6 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Bisa Menggantikan Elektrolit yang Hilang!

RUJUKANNEWS.com – Air kelapa untuk ibu hamil tidak hanya baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh tetapi juga mengurangi rasa mual. Selain itu, manfaat air kelapa

Umam

manfaat air kelapa untuk ibu hamil
6 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Bisa Menggantikan Elektrolit yang Hilang! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Air kelapa untuk ibu hamil tidak hanya baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh tetapi juga mengurangi rasa mual. Selain itu, manfaat air kelapa untuk ibu hamil dalam menjaga janin.

Air kelapa dikenal sebagai minuman pengganti elektrolit saat mengalami sakit perut atau dehidrasi parah. Selain itu, air kelapa juga diketahui bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Apa Saja ?

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil karena berbagai kandungan mineral dan vitamin yang dikandungnya.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Air kelapa mengandung beberapa nutrisi, seperti karbohidrat, gula, dan protein. Selain itu, air kelapa juga mengandung mineral, seperti magnesium, potasium, dan kalsium.

Berkat kandungan nutrisinya, air kelapa dipercaya bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Berikut berbagai manfaat air kelapa untuk ibu hamil:

1. Membantu mengurangi rasa mual

Saat hamil, ibu hamil sering kali mengalami mual dan muntah (morning Sickness). Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi air kelapa.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil kandungan mineral seperti magnesium, potasium, dan kalsium pada air kelapa mampu meredakan mual dan muntah.

2. Mengisi kembali elektrolit yang hilang

Mual dan muntah dapat menyebabkan ibu hamil mengeluarkan cairan dalam jumlah besar dari dalam tubuh sehingga menyebabkan kekurangan cairan dan ketidakseimbangan elektrolit.

Air kelapa untuk ibu hamil bisa menjadi pilihan untuk mengisi kembali cairan dan elektrolit yang hilang dalam tubuh. Hal ini karena air kelapa mengandung elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium.

3. Mematuhi asupan cairan tubuh

Penting bagi setiap ibu hamil untuk mematuhi asupan cairan tubuhnya agar terhindar dari dehidrasi. Tak hanya air putih, manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, ibu hamil akan merasa segar dan tidak mudah lelah.

4. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) sering terjadi selama kehamilan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh perubahan hormonal saat hamil dan berdampak pada fungsi saluran kemih.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dipercaya sebagai diuretik alami yang dapat membantu ibu hamil lebih mudah mengeluarkan urin dan mencegah infeksi saluran kemih.

5. Menurunkan tekanan darah

Air kelapa juga dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Pasalnya, air kelapa mengandung potasium yang terbukti mampu menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Namun penggunaan air kelapa sebagai pengganti pengobatan hipertensi atau preeklamsia pada ibu hamil tidak dianjurkan. Jika ibu hamil berisiko mengalami preeklampsia saat hamil, segera temui dokter.

6. Mendukung tumbuh kembang janin

Air kelapa mengandung kalsium yang penting untuk perkembangan tulang dan gigi pada janin. Namun kandungan kalsium pada air kelapa tidak bisa dijadikan nutrisi utama untuk tumbuh kembang janin.

Oleh karena itu, manfaat air kelapa untuk ibu hamil untuk tetap mengonsumsi bergizi berbahan dasar sayur dan buah.

Akhir Kata

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin namun tidak berlebihan.

Namun jika ibu hamil mengalami rasa tidak nyaman setelah mengonsumsi air kelapa, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari baju, barang elektronik, dan yang lainnya, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Shopee).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post