Membuat Es Krim Sendiri dengan 5 Bahan yang Mudah Didapat

Es krim menjadi salah satu jenis makanan yang sangat populer di Indonesia termasuk membuat es krim sendiri. Penikmat es krim pun terdiri dari berbagai kalangan,

Syadir

membuat es krim sendiri
Foto: Freepik/racool_studio

Es krim menjadi salah satu jenis yang sangat populer di Indonesia termasuk sendiri. Penikmat es krim pun terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini karena es krim memiliki kelezatan yang nikmat dengan berbagai varian rasa.

Selain lezat, es krim juga menawarkan sensasi rasa yang dingin sekaligus menyegarkan, apalagi jika mengkonsumsi es krim di siang hari, tentu akan menadi salah satu pengusir rasa penat sekaligus dahaga yang menyenangkan.

Selama ini, banyak penyuka es krim yang penasaran tentang cara buat es krim karena minimnya pengetahuan tentang bahan baku utama untuk membuat sendiri es krim hingga proses cara membuat es krim sendiri di rumah.

Membuat Es Krim Sendiri

Saat ini, ada begitu banyak panduan maupun cara untuk membuat kreasi es krim sendiri di rumah dengan berbagai cara maupun bahan yang tersedia di dapur maupun di kulkas. Bahkan, banyak ibu rumah tangga maupun penyuka es krim lainnya yang berhasil membuat es krim sendiri dengan rasa yang tak kalah lezat dengan es krim yang dijual di pasaran.

Nah, kamu yang juga penyuka es krim tak ada salahnya untuk mencoba dan membuat es krim sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Cara membuat kreasi es krim pun terbilang dan tidak membutuhkan keahlian khusus untuk bisa membuat es krim sendiri di rumah, bahkan bukan tidak mungkin jika jam terbang kamu dalam membuat es krim sendiri bisa menjadi sebuah potensi untuk menghasilkan uang dari berbisnis berjualan es krim.

Bahan untuk Membuat Es Krim Sendiri

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi es krim umumnya banyak tersedia di dapur, berikut bahan yang diperlukan untuk membuat es krim sendiri:

Bahan:

– 1/4 kilogram gula putih

– 1/4  – 1/2  liter susu putih ataupun susu coklat

– 4 butir telur

– 3 sendok cokelat bubuk

– Garam serta vanili secukupnya

Cara Membuat Es Krim Sendiri

Setelah menyediakan bahan baku utama untuk membuat es krim sendiri, proses selanjutnya adalah mulai membuat es krim sendiri dengan berkreasi sehingga es krim buatan kamu benar-benar bisa berhasil dibuat.

Berikut proses pembuatannya:

  • Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan antara kuning telur dari putih telurnya, tapi jangan dibuang telurnya karena akan digunakan untuk proses selanjutnya.
  • Setelah itu, campur kuning telur dengan gula kemudian aduk hingga rata bisa dengan menggunakan mixer.
  • Kemudian, campur putih telur dengan vanili serta garam, kemudian aduk sampai rata dan bahan menjadi halus.
  • Gabungkan kedua adonan tadi dan masak hingga benar-benar mendidih, sesekali aduk adonan agar tercampur secara merata.
  • Terakhir, campurkan coklat dan susu dan campurkan ke dalam adonan yang dimasak jika sudah mendidih, aduk sampai kental setelah itu dinginkan dan simpan di dalam freezer hingga benar-benar siap disajikan.

Pada prinsipnya es krim buatan industri pun dibuat dengan bahan, cara maupun metode yang sama, hanya saja perbedaannya, proses pembuatan dilakukan dengan menggunakan mesin berteknologi khusus sehingga mampu dibuat dalam jumlah yang banyak.

Meski demikian, sisi positif dari membuat kreasi es krim sendiri ialah, kamu bisa mengetahui secara langsung bahan yang digunakan sehingga yakin bahwa es krim buatan kamu terbuat dari bahan yang benar-benar aman untuk di konsumsi termasuk bersama keluarga maupun anak-anak.

Related Post