8 Manfaat Jus Wortel Bagi Tubuh, Ternyata Manfaatnya Sangat Menakjubkan!

RUJUKANNEWS.com – Manfaat jus wortel memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Minuman yang berasal dari sayuran berwarna oranye ini kaya akan sejumlah nutrisi penting yang

Umam

manfaat jus wortel
8 Manfaat Jus Wortel Bagi Tubuh, Ternyata Manfaatnya Sangat Menakjubkan! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.comManfaat jus wortel memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Minuman yang berasal dari sayuran berwarna oranye ini kaya akan sejumlah nutrisi penting yang baik untuk kamu.

Tidak percaya? Coba saja, lihat penjelasan lengkapnya di sini.

Apa Saja Bagi Tubuh?

Manfaat jus wortel mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh, seperti gula, serat, kalium, mangan, fosfor, tembaga, serta vitamin A, B6, C, dan K. Tak hanya itu, sayuran ini juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Bagi Tubuh

Nah, berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, mengonsumsi jus wortel bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, manfaat jus wortel antara lain:

1. Mendukung kesehatan mata

Manfaat jus wortel untuk kesehatan mata sudah tidak perlu diragukan lagi. Soalnya, sayuran ini tinggi karoten berupa beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin diketahui dapat mencegah kerusakan akibat paparan cahaya biru dalam waktu lama.

Ini juga mengandung beta-karoten yang memiliki efek antioksidan kuat. Oleh karena itu, diketahui kombinasi ketiga nutrisi tersebut mampu mencegah kerusakan atau degenerasi makula terkait bertambahnya usia (age-related macular degenerasi/AMD).

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat jus wortel kaya akan vitamin A dan vitamin C. Kedua jenis vitamin ini diketahui mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan memicu produksi antibodi dan sel-sel pada sistem kekebalan tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Jus wortel merupakan sumber potasium dan mengandung sejumlah nutrisi yang memiliki sifat antioksidan. Kalium diketahui berperan dalam mengatur tekanan darah.

Sementara itu, sifat antioksidannya diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol sehingga berdampak baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

4. Menjaga kesehatan kulit

Jika kamu suka minum jus wortel, tak heran jika kulit kamu akan terlihat lebih segar, sehat, bahkan kenyal.

Soalnya, manfaat jus wortel juga memiliki kandungan vitamin C dan betakaroten pada wortel mampu meningkatkan produksi kolagen, melindungi kulit dari sinar UV dan kerusakan akibat radikal bebas.

Pada akhirnya, hal ini akan membantu memperbaiki penampilan kulit agar lebih segar dan sehat.

5. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat jus wortel memiliki indeks glikemik yang rendah. Selama kamu tidak berlebihan, minum jus wortel tidak akan meningkatkan gula darah kamu secara drastis.

Manfaat ini tentunya sangat baik terutama bagi penderita diabetes. Jika kamu menderita diabetes, tidak disarankan mengonsumsi jus wortel lebih dari 118 ml per hari.

6. Mengurangi risiko kanker

Manfaat jus wortel wortel berikutnya adalah dipercaya dapat menurunkan risiko kanker, seperti leukemia dan kanker usus besar.

Manfaat ini diyakini berasal dari kandungan betakaroten yang menurut beberapa penelitian dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya. Oleh karena itu, kamu tidak bisa menjadikan jus wortel sebagai terapi antikanker yang pertama dan utama, bukan?

7. Mengurangi kerontokan rambut

Apakah kamu mempunyai masalah dengan ? Cobalah minum jus wortel secara rutin. Soalnya, kandungan vitamin A dan C pada jus wortel diketahui baik untuk kesehatan kulit kepala, sehingga bisa mengurangi kerontokan rambut.

Dengan begitu, rambutmu akan terlihat lebih tebal, berkilau, dan kuat lho?

8. Melindungi hati

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa karoten dalam wortel memiliki efek anti inflamasi yang dapat melindungi hati dari penyakit tertentu, seperti perlemakan hati. Namun manfaat tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Akhir Kata

Manfaat jus wortel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Setelah mengetahui informasi diatas, mulai saat ini kamu sudah bisa rutin minum jus wortel.

Agar lebih sehat, sebaiknya buat jus ini sendiri di rumah. Sebelum diolah, pastikan wortel masih segar, sudah dicuci bersih, dan tidak ada tambahan gula.

Namun ingat, jangan berlebihan ya. Masalahnya, terlalu banyak mengonsumsi vitamin A atau beta-karoten dapat menyebabkan karotenemia yang berbahaya bagi kesehatan.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari baju, barang elektronik, dan yang lainnya, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Shopee).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post