7 Tata Cara Tukar Uang Receh Buat Lebaran, Cukup Isi Data Diri dan Uang Langsung Diterima!

RUJUKANNEWS.com – Bagi kamu yang ingin tahu mengenai tata cara tukar uang receh buat lebaran dalam jumlah banyak dengan uang receh, kamu bisa menggunakan layanan

Umam

tata cara tukar uang receh buat lebaran
7 Tata Cara Tukar Uang Receh Buat Lebaran, Cukup Isi Data Diri dan Uang Langsung Diterima! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Bagi kamu yang ingin tahu mengenai tata cara tukar uang receh buat lebaran dalam jumlah banyak dengan uang receh, kamu bisa menggunakan layanan resmi Bank Indonesia bernama mobile cash.

Untuk menggunakan layanan ini, kamu perlu menyiapkan persyaratan seperti kartu identitas, dll. kamu juga perlu mengetahui menukarkan uang receh di bank melalui BI Mobile Cash. Apa pun? Mari kita lihat bagaimana selanjutnya!

Bagaimana ?

tata cara tukar uang receh buat lebaran
7 Tata Cara Tukar Uang Receh Buat Lebaran, Cukup Isi Data Diri dan Uang Langsung Diterima! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Layanan kas keliling Bank Indonesia masih terbilang baru, sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui cara melakukannya. Untuk membantu kamu, berikut adalah informasi tentang tata cara tukar uang receh buat lebaran. Simak sampai akhir!

Tata Cara Tukar Uang Receh Buat Lebaran, Cukup Isi Data Diri dan Uang Langsung Diterima

Uang merupakan alat transaksi manusia saat ini untuk membeli barang dan jasa. Pecahan saat ini juga sangat beragam, dari pecahan dua ratus rupee hingga pecahan baru tujuh puluh lima ribu. Juga, nilainya meningkat dari tahun ke tahun karena inflasi ekonomi.

Meski begitu, uang tetap dibutuhkan dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan perubahan kecil dalam proses transaksi ekonomi sehari-hari. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai tata cara tukar uang receh buat lebaran.

1. Masuk ke situs layanan kas keliling Bank Indonesia

Untuk tata cara tukar uang receh buat lebaran yang pertama, kamu harus mendaftar di situs resmi Bank Indonesia yang mengatur layanan ini.

Situsnya smart.bi.go.ig tepatnya di menu Penukaran Rupiah melalui menu Kas Keliling. Jangan lupa untuk menyiapkan kartu identitas pribadi kamu, karena proses pendaftaran membutuhkan dokumen-dokumen ini.

2. Isi detail Bank tempat penukaran koin

Setelah masuk ke menu Penukaran Mata Uang Rupee melalui halaman menu Mobile Cash, kamu perlu mengisi kolom informasi yang wajib diisi.

Pertama, pilih provinsi bank tempat kamu ingin mengambil uang yang telah ditukar sebelumnya. Pilih provinsi sesuai dengan tempat tinggal kamu, agar mudah untuk sampai ke sana.

Setelah memilih provinsi tempat tinggal kamu, lanjutkan proses dengan memilih lokasi cabang bank yang ingin kamu kunjungi.

Usahakan untuk memilih cabang bank yang dekat dengan rumah kamu agar lebih mudah diakses. Sesuaikan juga tabungan kamu, jika tabungan kamu mandiri maka pilihlah cabang bank yang mandiri.

3. Pilih tanggal kas seluler yang tersedia

Layanan penukaran uang Bank Indonesia ini tidak tersedia setiap hari. Ada jadwal tertentu yang memang digunakan untuk melayani orang yang ingin menukarkan mata uang. kamu harus tetap pada jadwal itu.

Situs tersebut akan menampilkan daftar pilihan tanggal yang tersedia untuk kamu pilih segera sesuai dengan jadwal kamu.

