4 Tips Liburan Murah di Yogyakarta yang Bisa Kamu Lakukan saat Berada di Kota Gudeg

Meski dikenal sebagai daerah wisata yang menawarkan berbagai kemudahan dan harga yang relatif murah, perlu juga merencanakan liburan murah di Yogyakarta dengan menekan seminimal mungkin

Syadir

liburan murah di yogyakarta
Foto: Freepik/wirestock

Meski dikenal sebagai daerah wisata yang menawarkan berbagai kemudahan dan harga yang relatif murah, perlu juga merencanakan di Yogyakarta dengan menekan seminimal mungkin pengeluaran.

Karena umumnya saat berlibur, kebanyakan wisatawan yang terkesan ‘gelap mata' saat melihat souvenir yang murah ataupun berbagai menu nikmat yang ditawarkan dengan harga terjangkau, hingga secara tak sadar justru malah menguras habis .

Table of Contents

Faktor yang Menentukan Murah di

Tak hanya itu saja, berbagai fasilitas akomodasi saat liburan murah di Yogyakarta juga terkenal dengan harganya yang bersahabat mulai dari penginapan, transportasi hingga tarif masuk obyek wisata yang terjangkau.

Ada baiknya sebelum memutuskan untuk liburan murah di Yogyakarta, tentukan pula obyek wisata yang hendak dituju, jenis penginapan yang akan ditempati hingga pilihan moda transportasi yang akan digunakan selama berada di Yogyakarta.

Liburan Murah di Yogyakarta

Nah tulisan berikut mungkin bisa jadi panduan liburan murah di Yogyakarta dengan bujet yang murah saat berkunjung ke kota yang kental dengan nuansa budayanya ini;

  1. Memilih Penginapan

Penginapan jadi hal penting saat memilih metode liburan murah di Yogyakarta. Kamar yang refresentatif dan nyaman untuk beristirahat sehabis menjelajah dan berjalan-jalan menikmati keindahan kota Yogyakarta yang tentunya sangat menguras energi dan tenaga. Banyak penginapan di Yogyakarta seperti losmen hingga home stay yang ditawarkan dengan harga terjangkau namun tetap nyaman untuk beristirahat ditambah fasilitas yang memadai.

  1. Wisata Kuliner Murah

Tak ada salahnya memanfaatkan momen liburan murah di Yogyakarta untuk berburu wisata kuliner, apalagi kota budaya ini memang dikenal sebagai surga wisata kuliner dengan berbagai menu dan harga yang variatif. Tapi, hobi berburu kuliner khas juga tak harus berbiaya mahal, bahkan di Yogyakarta terdapat kuliner khas seperti angkringan hingga gudeg kaki lima dengan harga yang bersahabat dengan rasa yang tak kalah dengan menu restoran mahal sekalipun.

Setelah puas menjajal berbagai olahan kuliner khas Yogyakarta yang murah. Untuk memenuhi kebutuhan makan harian selama berada di Yogyakarta bisa juga dengan mengunjungi kampus di Yogyakarta yang juga terkenal sebagai kota . Biasanya, di sekitar kampus banyak dijumpai warung makan murah harga mahasiswa yang bisa dijadikan menu sarapan atau makan siang.

  1. Memilih Transportasi

Sebagai daerah wisata terkenal di Indonesia, fasilitas transportasi di Yogyakarta sudah terbilang lengkap. Berbagai jenis moda transportasi mulai dari angkutan umum seperti Trans Jogja hingga penyewaan kendaraan termasuk sepeda motor pun tersedia di kota ini. Memutuskan jenis transportasi yang akan digunakan saat berada di Yogyakarta juga penting untuk menghemat pengeluaran. Saat ini, banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta lebih memilih menggunakan jasa penyewaan sepeda motor karena dianggap lebih murah, bisa menjangkau obyek wisata dengan cepat tanpa harus khawatir dengan kemacetan yang kerap terjadi di jalan-jalan utama Yogyakarta.

Selain itu, harga sewa motor jauh lebih murah dan tentu saja lebih irit dari segi pengeluaran biaya bahan bakar. Dengan menggunakan sepeda motor, kamu bisa bebas mengunjungi obyek wisata mana saja, tak khawatir dengan kemacetan atau akses jalan ke obyek wisata yang terkadang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat.

  1. Jangan Malu Menawar

Ketika berada di Jalan Malioboro, atau pusat-pusat souvenir yang ada di Yogyakarta, kemampuan untuk menawar suatu barang baik souvenir, oleh-oleh, hingga kerajinan batik akan sangat diuji. Jangan pernah malu untuk menawar bahkan dengan harga terendah sekalipun, dan jangan pernah khawatir jika barang incaran kamu ternyata tak berhasil ditawar karena masih banyak pedagang lain di tempat yang sama yang juga menjual barang yang sama dengan penawaran yang berbeda.

Related Post