5 Tata Cara Pemilihan Ketua Osis Terbaru 2023!

RUJUKANNEWS.com – Menyambut tahun ajaran baru, juga akan diadakan pemilihan Ketua OSIS di lingkungan sekolah baru. Untuk mempersiapkan hal tersebut, pelajari juga tata cara pemilihan

Umam

tata cara pemilihan ketua osis
5 Tata Cara Pemilihan Ketua Osis Terbaru 2023! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Menyambut tahun ajaran baru, juga akan diadakan pemilihan Ketua OSIS di lingkungan baru. Untuk mempersiapkan hal tersebut, pelajari juga tata cara pemilihan ketua osis secara adil dan benar di lingkungan sekolah.

Terpilihnya ketua OSIS merupakan sarana untuk memperkenalkan politik dan demokrasi ke sekolah. Rencana pemilu presiden OSIS yang baik adalah yang dirancang sebagai pemilu.

Bagaimana Terbaru 2023?

tata cara pemilihan ketua osis
5 Tata Pemilihan Ketua Osis Terbaru 2023! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Tata cara pemilihan ketua OSIS secara adil dan benar di lingkungan sekolah. Ada beberapa tahapan tata cara pemilihan ketua osis secara adil dan benar di lingkungan sekolah. Berikut langkah-langkahnya:

1. pencalonan Ketua OSIS

Pertama, dalam tata cara pemilihan ketua osis, para diminta tampil berani untuk mencalonkan diri sebagai calon ketua OSIS.

Misalnya pada Pelatihan Kepemimpinan Dasar OSIS (LDK OSIS), para peserta LDK OSIS mengajukan diri sebagai calon ketua OSIS.

2. Kampanye calon presiden OSIS

Kedua, calon presiden OSIS mempunyai peluang untuk berkampanye dalam upaya menjaring pengikut melalui visi dan misi yang dibuat. Proses kampanye ini harus dilakukan tanpa adanya kecurangan.

Disini mahasiswa dilatih untuk jujur dan bersaing secara sehat karena pada hakikatnya itulah etika politik yang baik.

3. Program kerja calon ketua OSIS

Selanjutnya, bagaimana memberikan dukungan secara adil dengan menjadi anggota dari salah satu tim kandidat.

Membahas pembuatan program kerja yang akan dilaksanakan jika calon yang didukungnya menang.

4. Pemilihan Pemilihan Ketua OSIS

Langkah selanjutnya, siswa belajar menggunakan hak pilihnya dengan memilih ketua OSIS secara langsung, terbuka, bebas dan rahasia. Pemilihan ketua OSIS dapat diselenggarakan sedekat mungkin dengan pemilihan umum, baik pemilihan presiden, daerah, maupun gubernur.

5. Pengumuman ketua OSIS terpilih

Terakhir tata cara pemilihan ketua osis, atau pengawas OSIS atau ketua OSIS periode sebelumnya dapat mengumumkan ketua OSIS terpilih.

Proses ini juga membiasakan siswa untuk berhati besar dalam menerima kekalahan jika tidak terpilih sebagai ketua OSIS.

Akhir Kata

Dengan memahami dan menerapkan tata cara pemilihan ketua osis secara adil dan benar di lingkungan sekolah, diharapkan siswa mampu mengenal dan mempelajari tata cara berpolitik dan beretika yang baik.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post