4. Isi detail pelanggan

Adapun tata cara tukar uang receh buat lebaran selanjutnya adalah seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu perlu menyiapkan identitas pribadi seperti KTP. Dokumen ini diperlukan saat melengkapi data pelanggan pada tahap ini.

Masukkan informasi Nomor Induk KTP (NIK) di KTP, nama lengkap, nomor telepon aktif, dan email yang masih digunakan.

Pastikan semua data yang dimasukkan benar dan tidak salah agar permintaan kamu dapat diproses oleh pihak bank.

5. Lengkapi informasi uang yang akan ditukarkan

Setelah proses pengisian data klien selesai, kamu dibawa ke halaman pengisian informasi mengenai uang yang akan ditukarkan.

Kamu harus berhati-hati dalam proses ini karena jumlah uang yang masuk harus sesuai dengan uang yang kamu hitung di rumah.

Jika tidak sesuai, uang yang diterima hanya berdasarkan informasi jumlah yang kamu masukkan ke dalam sistem.

Untuk menghindari kejadian misinformasi, ada baiknya menyiapkan uang yang akan ditukar. Pisahkan dan kelompokkan uang yang memiliki pecahan yang sama.

Tetapkan jumlah uang per pecahan ke angka yang sama untuk memudahkan kamu menghitung di akhir.

Setelah kamu mengelompokkan dan menghitung semua uang, masukkan uang ke dalam amplop yang sudah ada pecahannya agar tidak tumpah.

6. Cetak kwitansi terima pesanan

Proses terakhir tata cara tukar uang receh buat lebaran yang perlu kamu selesaikan di situs adalah mencetak slip order yang akan muncul setelah kamu mengisi jumlah nominal yang akan diubah tadi.

Kwitansi ini sangat penting dan tidak boleh hilang karena kamu akan menunjukkannya di cabang bank tempat kamu akan pergi untuk menarik uang.

Kamu dapat mengunduh slip pesanan secara melalui email yang kamu masukkan di awal.

7. Pergi tarik uang di cabang Bank terdekat

Pada tahap tata cara tukar uang receh buat lebaran ini, kamu telah memilih tanggal dan tempat penukaran mata uang, bukan? Setelah menyelesaikan proses di situs, kamu bisa menunggu waktu penukaran yang telah dipilih.

Sambil menunggu, pastikan koinnyayang ingin diubah tidak tercecer, nilai nominalnya bulat dan aman. Jika jumlah yang ingin kamu ubah cukup sedikit, ada baiknya kamu memasukkan amplop ke dalam kantong yang lebih besar dan tertutup rapat.

Apalagi jika kamu pergi ke bank dengan kendaraan umum, uang kamu perlu pengamanan ekstra untuk mencegah pencurian atau uang jatuh.

Disarankan menggunakan tas besar dari bahan tidak transparan agar uang tidak terlihat di luar. Saat membawanya, pastikan tas ada di gendongan agar lebih aman.

Setelah sampai di bank, kamu harus mengikuti prosedur normal layanan perbankan, yaitu mengambil nomor antrian terlebih dahulu.

Coba tanya satpam di bank setempat kalau mau tukar uang harus ke kasir atau loket Customer Service. Setelah mendapatkan nomor antrian, tunggu sampai nomor tersebut dipanggil.

Terakhir, kamu tinggal menunjukkan slip order yang sudah dicetak/download sebelumnya.

Oh iya, jangan lupa siapkan dokumen pendukung lainnya untuk berjaga-jaga, seperti KTP, tabungan, kartu debit dan dokumen pribadi lainnya.

Meski tidak wajib, untuk mempercepat prosesnya ada baiknya dibawa jauh-jauh hari jika diminta oleh pejabat bank.

Akhir Kata

Nah, itulah tata cara tukar uang receh buat lebaran. Mudah, bukan? Layanan penukaran mata uang ini mempercepat proses di bank karena kamu tidak perlu lagi mengisi data di kasir atau di loket Customer Service.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari parfume dan baju lebaran, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Tokopedia).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post