempah dan pemilihan bumbu yang bersifat aromatik ditambah campuran udang, bakso dan suwiran daging ayam kian membangun kelezatan penganan legendaris ini..

Apa itu Nasi Goreng Hongkong

Nasi goreng Hongkong sendiri memiliki karakter yang sama dengan nasi goreng lain pada umumnya, hanya saja nasi goreng ini memiliki tambahan lain seperti udang, bakso hingga irisan daging ayam termasuk tambahan kacang polong yang kian membuatnya terlihat lebih berbeda.

Pada masyarakat kita, nasi goreng Hongkong ini pula lebih dikenal dengan menu nasi goreng komplit atau nasi goreng istimewa hanya saja yang sedikit membedakan pada sajiannya adalah tidak adanya tambahan topping berupa kacang polong pada sajian nasi gorengnya.

Buat Sendiri Nasi Goreng Hongkong

Meski masuk dalam kategori sajian kuliner mewah, Anda juga tetap bisa membuatnya sendiri di rumah karena membuatnya yang relatif mudah dan bisa dibuat oleh siapa saja dan sangat tepat dijadikan sebagai sajian utama tak hanya bagi keluarga tapi juga pada momen-momen tertentu bersama keluarga besar, asalkan memahami cara menumis dan mencampur tiap bumbu untuk menghasilkan sajian nasi goreng Hongkong yang nikmat.

Bahan dan Cara Membuat Nasi Goreng Hongkong

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng Hongkong terdiri dari: seporsi nasi putih yang pulen dan tidak lengket atau bisa juga disesuaikan porsinya sesuai kebutuhan. Kemudian, udang yang sudah dikuliti secukupnya, bagi Anda yang alergi dengan udang, Anda boleh tidak menambahkannya.

Selanjutnya, irisan daging ayam, irisan daging bakso, telur secukupnya dan bahan utama lainnya yakni dua sendok makan kacang polong yang masih segar.

Sedangkan bumbunya meliputi  tiga siung bawang merah dan putih yang sudah dicincang dan seperempat bawang bombay, satu sendok saus tiram, satu sendok kecap Inggris, garam dan merica.

Hal pertama yang dilakukan adalah menumis bawang putih dan merah secara bersamaan hingga benar-benar harum, kemudian masukkan irisan daging ayam serta udang yang sudah dikuliti kemudian tumis hingga warna kulit udang berubah menjadi merah kemudian masukkan telur kemudian aduk hingga telur matang dan bercampur dengan bumbu.

Proses selanjutnya, adalah masukkan nasi kemudian aduk hingga merata, berikan saus tiram, kecap dan tambahkan garam serta merica dan sedikit penyedap rasa.

Untuk semakin menambah rasa, Anda bisa mencampurkan daging bakso kemudian tumis secara merata tapi jangan sampai gosong setelah dirasa matang angkat nasi goreng.

Untuk melengkapi kelezatan rasanya, Anda bisa juga menambahkan acar timun dan ditambah sedikit taburan bawang goreng.

Nasi goreng Hongkong sangat tepat disajikan pada saat musim dingin atau musim hujan untuk jadi santapan utama bersama keluarga untuk membangun suasana kehangatan di tengah keluarga atau bahkan bisa dijadikan sebagai sajian utama pada saat momen penting.

Related Post