PPG
Foto: Freepik/tirachardz

Manfaat PPG serta 9 Cara Mendaftar PPG Tahun 2022

Program Profesi Guru atau yang lebih dikenal dengan adalah upaya pemerintah untuk menyiapkan tenaga pendidikan yang memiliki kompetensi dan profesional yang sesuai dengan tujuan dan cita-cita pendidikan bangsa.

Output PPG lebih ditujukan untuk tenaga pendidik yang berasal dari lulusan strata 1 kependidikan maupun non jurusan kependidikan agar memiliki kemampuan dan kompetensi sebagai tenaga pendidik.

Tujuan PPG

Secara umum tujuan program ini adalah untuk menghadapi beragam tantangan di dunia pendidikan, seperti:

Minimnya jumlah tenaga pendidik di daerah terluar maupun di daerah tertinggal dan memperbaiki kualifikasi dan kualitas yang sebelumnya masih belum memenuhi standar tenaga pendidik agar lebih mampu menjalani proses pembelajaran dan penilaian para peserta didik.

Tujuan Khusus PPG

Tujuan khusus program ini adalah menjalankan amanah yang mengacu pada UU No.20 Tahun 2003 yang diatur secara khusus pada Pasal 3 yakni untuk memiliki tenaga pendidik yang sesuai dengan kompetensi demi tercapainya tujuan utama pendidikan nasional.

Serta menjalankan Pasal 2 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 8 Tahun 2009, yakni untuk menghasilkan tenaga pendidik yang sesuai dengan kompetensi khususnya dalam perencanaan, pelaksanaan serta penilaian proses pembelajaran.

Baca Juga -   Karikatur Perpisahan adalah Seni yang Mampu Menyentuh Hati

Manfaat PPG

Banyak manfaat yang dihasilkan dalam pelaksanaan dari program ini, beberapa diantaranya adalah untuk memperbaiki profesi dan profesionalisme tenaga pendidik, memberikan pengalaman baru khususnya dalam hal proses pendidikan di .

Manfaat lainnya adalah memperoleh gelar sebagai pendidik profesional melalui sertifikasi serta memberikan peluang dalam hal pemberian tunjangan sertifikasi agar kesejahteraan para guru lebih baik.

Dari sisi masyarakat, manfaat juga akan lebih memperbaiki kualitas guru sehingga kualitas pendidikan jauh lebih baik khususnya bagi pendidikan di daerah terpencil.

Mendaftar PPG 2022

Selain bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tenaga pendidik di masa yang akan datang, para guru yang mengikuti program ini juga akan mendapatkan tunjangan insentif khusus yang nilainya akan selalu meningkat sesuai dengan golongan para tenaga pendidik.

Berikut cara mendaftar PPG 2022:

  1. Cara pertama yang harus dilakukan adalah mengakses laman resmi pendidikan profesi guru di: https://ppg.simpkb.id/
  2. Login dengan usernama serta password yang telah terdaftar
  3. Setelah login, akan ada notifikasi yang berisi undangan untuk mengikuti program tahun 2022
  4. Kemudian, klik Selanjutnya untuk masuk ke sejumlah menu tentang jadwal seleksi akademis, administrasi, form kesediaan mengikuti program penetapan peserta PPG serta menu lapor diri.
  5. Periksa kembali seluruh persyaratan untuk mengikuti program, jika sudah sesuai kualifikasi kemudian klik menu Mendaftar dan pilih Mendaftar Sekarang
  6. Isi formulir pendaftaran PPG tahun 2022 yang terdiri dari jenjang mata pelajaran (Mapel)  program, bidang studi, kualifikasi pendidikan, tahun tamat studi, jenis studi, jurusan, fakultas dan identitas perguruan tinggi
  7. Proses selanjutnya adalah mengunggah berbagai berkas seperti scan ijazah dan SK pengangkatan.
  8. Sebelum menuju ke menu selanjutnya, periksa kembali semua formulir yang telah diisi jika sudah dipastikan benar, kemudian klik Mendaftar dan pilih Ya ketika terdapat notifikasi kesesuaian data yang diisi.
  9. Terakhir, akan ada tampilan informasi status sebagai calon peserta PPG 2022 untuk dicetak sebagai tanda bukti.
Baca Juga -   Kualifikasi Akademik PPG Prajabatan 2022 dan Cara Mendaftarnya

Tahap selanjutnya adalah Anda tinggal menunggu informasi resmi terkait pelaksanaan PPG tahun 2022 yang akan diinformasikan secara langsung melalui akun yang terdaftar dalam SIM PKB atau Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk para guru.