7 Manfaat Teh Herbal Bagi Kesehatan, Bisa Menangkal Berbagai Penyakit!

RUJUKANNEWS.com – Tak hanya rasanya yang nikmat, manfaat teh herbal untuk kesehatan juga sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu. Salah satu manfaat teh herbal

Umam

manfaat teh herbal
7 Manfaat Teh Herbal Bagi Kesehatan, Bisa Menangkal Berbagai Penyakit! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Tak hanya rasanya yang nikmat, untuk juga sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu. Salah satu manfaat teh herbal yang paling terkenal adalah pengurangan gejala batuk atau pilek.

Selain itu, teh herbal juga memiliki manfaat lain yang sayang untuk dilewatkan.

Apa Saja Manfaat Teh Herbal Bagi Kesehatan?

Selain aroma dan rasanya yang khas, teh herbal juga memberikan banyakmanfaat teh herbal bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Manfaat Teh Herbal Bagi Kesehatan

Berbeda dengan teh pada umumnya yang terbuat dari daun teh, teh herbal berasal dari rempah-rempah kering, buah-buahan, daun, bunga atau akar tanaman.

Beberapa jenis teh herbal yang cukup terkenal adalah teh kamomil, jahe, ginseng, mint, daun kelor, dan rosela.

Ada beberapa manfaat teh herbal yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi teh herbal, antara lain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat teh herbal yang paling terkenal adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi teh jahe atau ginseng.

Kandungan gingerol pada jahe dan ginsenoside pada ginseng diketahui memiliki sifat antioksidan dan antibakteri.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, mengonsumsi teh herbal jahe atau ginseng dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan kuman penyebab menular.

2. Mengatasi peradangan

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, manfaat teh herbal berbahan jahe juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga mampu mengurangi peradangan pada tubuh.

Khasiat tersebut dipercaya dapat mengurangi rasa sakit, misalnya sakit kepala, sakit perut, dan nyeri otot atau persendian.

3. Mengatasi susah tidur

Manfaat teh herbal lainnya adalah mengatasi sulit tidur. Teh kamomil merupakan salah satu jenis teh herbal yang terkenal akan khasiatnya dalam mengurangi dan mencegah insomnia.

Chamomile diketahui mengandung senyawa aktif apigenin yang dipercaya dapat mempengaruhi otak, terutama bagian yang mengatur rasa kantuk dan tidur. Oleh karena itu, teh herbal ini baik bagi mereka yang menderita insomnia.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Teh herbal yang terbuat dari daun mint dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan. Infus herbal ini memiliki sifat antispasmodik yaitu kemampuan mengendurkan otot-otot saluran pencernaan hingga meredakan gejala kembung, mual, dan sakit perut.

Selain teh herbal yang terbuat dari daun mint, teh jahe juga memiliki khasiat serupa, yaitu mengurangi rasa tidak nyaman akibat mual dan memberikan rasa nyaman pada saluran cerna, sehingga dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada kram perut dan kembung. .

5. Menurunkan berat badan

Manfaat teh herbal selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Berbagai jenis teh herbal, seperti teh hijau, teh oolong, dan teh kembang sepatu, dipercaya mampu membakar lemak.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ketiga teh herbal ini mengandung senyawa katekin yang mampu meningkatkan pembakaran lemak, sehingga penimbunan lemak dalam tubuh berkurang dan berat badan pun bisa menurun.

Namun proses penurunan berat badan tidak bisa dicapai hanya dengan mengonsumsi teh herbal saja, perlu juga menerapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga.

6. Meningkatkan daya ingat

Teh herbal juga dikenal dapat meningkatkan daya ingat. Fungsi infus herbal ini berasal dari khasiat teh kunyit yang mengandung senyawa kurkumin. Zat ini dipercaya memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi serta memberikan pengaruh baik bagi otak.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kunyit dapat mencegah penumpukan protein amiloid di otak penyebab penyakit Alzheimer. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan efektivitas kunyit terhadap penyakit Alzheimer.

7. Mencegah penyakit jantung

Manfaat teh herbal juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Jika tidak ditangani, penumpukan LDL dalam darah dapat memicu penyakit jantung.

Kamu bisa menikmati infus herbal, baik panas maupun dingin. kamu juga bisa menambahkan madu agar rasanya lebih nikmat. Namun, hindari penggunaan gula berlebihan ya.

Meski dinilai memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, namun studi mengenai keamanan dan efektivitas teh herbal dalam mengobati dan mengobati penyakit masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Selain itu, penggunaan teh herbal juga tidak dianjurkan jika kamu sedang menjalani pengobatan penyakit kronis tertentu, misalnya kemoterapi kanker.

Akhir Kata

Manfaat teh herbal bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun jika kamu memiliki kondisi medis tertentu dan ingin mengonsumsi teh herbal secara rutin, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan keamanan kamu.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari baju, barang elektronik, dan yang lainnya, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Shopee).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post