Manfaat Cetak Kantong Plastik untuk Menunjang Promosi Produk

Kantong plastik menjadi kemasan paling banyak digunakan saat ini. Penggunaan kantong plastik dianggap lebih praktis dan memiliki daya tahan yang kuat. Meskipun dianggap sebagai salah

Syadir

kantong plastik
Foto: Freepik/Vectoriumm

menjadi kemasan paling banyak digunakan saat ini. Penggunaan kantong plastik dianggap lebih praktis dan memiliki daya tahan yang kuat.

Meskipun dianggap sebagai salah satu limbah yang paling sulit diurai dan tidak ramah untuk lingkungan namun kebutuhan plastik di masyarakat tetap tinggi karena harganya yang relatif murah dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Belakangan bahkan fungsi plastik tak hanya sekedar sebagai kemasan saja, tapi juga memiliki peran sebagai media promosi yang cukup efektif hingga akhirnya banyak industri baik dan minuman maupun industri menjadikan kantong sebagai sarana promosi produk yang paling cepat sampai ke masyarakat atau konsumen.

Seiring dengan tingginya kebutuhan akan plastik maka permintaan akan cetak kantong plastik juga ikut meningkat.

Definisi Cetak Kantong Plastik

Pengertian cetak kantong plastik adalah proses memindahkan desain baik logo maupun tulisan ke dalam media plastik melalui alat khusus baik berupa sablon ataupun melalui mesin.

Tujuan dari cetak plastik adalah sebagai media promosi sekaligus informasi yang terkait erat dengan peningkatan utamanya.

Kelebihan Cetak Kantong Plastik

Saat ini banyak dijumpai jasa cetak plastik dengan berbagai jenis baik yang dilakukan secara manual ataupun yang melalui proses cetak dengan menggunakan mesin.

Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, misalnya cetak media plastik dengan sablon hasilnya terlihat lebih rapih dan tinta yang digunakan adalah tinta khusus sehingga hasil cetakan akan lebih tahan lama.

Demikian halnya cetak plastik melalui proses mesin, tingkat kerapatan warnanya juga akan semakin beragam dengan jumlah warna variasi yang bisa lebih dari dua warna.

Keunggulan lain dari cetak kantong plastik melalui dua proses tersebut adalah dari sisi biaya jasanya yang relatif murah sehingga tidak membuat biaya produksi jadi lebih besar.

Contoh Cetak Kantong Plastik

Pemanfaatan plastik sebagai kemasan produk bisa diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk kebutuhan kemasan pakaian pada produk butik ataupun distro, untuk kemasan benih tanaman, dan untuk kemasan produk makanan hingga untuk bahan makanan misalnya karung beras.

Fungsi utama dari cetak media plastik untuk berbagai jenis ini adalah untuk mengenalkan produk agar lebih cepat diketahui oleh konsumen dan sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk tersebut.

Berikut beberapa contoh cetak plastik yang saat ini banyak dijumpai di pasaran:

Cetak Kantong Plastik untuk Butik

Cetak kantong untuk butik memang dibuat agar terlihat lebih mewah dan berkelas untuk menyesuaikan produk pakaian dari butik tersebut.

Selain itu, plastik untuk butik juga memiliki kualitas yang lebih baik dengan jenis plastik yang tebal sehingga lebih eksklusif dan terlihat berbeda dari kompetitor lainnya.

Cetak Kantong Plastik Benih Tanaman

Cetak plastik untuk benih tanaman biasanya bersifat khusus karena untuk menjaga kualitas benih yang ada di dalam kemasan kantong. Selain itu, proses maupun bahan untuk cetak media plastiknya juga tidak memiliki pengaruh langsung terhadap benih tanaman.

Mengingat benih tanaman adalah salah satu produk yang rentan mati atau tidak bisa tumbuh, karenanya jenis cetak kantong plastiknya diupayakan menggunakan bahan yang tidak memiliki efek kontaminasi atau tercampur dengan benih tanaman.

Desain cetak media plastik benih tanaman juga umumnya dibuat dan lebih menitikberatkan pada informasi benih tanaman seperti cara pakai, masa kadaluarsa, cara penyimpanan serta suhu yang baik untuk benih tanaman saat berada dalam kemasan kantong plastik.

Cetak Kantong Plastik untuk Makanan atau Roti

Desain cetak media plastik untuk makanan atau roti biasanya mengandung unsur promosi dan informasi yang memuat seperti logo produk, kelebihan produk, bahan yang digunakan hingga masa kadaluarsa dari produk makanan atau roti yang ada didalamnya.

Hasil cetakan media plastik untuk makanan juga dibuat lebih higienis agar makanan yang ada di dalamnya tidak terpengaruh oleh pengaruh dari luar. Jenis kemasannya juga lebih tebal dan umumnya tidak berwarna atau transparan. (mz)

Related Post