9 Platform Blogging Terbaik dan Gratis yang Wajib Kamu Coba

Ngeblog adalah kegiatan yang enak banget, karena bisa memberikan informasi kepada orang lain. Juga bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan ngeblog. Banyak sekali orang yang sukses

Syadir

platform blogging

Ngeblog adalah kegiatan yang enak banget, karena bisa memberikan informasi kepada orang lain. Juga bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan ngeblog.

Banyak sekali orang yang sukses melalui ngeblog. Di Indonesia itu sangat populer, ya walau tidak sepopuler Selebgram pada umumnya.

Karena blog semakin populer, maka banyak platform-paltform untuk ngeblog yang bermunculan, mulai dari gratisan hingaa yang berbayar.

Nah kalian berminat untuk bermain blog, iseng-iseng bisa berpenghasilan, boleh tuh untuk membuat blog.

Untuk itu saya menuliskan beberapa rekomendasi platform yang bisa kalian gunakan untuk memulai ngeblog.

9 Platform Blog Terbaik dan Gratis yang wajib dicoba

1. Tumblr

Tumblr merupakan sebuah platform untuk membuat blog yang di dirikan oleh David Karp. Tumblr memungkinkan orang yang mendaftar bisa membuat blog seperti layanan blog lainnya.

Selain itu Tumblr juga sebuah media sosial yang sangat banyak penggunanya. Sehingga tidak menutup kemungkinan sebuah blog yang terdaftar disana akan banyak pembacanya.
2. my.id

My Id adalah sebuah platform blog asli Indonesia yang di Dukung oleh PANDI, yaitu pengelola nama Indonesia.

Jika kalian terbiasa menggunakan produk lokal, maka ini sangat direkomendasikan untuk kalian.
My.id sendiri mirip seperti , karena menggunakan CMS dari WordPress.

3. WordPress

WordPress merupakan platform CMS sekaligus yang sangat populer, dan banyak digunakan oleh profesional.

WordPress sendiri ada 2 jenis, yang pertama itu hosted dan yang kedua self hosted. Dimana keduanya berbeda, jika yang hosted itu gratisan dan yang self hosted itu berbayar, namun fiturnya lebih banyak dibandingkan dengan wordpress hosted.

4. Blogger

Nah ini cocok banget untuk pemula dalam dunia blogging. Blogger adalah platform yang disediakan oleh untuk calon blogger pemula.

penggunaan blogger sangat mudah, dan tampilannya sangat ramah. Sehingga orang yang baru-baru untuk ngeblog itu akan lebih mudah memahami tentang CMS blog.

Untuk membuat blog di blogger itu sangat mudah, kita cuma membutuhkan sebuah akun Google, maka sudah bisa membuat blog.

5. Weebly

Selain blogger, ada juga weebly yang memberikan sebuah fasilitas membuat blog dengan sangat mudah. Tidak perlu menguasai bahasa pemrograman yang sulit untuk membuat blog.

Tinggal menggunakan layanan weebly saja kita sudah bisa membuat blog gratis. Selain itu weebly juga menyediakan layanan blog gratis untuk edukasi.

6. Medium

Bisa dikatakan medium adalah sebuah platform berita yang sangat populer di US. Namun kita juga bisa membuat sebuah akun blog di medium. Sehingga kita juga dapat untuk mempublikasikan artikel yang kita buat dengan mudah.

Enaknya di Medium itu kita gak repot ngurusin tampilan harus diatur kayak apa, karena itu sudah dari mediumnya diatur. Kita cuma tinggal nulis artikel saja.

Saya juga memiliki blog di Medium. Silahkan kunjungi saya di medium.

7.  Wix

Saya tau platform ini dari iklannya di . Saya tertark melihat iklanya karena memberikan layanan yang sangat mudah. Yaitu membuat sebuah blog dengan cara drag dan drop.

Artinya kita gak perlu repot-repot untuk ngotak-ngatik untuk membuat blog, tinggal seret, trus tempel saja udah jadi.

Nah itulah kelebihan dari platform wix ini.

8. Kompasiana

Nah satu lagi platform asli Indonesia yaitu milik Kompas. Kompasiana adalah platform blog yang bisa digunakan oleh siapa saja dari Indonesia.

Selain itu yang yang menulis arikel di kompasiana juga bisa mendapatkan penghasilan dari artikel yang ditulisnya.

Jika kalian tertarik untuk mendapatkan penghasilan dari kompasiana, bisa dicoba tuh.

9. Kumparan

Kumparan merupakan portal berita Online yang sangat populer, bahkan menjadi situs dengan rangking 15 besar di Google. Sumber alexa rank Juli 2019.

Kita dapat membuat blog di Kumparan, sama seperti di Kompasiana. Untuk info lengkapnya silahkan langsung saja ke Kumparan.com.

Nah itulah daftar platform untuk membuat blog yang dapat kalian gunakan secara gratis.

Saran saya gunakan saja Blogger untuk memulai membuat blog, karena itu sangat mudah. Dan panduan tentang blogger juga banyak di . Sehingga kalian gak bakalan bingung nanti saat mengembangkan blog kalian.

Demikianlah artikel singkat ini semoga dapat bermanfaat, terimakasi.

Tags

Related Post