Mengenal Domain dan 3 Jenis TLD yang Populer Digunakan

Domain menjadi salah satu syarat penting dalam membangun sebuah website. Umumnya, domain berupa nama yang diambil dari nama perusahaan, atau nama khusus yang dipilih agar

Syadir

domain
Foto: freepik/vectorjuice

menjadi salah satu syarat penting dalam membangun sebuah . Umumnya, domain berupa nama yang diambil dari nama perusahaan, atau nama khusus yang dipilih agar website terlihat berbeda dan lebih menonjolkan isi dari web itu sendiri.

Keberadaan domain ini sendiri berfungsi sebagai alamat dari website yang sudah kamu buat yang digunakan oleh orang lain untuk menuju atau mengunjungi websita yang kamu kelola.

Table of Contents

Karakteristik Domain

Pada dasarnya, domain merupakan bentuk dari alamat IP yang berupa kombinasi angka yang sangat rumit kemudian diubah menjadi nama yang sesuai dengan kebutuhan pembuat website baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan perusahaan.

Sehingga, keberadaan alamat web ini pula bisa dianggap sebagai upaya untuk mempermudah siapapun yang hendak mengunjungi atau mencari sebuah website berdasarkan nama dan bukan alamat IP dari website itu sendiri.

Fungsi Domain

Fungsi domain dalam sebuah website sendiri sebenarnya merupakan alat untuk mengidentifikasi sebuah web, atau dalam artian menjadi sebuah identitas atau alamat yang kamu butuhkan untuk mencari dan mengakses sebuah website melalui mesin pencari seperti maupun firefox.

Oleh karena itu, secara tidak langsung keberadaan alamat web itu sendiri berfungsi sebagai identitas dari keberadaan sebuah website dari dunia yang begitu luas dan bersifat spesifik, karena nama web tidak bisa digandakan atau dibuat lebih dari satu.

Membuat Domain

Untuk mendaftarkan nama alamat web, setidaknya kamu sudah memiliki nama web yang hendak kamu ajukan kepada penyedia jasa . Umumnya, nama web dibuat sesuai dengan karakter dari website yang sedang dibuat.

Selain itu, ada baiknya pada saat mengajukan pembuatan nama web, disarankan untuk membuat nama web yang simpel, mudah diingat dan tidak terlalu banyak menggunakan jumlah karakter, hal ini agar pengunjung website kita mudah mengingat alamat website kita.

Jenis Domain dan Ekstensinya

Untuk bisa membuat nama web, kamu bisa mencari jasa penyedia domain yang memiliki beragam ekstensi seperti . com, .net, . atau .my.id yang bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan kamu sebagai pembuat websitenya.

Domain saat ini tersedia dalam ekstensi yang berbeda-beda sehingga memiliki beragam jenis yang bisa kamu gunakan sesuai dengan keinginan. Kebanyakan orang memang lebih cenderung menggunakan ekstensi TLD  .com supaya mudah dihafal dan dimengerti oleh banyak orang.

Ekstensi atau Top Level Domain (TLD) saat ini memiliki beragam jenis namun yang paling populer adalah .com, .org, .gov, dan .net maupun ekstentensi yang bersifat lokal seperti .id atau my.id yang lebih menonjolkan karakter lokal TLD asal Indonesia.

Banyak orang menggunakan TLD dengan berbagai alasan, salah satu alasan yang paling sering dilontarkan adalah karena TLD lebih mudah dan diingat oleh banyak orang. Alasan tersebut biasanya digunakan oleh website yang sifatnya lebih personal dan tidak mengarah ke suatu organisasi.

Dengan TLD, kamu bisa mendapatkan peringkat yang lebih unggul di search engine Google, sebab memang mudah diingat.

Ekstensi .com

Ekstensi TLD ini menjadi paling populer digunakan tak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia, karena selain menjadi ekstensi paling awal digunakan dalam dunia website, ekstensi ini juga paling mudah diingat.

Ekstensi .net

Ekstensi .net juga tak kalah populer dibanding dengan .com, meski demikian beberapa pengelola hosting menawarkan harga yang beragam untuk kebutuhan ekstensi TLD ini.

Ekstensi .id

Ekstensi ini bersifat lokal yang lebih menonjolkan karakter TLD lokal asli Indonesia, sama halnya dengan ekstensi lokal yang dimiliki negara lain seperti .us yang merujuk pada Amerika atau .ru yang merujuk pada rusia.

Tags

Related Post