4 Manfaat Kombucha yang Baik Bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah!

RUJUKANNEWS.com – Teh kombucha merupakan minuman fermentasi yang kaya akan antioksidan dan probiotik. Teh ini populer di banyak negara karena banyak manfaat kombucha. Mulai dari

Umam

manfaat kombucha
4 Manfaat Kombucha yang Baik Bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Teh kombucha merupakan minuman fermentasi yang kaya akan antioksidan dan probiotik. Teh ini populer di banyak negara karena banyak manfaat kombucha.

Mulai dari menjaga saluran pencernaan hingga mengurangi risiko jantung.

Teh Kombucha telah dikonsumsi selama hampir 2.000 tahun di Tiongkok. Teh ini diperoleh dengan memfermentasi teh, ragi dan gula selama seminggu atau lebih. Selama proses ini asam, dan alkohol akan terbentuk.

Hal inilah yang membuat teh kombucha memiliki rasa yang tajam dan tajam serta aroma seperti cuka.

Apa Saja yang Baik Bagi Kesehatan?

Teh yang disebut juga teh jamur ini mengandung vitamin B, sedikit alkohol, antioksidan, natrium, gula, dan probiotik. Berdasarkan hasil penelitian, teh kombucha diketahui memiliki beberapa manfaat kombucha bagi kesehatan, antara lain:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan antioksidan dan probiotik pada manfaat kombucha dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, melawan bakteri jahat penyebab infeksi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa kombucha, kaya akan antioksidan dan probiotik, bermanfaat dalam membantu proses eliminasi zat beracun di hati. Efek ini dinilai baik untuk menjaga kesehatan hati.

2. Mencegah kanker

Manfaat kombucha dipercaya dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Hal ini berkat kandungan antioksidan polifenol yang dikandungnya. Namun efek antikanker teh kombucha sebagai agen pencegahan kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Menurunkan kadar gula darah

Dalam studi penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan, ditemukan bahwa kombucha dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dalam tubuh. Efek kombucha ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah sehingga diyakini baik untuk penderita diabetes.

4. Mengurangi resiko penyakit jantung dan ginjal

Studi penelitian kecil pada hewan laboratorium menunjukkan bahwa kombucha dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Selain kandungan antioksidannya yang tinggi, efek kombucha juga baik untuk kesehatan jantung dan ginjal.

Akhir Kata

Manfaat kombucha dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, beberapa manfaat tersebut belum terbukti secara medis.

Oleh karena itu, jika kamu tertarik mengonsumsi teh kombucha untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari baju, barang elektronik, dan yang lainnya, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Shopee).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

 

Related Post