6 Manfaat Air Tebu yang Baik Bagi Kesehatan, Mengurangi Risiko Kanker!

RUJUKANNEWS.com – Air tebu sering dikonsumsi sebagai minuman pelepas dahaga saat cuaca panas. Tak hanya enak dan menyegarkan, manfaat jus tebu untuk kesehatan juga tidak

Umam

manfaat air tebu
6 Manfaat Air Tebu yang Baik Bagi Kesehatan, Mengurangi Risiko Kanker! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Air tebu sering dikonsumsi sebagai minuman pelepas dahaga saat cuaca panas. Tak hanya enak dan menyegarkan, manfaat jus tebu untuk juga tidak sedikit. Ingin tahu apa saja manfaat air tebu? Baca artikel berikut ini.

Apa Saja yang Baik Bagi Kesehatan?

Karena kandungan nutrisinya yang beragam, ada sejumlah manfaat yang bisa kamu peroleh dari air tebu. Berikut ini adalah beberapa manfaat air tebu bagi kesehatan:

Manfaat Air Tebu yang Baik Bagi Kesehatan

Air tebu merupakan minuman yang diperoleh dari perasan batang tebu. Pengolahannya umumnya dilakukan dengan yang , agar kandungan nutrisi dan manfaat air tebu yang dikandungnya tetap terjaga dengan baik.

Saat mengonsumsi air tebu, kamu juga bisa menambahkan perasan lemon agar terasa lebih segar.

1. Meningkatkan energi

Jus tebu adalah salah satu sumber gula dan karbohidrat terbaik.

Kandungan gula alami, sukrosa dan fruktosa pada air tebu, mampu menghasilkan energi bagi tubuh, sehingga kamu bisa lebih bersemangat dalam beraktivitas. Selain itu, air tebu juga dapat mencegah dehidrasi.

Oleh karena itu, manfaat air tebu cocok diminum saat kamu sedang lelah atau setelah berolahraga agar tubuh terasa segar kembali.

2. Menangkal dampak radikal bebas

Manfaat air tebu merupakan minuman yang kaya akan antioksidan. Kandungan tersebut diketahui mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas yang dapat memicu berbagai , seperti kanker.

Namun disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi sari tebu, karena minuman ini banyak mengandung gula.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Tebu mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Serat pangan pada tebu diketahui baik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat sari tebu ini, kamu bisa menambahkan sedikit ampas tebu ke dalam sari tebu saat mengonsumsinya.

4. Menjaga kesehatan liver

Di beberapa negara, seperti India, air tebu telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan gangguan fungsi hati.

Tak hanya itu, sebuah penelitian juga mengklaim bahwa air tebu dapat mencegah kerusakan hati akibat efek samping penggunaan obat jangka panjang, misalnya pengobatan tuberkulosis.

Namun manfaat air tebu untuk pengobatan penyakit liver masih memerlukan penelitian lebih lanjut, karena efektivitasnya belum dapat dipastikan.

5. Menjaga fungsi ginjal

Tak hanya menjaga kesehatan liver, konsumsi air tebu secara rutin juga dipercaya dapat menjaga ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Air tebu bersifat diuretik, sehingga dapat memperlancar buang air kecil dan membantu mencegah infeksi saluran kemih.

6. Mengurangi risiko kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak sari tebu mengandung antioksidan dan zat anti kanker yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker prostat dan kanker payudara.

Namun penelitian mengenai manfaat sari tebu untuk mencegah kanker masih sangat terbatas.

Akhir Kata

Air tebu memiliki beberapa manfaat air tebu, namun disarankan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak.

Penderita diabetes juga harus membatasi konsumsi jus tebu. Hal ini dikarenakan kandungan gula pada air tebu cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

Mengonsumsi air tebu umumnya baik dan menyehatkan jika kamu membutuhkan energi ekstra, misalnya saat kamu berolahraga atau melakukan fisik yang intens.

Jika kamu masih ragu mengenai manfaat jus tebu atau ingin memastikan apakah jus tebu aman untuk kesehatan kamu, cobalah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jus tebu.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari baju, barang elektronik, dan yang lainnya, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Shopee).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post